1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (143 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 29 June, 2006 - 10:00 AM

Pengalaman: TIPS Mengendalikan STRES

Sungguh saya selalu merasakan keberuntungan tak terhingga, yang diberikan Allah SWT di sepanjang kehidupan saya. Banyak sekali hal-hal unik dan menyenangkan yang terjadi di dalam kehidupan saya ini. Kalau melihat latar belakang pendidikan saya, seorang dokter hewan, maka apa yang saat ini saya jalani dan lakukan di berbagai kegiatan kehidupan…sungguh tidaklah berkaitan dengan “background” pendidikan saya tersebut. Bahkan sebagai seorang dokter hewan, saya tidak pernah buka praktek kedokteran hewan… semenjak saya lulus dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga pada awal 1989. Padahal saya termasuk Lulusan Dokter Hewan dengan status Cum Laude lho… hehe.. gak bermaksud pamer lho ya.

Sebagai dokter hewan, saya justru lebih aktif bergerak di bidang bisnis mandiri sejak tahun 1991 (sebelumnya kerja di PT. PUPUK KALTIM, Bontang), bisnis yang nota bene gak perlu ilmu kedokteran hewan…padahal kuliah nya sulit dan lama lagi…cape’ deh… (tapi gak pa-pa lah).

Nah, uniknya lagi…dalam perjalanan bisnis saya di berbagai bidang, ternyata itu “menyeret” saya ke dalam suatu bidang yang sebelumnya tidak pernah terbayang di pikiran saya sama sekali. Bidang yang saya maksudkan adalah bidang pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia. Ini tentu saja unik sekaligus menyenangkan bagi saya, karena saya tidak memiliki “background” pendidikan di sana.

Tetapi itu harus bisa saya terima dengan ikhlas. Mungkin Allah SWT memang menginginkan saya untuk ikut serta melakukan pembenahan di sisi sumber daya manusia Indonesia ini. Saya mau atau tidak, bidang unik ini selalu melekat pada setiap langkah kehidupan saya.

Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membuka Lembaga Pelatihan Kerja dan Kewirausahaan SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College Surabaya, pada tahun 2000, tepatnya 1 Juni 2000. Sebuah sekolah bisnis, yang mendidik kawula muda agar mereka memiliki kualitas diri sebagai sosok pengusaha atau entrepreneur, yang bisa berperan serta membangun ekonomi bangsa ini. Meskipun konsekuensi membuka sekolah ini, ya harus ikhlas pula mengeluarkan biaya untuk mensubsidinya…syukur Alhamdulillah, saya bisa menyisihkan hasil bisnis saya untuk keperluan operasional sekolah bisnis yang saya buka ini.

Biaya membuka sekolah bisnis ini bagi saya memang cukup besar, saya modali dana sebesar dua milyar rupiah (Rp.2.000.000.000,-) pada saat awal mendirikan Lembaga tersebut. Tapi karena saya sudah merasa bahwa itu panggilan jiwa saya, maka saya harus punya komitmen dan konsisten untuk itu dengan ikhlas … sehingga saya bisa tetap tenang penuh rasa syukur, dan tidak stress…

Nah, bicara soal stress, siapa sih yang tidak pernah stress? Terlebih lagi menghadapi tuntutan hidup saat ini yang cenderung semakin tinggi. Sempitnya lapangan pekerjaan, ketatnya persaingan di segala bidang, sering membuat kita tidak punya pilihan hidup yang lebih baik. Itu masih belum ditambah dengan persoalan pribadi maupun keluarga…wah semakin ramai deh…

Tetapi, banyak diantara kita yang tidak menyadari kondisi stress yang menimpa dirinya. Ini mungkin karena stress secara tidak disadari telah dianggap sebagai bagian dari kehidupannya sehari-hari…meskipun mereka tidak menyadarinya. Ini sungguh bisa berbahaya, karena bisa tiba-tiba saja menyebabkan mereka ini cemas yang berlebihan, depresi, hingga gangguan jiwa atau schizophrenia.

Dan, ini tidak hanya berhenti pada persoalan psikis saja, tetapi akibat jangka panjang…stress bisa mempengaruhi kesehatan fisik. Gejala fisik akibat stress misalnya, sulit tidur, pusing, sesak nafas, batuk-batuk, sembelit, mudah lupa, lemas, lelah, nyeri otot dan sendi, jantung berdetak lebih kencang, sering kencing, perut mules dan pada wanita juga terjadi gangguan siklus menstruasi. Nah, apakah diantara Anda punya gejala fisik seperti tersebut? Hehehe…itu mungkin saja menunjukkan bahwa Anda sedang stress…

Nah, di bawah ini saya punya beberapa tips untuk bisa mencegah dan mengendalikan stress. Jika Anda mau mengamalkannya, insyaAllah Anda bisa hidup dengan rileks, meskipun stress selalu ada di lingkungan sekitar Anda.


TIPS:

  • Jangan pendam sendiri masalah Anda. Bicarakan dengan orang terdekat yang paling Anda percayai. Meskipun masalah Anda tidak teratasi 100%, setidaknya beban pikiran dan batin Anda bisa berkurang, karena sudah “curhat”.
  • Jangan “mengubangkan” diri ke dalam kesulitan. Jika Anda menghadapi masalah pelik, sulit terpecahkan … hindarilah untuk sementara waktu. Hiburlah diri Anda dengan membaca buku-buku dengan topik ringan, nonton film komedi, atau rekreasi saja. Setelah Anda merasa cukup tenang, coba lagi pecahkan masalah Anda dengan pikiran dan hati yang lebih “fresh”.
  • Biasakan mengerjakan tugas berdasarkan skala prioritas. Jangan mengerjakan beberapa tugas dalam waktu bersamaan.
  • Coba terapkan manajemen kemarahan dengan baik. Amarah yang meledak-ledak hanya akan membuat tekanan darah Anda memuncak tinggi sekali. Belajarlah menjadi orang sabar dan pengalah. Jika Anda merasa benar dan bersikap tenang, maka kebenaran yang Anda yakini itu akan dapat dirasakan oleh orang lain. Dibandingkan jika Anda mempertahankan kebenaran itu dengan cara marah-marah.
  • Biasakan diri Anda mau menerima kritik dari orang lain. Itu artinya Anda masih dianggap orang lain bisa berpengaruh. Coba kalau orang lain “cuek bebek” ke Anda…malah gak enak kan.
  • Buanglah jauh-jauh rasa rendah diri. Ingat, “rendah diri” itu beda dengan “rendah hati”. Dan, selalu bangkitkan rasa percaya diri Anda. Percaya diri kan bukan berarti sombong…ya nggak?
  • Beristirahatlah dengan cukup. Jangan senengnya begadang sampai pagi. Ingat, kata Bang Haji Rhoma Irama…Begadang Jangan Begadang…
  • Selalu menjaga pola komunikasi yang baik dengan seluruh anggota keluarga Anda. Aturlah jadwal rekreasi bersama keluarga secara rutin dan berkelanjutan … sediakan budget dana untuk rekreasi ya.

Oke rekan-rekan semuanya. Tulisan di atas tersebut, sekedar untuk “sharing” pengalaman saja dengan Anda semua. Semoga sukses selalu menghadapi stress ya. Dan, jangan gampang stress deh…

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (143 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *