Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

Berbisnislah dengan HATI NURANI

Berbisnislah dengan HATI NURANI

Tidak sedikit halang rintang yang akan dialami oleh para Entrepreneur dalam perjalanannya menggapai kesuksesan di bisnisnya. Apalagi jika mereka baru memulai usahanya, banyak sekali kendala akan coba menghadang jalan bisnisnya. Berbagai kendala itu diantaranya adalah masalah perijinan, yang di negara kita ini memang tergolong lebih “mbulet” dan “njlimet” serta biayanya bisa dikatakan sangat tinggi, karena selain biaya resmi, kita pasti akan mengeluarkan banyak biaya lainnya yang tergolong “biaya siluman”, biaya tidak resmi dan pasti tidak masuk ke kas negara.

Nah, bagaimana cara kita bisa bersikap bijak dalam menghadapi berbagai macam kendala ini, akan ikut menunjang keberhasilan bisnis kita. Memang pada awalnya mungkin kita bisa merasa tertekan dan jengkel juga menghadapi bermacam gaya para aparat birokrasi negara ini, yang seakan-akan merekalah penentu hidup matinya bisnis kita.

Disinilah pentingnya peran kekuatan pikiran super (super mind power), dan hati nurani Anda dalam bertindak menyikapi keadaan. Gunakan itu, maka Anda akan dapat bersikap lebih bijaksana, lebih sabar dan tenang. Anda bisa berpikir lebih jauh, misalnya Anda bisa memikirkan kalau hidup di negara ini memang harus bisa menerima kondisi seperti itu, memang ini sudah tradisi turun temurun, yang tidak mudah untuk cepat mengubahnya menjadi lebih kondusif dan lebih baik; dan … masih butuh banyak waktu lagi bagi negara kita untuk bisa menjadi lebih baik.

Para aparat birokrat itu juga perlu kita pikirkan kehidupan mereka, mungkin penghasilan mereka memang masih jauh dari cukup untuk suatu kehidupan yang layak. Inilah contoh pemikiran yang sebaiknya juga Anda terapkan, agar nantinya setelah Anda menjadi seorang Entrepreneur, Anda bisa terhindar dari segala bentuk tekanan batin yang bisa menyebabkan Anda stress bahkan bisa depresi. Sebaiknya memang Anda sudah menyiapkan suatu “budget” pengeluaran khusus untuk hal tersebut dengan jumlah tertentu, guna “memberi” mereka yang sebenarnya memang masih membutuhkan uluran tangan kita…dengan ikhlas lho ya.

Dengan mengembangkan kekuatan pikiran super, dan hati nurani, Anda pasti akan bisa bersikap lebih bijaksana, dan dapat bertindak dengan penuh empati kepada siapapun, meskipun mereka seolah-olah ingin menghambat jalan roda bisnis kita. Percayalah, bahwa kita sebagai Entrepreneur pasti akan lebih diberkahi oleh Tuhan, dan rejeki kita akan jauh bertambah banyak jika kita bisa menjalankan bisnis dengan pikiran tenang dan hati tulus.

Adalah sudah menjadi sebuah resiko menjadi seorang Entrepreneur, kalau sering menghadapi persoalan yang menuntut kita harus berpikir lebih baik lagi. Justru dengan adanya berbagai persoalan di dunia usaha inilah, Anda sebagai Entrepreneur akan menjadi semakin matang dalam berpikir dan semakin kuat serta siap dalam menghadapi persoalan-persoalan di masa mendatang, termasuk adanya persaingan yang sengit dalam usaha meraih target pasar kita; dan … disini Anda pasti akan sudah lebih siap mental untuk menghadapinya.

Pokok terpenting disini adalah: Anda jangan merasa terlalu berat untuk mengeluarkan sedikit lagi uang tambahan, jika ada aparat birokrasi yang memintanya … anggap saja itu uang receh. Percayalah, tangan yang di atas pasti jauh lebih mulia dari tangan yang di bawah; dan Tuhan akan memberikan rejeki lebih banyak lagi kepada Anda, jika Anda bisa bersikap tulus hati dalam setiap langkah kehidupan Anda.

Janganlah terlalu memikirkan “uang-uang kecil” atau “uang receh” yang telah Anda keluarkan, meskipun itu tanpa kuitansi resmi. Cobalah ikhlas dan niatkan itu sebagai amal sedekah. Allah SWT pasti akan menuliskan kuitansi-kuitansi dengan nilai jauh lebih besar, yang akan diberikan kepada Anda, jika Anda selalu mensyukuri karuniaNya. Jadilah orang yang penuh dengan rasa welas asih, selalu ingin menolong sesama orang yang memang perlu uluran tangan Anda.

Ingatlah, bahwa tangan yang di atas itu lebih mulia daripada tangan yang di bawah. Tangan yang di atas jelas lebih mulia, karena jika Anda yang mempunyai tangan di atas, pasti Anda lebih makmur dan bahagia hidupnya daripada mereka yang Anda bantu.

Allah SWT sendiri pernah berfirman: “Bersyukurlah engkau kepadaKu, maka akan Aku tambahkan nikmat kepadamu”, itulah petikkan dari firman Tuhan, yang memastikan kepada kita, bahwa Tuhan menjanjikan kepada semua yang bersyukur, pasti Dia akan memberikan lebih banyak lagi kenikmatan termasuk rejekiNya yang tidak terbatas. Dan Tuhan selama ini tidak pernah ingkar janji. Maha Suci Allah dengan segala firmanNya.

Salam Sukses Penuh Berkah,

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Comments

3 Komentar untuk  “Berbisnislah dengan HATI NURANI

18 March 2009, 12:32
 

Mantap!
Berbisnis dengan hati nurani merupakan tantangan buat saya Pak…
Di mana saya harus bisa sukses berbisnis tanpa membuat kerugian pada orang lain
thx
https://www.samuraijagoan.com/

4 June 2020, 03:40
 

Saya suka kalimat ini.

Tidak sedikit halang rintang yang akan dialami oleh para Entrepreneur dalam perjalanannya menggapai kesuksesan di bisnisnya. Apalagi jika mereka baru memulai…

23 July 2020, 13:23
 

You are the most perfect you there is.
You are one of the bravest people I know.
You are so trustworthy; I always believe what you say.
You inspire me. Your inside is even more beautiful
than your outside. Thanks.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video