1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (233 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 27 November, 2008 - 9:00 AM

12 Cara Lebih Banyak Inisiatif dalam Hidup dan Bisnis Anda

Masing-masing dari kita bertanggung jawab atas hidup kita sendiri, masa depan kita, dan segala sesuatu di antaranya. Tidaklah cukup hanya duduk dan menunggu kesuksesan menemukan kita. Kita perlu mengambil inisiatif untuk mencari dan menciptakan kesuksesan itu untuk diri kita sendiri, baik itu dalam kehidupan sehari-hari atau dalam bisnis.

Meskipun tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengontrol hal-hal yang terjadi di sekitar Anda, setiap aspek perkembangan hidup Anda adalah tanggung jawab Anda dan Anda sendiri. Ini dimulai dengan mengambil inisiatif untuk melakukan sesuatu, mengambil tindakan, dan mewujudkan sesuatu.

Berikut 12 Cara untuk mulai mengambil tindakan guna menemukan kesuksesan dalam setiap aspek kehidupan Anda:

1. Ajukan banyak pertanyaan

Kita tidak bisa belajar jika kita tidak mengajukan pertanyaan. Selain membantu kita mengumpulkan informasi, bersikap ingin tahu menunjukkan kepada orang lain bahwa kita memiliki minat yang tulus. Artinya, apakah itu di lingkungan kerja atau dalam kehidupan sehari-hari, orang-orang di sekitar kita akan lebih bersedia untuk mengajar dan membimbing kita, karena kita telah menunjukkan kepada mereka bahwa kita tertarik.

2. Buatlah daftar dan selesaikan

Sangat mudah untuk menunda atau melupakan apa yang perlu diselesaikan, jika Anda tidak memiliki daftar konkret untuk diikuti. Meskipun itu adalah sesuatu yang sederhana seperti pekerjaan rumah tangga atau tugas yang perlu diselesaikan, memiliki daftar itu membantu Anda tetap pada jalur untuk menyelesaikan sesuatu. Senang rasanya melihat hal-hal yang dicentang dari daftar Anda secara visual, dan membuat Anda termotivasi untuk melakukan lebih banyak.

3. Sadari kesalahan Anda

Ada daftar lain yang bisa Anda buat – itu adalah daftar kesalahan terbesar Anda. Ini bukan masalah memikirkan hal-hal yang salah kita lakukan di masa lalu, melainkan memeriksanya dan menarik pelajaran yang dapat kita lanjutkan. Jika telah membuat keputusan keuangan yang buruk, menuliskan dan mengenali kesalahan ini, maka belajar darinya dapat membantu untuk menghindari kesalahan yang sama lagi.

4. Akui kesalahan Anda

Memang dibutuhkan banyak keberanian untuk tidak hanya mengakui bahwa Anda telah melakukan kesalahan, tetapi sepenuhnya mengakuinya sebagai kesalahan Anda sendiri. Mencoba menyalahkan siapa pun kecuali diri Anda sendiri, berarti Anda tidak dapat menerima tanggung jawab atas kesalahan tersebut. Kegagalan adalah kunci sukses; setiap kesalahan mengajari kita sesuatu.

5. Biarkan suara Anda didengar

Terkadang mengintimidasi untuk berbicara, terutama ketika kita berada dalam situasi baru atau masih mempelajari sesuatu. Namun, meletakkan ide Anda di luar sana dapat menunjukkan inisiatif yang bagus dalam rapat, di mana Anda dapat berbagi pendapat dan mempresentasikan ide Anda. Tidak semua ide Anda akan tepat sasaran, tetapi Anda harus mengambil kesempatan untuk mencetak gol.

6. Tetapkan tujuan

Tonggak pencapaian, baik kecil maupun besar, adalah motivator hebat untuk sukses. Tujuan akan mengatur kita untuk sukses dan memberi kita target untuk tetap di depan mata. Tujuan jangka pendek atau kecil membuat kita terus bergerak menuju tujuan yang lebih besar. Menetapkan tujuan, membantu membangun langkah-langkah di sepanjang jalan menuju kesuksesan akhir yang Anda cari.

7. Berpartisipasi secara aktif

Tidak peduli apakah itu terkait dengan pekerjaan atau dalam kehidupan sehari-hari, jangan hanya menjadi orang yang berdiam diri. Berpartisipasi aktif dan terlibat dalam apa yang Anda lakukan. Berpartisipasi dalam diskusi dan aktivitas membantu membuat kehadiran Anda diketahui, dan menunjukkan bahwa Anda antusias dengan apa yang Anda lakukan.

8. Rangkullah peluang baru

Peluang baru akan selalu hadir untuk Anda, dalam situasi yang berbeda di sepanjang hidup Anda. Kadang-kadang menakutkan untuk mempertimbangkan perubahan dan peluang baru, tetapi ingat bahwa kemajuan tidak dapat dibuat tanpa adanya perubahan. Kesediaan untuk menerima peluang baru, menunjukkan bahwa Anda berinisiatif untuk menerima tantangan dan perubahan baru untuk meraih kesuksesan.

9. Pertahankan nilai-nilai Anda

Pikirkan tentang nilai-nilai yang paling penting bagi Anda, dan jagalah dengan baik. Menjunjung tinggi nilai-nilai ini menunjukkan bahwa Anda bersedia bekerja untuk kesuksesan yang Anda inginkan, tanpa harus mengkompromikan apa yang Anda yakini.

10. Informasikan diri Anda

Layanan terbesar yang dapat Anda lakukan untuk diri Anda sendiri, sambil mencari kesuksesan, adalah membuat keputusan yang tepat. Ini menunjukkan bahwa Anda tidak membuat keputusan yang sembrono atau mengambil gambar dalam kegelapan, dan bahwa Anda benar-benar berinisiatif untuk mendidik diri sendiri, agar dapat memutuskan dengan tepat tindakan yang ingin Anda lakukan.

“Sukses tidak lebih dari beberapa disiplin sederhana, yang dipraktikkan setiap hari.” – Jim Rohn

11. Tanyakan pada seorang ahli

Cara terbaik untuk belajar adalah bertanya kepada seseorang yang sudah pernah ke sana. Jika Anda memiliki tujuan untuk bekerja sendiri sebagai wirausaha, ada baiknya untuk duduk bersama seseorang yang berhasil melakukannya, untuk mengambil inspirasi dari pemikirannya.

12. Buatlah rencana

Anda tidak bisa kemana-mana jika Anda tidak tahu kemana tujuan Anda. Menyusun rencana, itu menciptakan visi masa depan Anda seperti yang Anda lihat, dan memberi Anda peta jalan untuk diikuti dan mencapainya.

Nah Sahabat. Manakah dari hal-hal tadi yang akan Anda fokuskan segera?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (233 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *