1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (181 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 08 April, 2009 - 6:00 AM

Apa Itu Mentor dan Apakah Anda Butuh?

WURYANANO

Apa Definisi Mentorship?

Mentorship adalah hubungan antara dua orang di mana individu dengan lebih banyak pengalaman, pengetahuan, dan koneksi dapat meneruskan apa yang telah mereka pelajari kepada individu yang lebih junior dalam bidang tertentu. Individu yang lebih senior adalah Mentor, dan individu yang lebih junior adalah Mentee.

Mentor mendapat manfaat karena mereka mampu memimpin generasi masa depan di bidang yang mereka pedulikan, dan memastikan bahwa praktik terbaik diteruskan; Sementara itu, Mentee mendapatkan keuntungan karena mereka telah membuktikan bahwa mereka siap untuk mengambil langkah selanjutnya dalam karir mereka, dan dapat menerima bantuan ekstra yang diperlukan untuk mencapai kemajuan tersebut.

Apakah Anda Membutuhkan Mentor?

Seorang Mentor dapat membantu Anda maju dalam bidang Anda dan menghubungkan Anda dengan peluang yang mungkin tidak dapat Anda akses. Mereka melakukan ini dengan membagikan pengetahuan mereka, membantu Anda mengidentifikasi peluang di jalan Anda, dan berpotensi membuka pintu bagi Anda ketika saatnya tiba.

Hampir setiap orang yang berprestasi hebat dalam sejarah pernah mengklaim, bahwa mereka memiliki mentor yang hebat di beberapa titik selama mereka mencapai keunggulan.

Mentorship adalah alat yang berharga, untuk mewujudkan visi seseorang menjadi kenyataan. Mentor diharapkan untuk membimbing dan menasihati Mentee mereka, membantu mereka membangun karir atau bisnis yang sukses, dan mendapatkan pijakan yang kokoh dalam organisasi tertentu. Biasanya, seorang Mentor memiliki satu Mentee pada satu waktu, dan dapat fokus untuk membentuk lintasan mereka.

Anda harus mencari Mentor yang memiliki minat sama dengan yang Anda inginkan, atau yang pernah bekerja di posisi Anda sekarang, sehingga Anda memiliki pemahaman yang sama tentang peran dan tanggung jawab, serta kemungkinan masa depan.

Anda dapat memperoleh pengetahuan dari seseorang yang telah berhasil menavigasi pengalaman serupa, sehingga dapat membantu Anda mempercepat pertumbuhan Anda. Mentor akan membantu Anda membuat keputusan tepat pada waktu yang tepat, yang dapat memengaruhi jalan hidup Anda.

Bagaimana Memilih Mentor yang Baik?

Jika Anda menginginkan seorang Mentor sendiri, ada beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi untuk mencari Mentor. Anda dapat memulai dengan cara bergabung dengan jaringan profesional informal, misalnya, menemukan grup dengan minat dan pengalaman serupa melalui Facebook, Linked-In, atau Meet-Up. Atau, Anda dapat bergabung dengan Asosiasi Profesional Formal, yang mungkin di sini memerlukan pembayaran biaya keanggotaan, dan menghadiri acara yang diatur.

Jika Anda pernah duduk di bangku sekolah atau kuliah, mungkin dapat menjangkau jaringan alumni, untuk mengetahui apakah lulusan telah sukses di bidang minat Anda. Kemudian, jangkau untuk melihat apakah mereka bersedia membantu Anda meningkatkan keterampilan Anda dan mencari peluang baru.

Di mana pun Anda menemukan Mentor, paling penting adalah memilih orang yang tepat. Tahukah Anda apa yang harus Anda cari?

Dari pengalaman saya, seorang Mentor yang baik, haruslah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

+ Pengalaman luas di bidang terkait atau relevan

+ Latar belakang pendidikan atau pengalaman serupa

+ Telah berhasil mengatasi tantangan yang berhubungan dengan tujuan

+ Kepribadian yang ramah dan tulus

+ Karakter yang kredibel, kuat, dan dapat dipercaya

+ Tidak merasa terancam atau bersaing dengan memberdayakan orang lain

+ Gaya pendampingan yang fleksibel

+ Tidak arogan, dan terbuka untuk saling belajar dari Mentee

Secara keseluruhan, Anda akan tahu apa yang terasa benar ketika Anda menemukan Mentor yang cocok. Anda harus merasa nyaman dengan mentor Anda. Anda harus merasa mereka memiliki banyak hal untuk ditawarkan kepada Anda, yang terkait langsung dengan bidang pekerjaan Anda. Jika hal ini tidak benar dalam beberapa kali pertama Anda bertemu, sangat dapat diterima untuk mengakhiri bimbingannya, dan mencari penggantinya.

Anda mungkin ingin meminta pertemuan untuk wawancara, sebelum secara resmi menerima pengaturan Mentorship. Berikut ini catatan penting: Ingatlah bahwa Anda berdua akan saling mengenal selama pertemuan ini, dan Anda berdua akan menerima peran Anda, jadi bukan hanya Anda menerimanya. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan tentang latar belakang dan harapan Anda, dan cobalah untuk memberi kesan yang baik.

Bagaimana Membuat Mentorship Anda Sukses?

Mentorship membutuhkan banyak usaha dan persiapan. Itu membutuhkan waktu, kesabaran, dan komitmen. Begitu pula pertumbuhan dalam karir atau bisnis Anda. Sukses selalu membutuhkan tekad dan ketekunan. Jadi jangan pernah menyerah!

Jangan pernah takut untuk mencari bimbingan, bahkan jika Anda tidak yakin bagaimana memulainya, atau upaya pertama Anda tidak berhasil seperti harapan Anda.

Ingat, Anda hanya akan mendapatkan apa yang Anda usahakan seperti keinginan dan harapan Anda. Mentor Anda hanya dapat membantu Anda; sedangkan lebih separuh lainnya itu membutuhkan usaha keras dari Mentee.

Sebagai Mentee, Anda harus memiliki tujuan yang jelas, spesifik dan terukur. Bukan tugas Mentor Anda, untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda harapkan dari pengalamannya tersebut. Kemudian, Anda harus mau dan bersemangat untuk belajar. Jika Anda tertutup, Anda tidak akan bisa berkembang melalui pengalaman. Mentor Anda tidak akan bisa menyelesaikannya sendiri.

Mentorship adalah proses dua arah. Dan, jika itu berfungsi sebagaimana mestinya, baik Mentor maupun Mentee akan mendapat manfaat dari pengalaman tersebut.

Suatu hari nanti, Anda mungkin menggunakan pengalaman ini untuk membimbing seseorang yang berada di posisi sama dengan Anda sekarang. Penting untuk meneruskan pelajaran yang telah Anda pelajari kepada orang lain, seperti yang dilakukan Mentor Anda. Begitulah cara Anda untuk terus mendapat manfaat dan tumbuh dari hubungan penting ini, selama hidup Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (181 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *