1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (171 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 August, 2010 - 1:00 AM

Misteri Kanjeng RATU KIDUL dan Nyi RARA KIDUL

Kanjeng Ratu Kidul adalah tokoh legenda yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali. Sosok ini secara umum sering disamakan dengan Nyi Rara Kidul, meskipun menurut beberapa kalangan spiritualis, sebenarnya keduanya sangatlah berbeda. Dalam perkembangannya, masyarakat cenderung menyamakan Kanjeng Ratu Kidul dengan Nyi Rara Kidul, walaupun dalam kepercayaan di lingkungan Kejawen, Nyi Rara Kidul adalah bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul.

Menurut pendapat dari guru-guru spiritual Jawa, Kanjeng Ratu Kidul adalah Roh Suci yang mempunyai sifat mulia dan baik hati, dia berasal dari tingkat langit yang tinggi, pernah turun di berbagai tempat di dunia dengan jati diri tokoh-tokoh suci setempat pada zaman yang berbeda-beda pula. Pada umumnya dia menampakkan diri hanya untuk memberi isyarat atau peringatan akan datangnya suatu kejadian penting.

Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu. Ia mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi-dewi alam yang lain. Sedangkan Nyi Rara Kidul awalnya merupakan putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya karena ulah ibu tirinya. Cerita-cerita yang terkait antara “RATU Kidul” dengan “RARA Kidul” bisa dikatakan berbeda fase tahapan kehidupan menurut mitologi Jawa. Kanjeng Ratu Kidul memiliki kuasa atas ombak keras samudra Hindia dari istananya yang terletak di jantung samudra. Menurut kepercayaan Jawa, ia merupakan pasangan spiritual para Sultan dari Mataram dan Yogyakarta, dimulai dari Panembahan Senapati.

Legenda mengenai penguasa mistik laut selatan ini tidak diketahui dengan pasti sejak kapan dimulai. Namun, legenda ini mencapai puncak tertinggi karena pengaruh kalangan penguasa keraton dinasti Mataram Islam (Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta). Dalam kepercayaan tersebut, Kanjeng Ratu Kidul merupakan “istri spiritual” bagi raja-raja kedua keraton tersebut. Pada saat tertentu, keraton memberikan persembahan di Pantai Parangkusuma, Bantul, dan di Pantai Paranggupita, Wonogiri. Panggung Sanggabuwana di komplek keraton Surakarta dipercaya merupakan tempat bercengkerama antara Sunan (Raja) dengan Kanjeng Ratu. Konon, Sang Ratu tampil sebagai perempuan muda dan cantik pada saat bulan muda hingga purnama, lalu berangsur-angsur menua pada saat bulan menuju bulan mati.

kanjeng-ratu-kidul

Dalam keyakinan orang Jawa, Kanjeng Ratu Kidul memiliki pembantu setia bernama Nyai atau Nyi Rara Kidul. Nyi Rara Kidul dipercaya menjabat sebagai patih Kanjeng Ratu Kidul, yang memimpin bala tentara makhluk halus di laut selatan. Nyi Rara Kidul ditugaskan untuk mengontrol dan meredam angkara murka dari makhluk-makhluk gaib jenis jin, dan kekuatan gaib serta ilmu gaib yang berada di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.

Menurut pandangan mata batin guru spiritual Jawa, Kanjeng Ratu Kidul dan Nyi Rara Kidul, sangat mirip, tetapi Kanjeng Ratu Kidul kulitnya kuning langsat, sementara Nyi Rara Kidul agak coklat. Selain itu, Kanjeng Ratu Kidul mempunyai aura putih jernih dan gemerlapan seperti berlian, mengelilingi seluruh tubuhnya. Sedangkan aura Nyi Rara Kidul berwarna putih susu seperti cahaya lampu neon, tipis putih mengikuti postur tubuhnya.

Nyi Rara Kidul menyukai warna hijau dan dipercaya suka mengambil orang-orang yang mengenakan pakaian hijau yang berada di pantai wilayahnya, untuk dijadikan pelayan atau pasukannya. Karena itu, pengunjung pantai wisata di selatan Pulau Jawa, baik di Pelabuhan Ratu, Pangandaran, Cilacap, pantai-pantai di selatan Yogyakarta, hingga Semenanjung Purwa di ujung timur, selalu diingatkan untuk tidak mengenakan pakaian berwarna hijau.

Demikianlah sekilas ulasan tentang Misteri Kanjeng RATU KIDUL dan Nyi RARA KIDUL, yang dipercaya oleh kalangan masyarakat Jawa dan Bali, khususnya, dan Indonesia pada umumnya.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (171 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

1 thought on “Misteri Kanjeng RATU KIDUL dan Nyi RARA KIDUL”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *