1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (195 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 October, 2010 - 8:35 PM

Strategi Wirausaha untuk SUKSES

Strategi wirausaha dicirikan sebagai strategi yang melibatkan perubahan simultan, yang tersebar luas dalam pola keputusan yang diambil oleh suatu organisasi. Strategi wirausaha diberlakukan oleh semua perusahaan, yang mana itu bisa menunjukan apakah perilaku jangka panjangnya konservatif atau inovatif.

Sebagai pengusaha, jangan salah menjadi pengambil risiko secara ceroboh. Pengambil risiko juga harus menjadi penganalisa risiko, mengevaluasi pro dan kontra, kemudian memercayai nalurinya, mengakui dan memanfaatkan peluang untuk menciptakan bisnisnya. Inilah satu kunci kesuksesan dalam menjalankan bisnis.

Saya harap Anda akan menerapkan sifat-sifat ini ke strategi Anda sendiri untuk sukses di masa depan Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh seorang wirausaha.

1. Percayai Intuisi Anda

Pengusaha sukses dan berpikiran mandiri tahu kapan harus memercayai intuisi mereka. Sebuah penelitian yang berkembang dari sejumlah bidang – termasuk ekonomi, neurologi, dan psikologi kognitif – menegaskan bahwa intuisi adalah bentuk nyata dari pengetahuan. Ini adalah keterampilan yang dapat Anda kembangkan dan perkuat.

Keterampilan itu sangat berharga dalam lingkungan bisnis, ketika Anda harus membuat keputusan kritis dan tekanan tinggi pada saat itu juga. Pada saat seperti itu, intuisi biasanya mengalahkan analisis rasional.

Mempercayai intuisi Anda juga membuat Anda berani melakukan ide dan usaha baru yang belum teruji, bahkan ketika tidak ada orang lain yang mempercayainya. Ini tentang melihat kebutuhan akan suatu produk atau layanan baru, bahwa Anda dapat mewujudkannya. Anda mungkin tidak memiliki dana untuk melakukan studi pasar, tetapi Anda masih bersedia mempertaruhkan reputasi dan uang Anda pada gagasan itu. Mengapa? Karena itulah yang diperintahkan oleh intuisi Anda.

2. Tolak Pikiran Negatif atau Pesimis

Abaikan mereka yang berkata, “Itu tidak akan berhasil” atau “Tidak pernah dilakukan seperti itu.” Pengusaha berhasil karena mereka membelok dari formula dan cara berpikir semacam itu. Lihatlah segala sesuatunya dengan pandangan sangat kritis. Membedahnya dan merenungkan berbagai skenario “bagaimana-jika”. Pemikiran yang menantang dapat membuka pintu menuju keunggulan kompetitif.

3. Jangan Biarkan Kesulitan atau Kegagalan Mengalahkan Anda

Jangan menerima batasan yang orang lain atau keadaan berikan kepada Anda. Jajaran pengusaha sukses dipenuhi dengan pria dan wanita yang menolak untuk berhenti percaya pada diri mereka sendiri, terlepas dari cemoohan orang lain atau kegagalan memilukan di masa lalu mereka. Sebagai seorang wirausaha, Anda pasti akan mengalami saat-saat penuh tekanan, yang menguji keyakinan Anda, terutama di awal ketika Anda masih berusaha membangun merek Anda. Ingat saja, penawarnya adalah kegigihan dan ketahanan.

4. Temukan Ceruk yang Tidak Terlayani

Dalam dunia bisnis, tidak ada yang lebih menarik daripada menemukan ceruk yang kurang terlayani, yang mewakili pasar menguntungkan, yang gagal dilihat dan ditargetkan oleh orang lain. Itu seperti menemukan emas batangan di pantai yang ramai, ada di sana untuk dilihat semua orang, tetapi Andalah yang memperhatikan kilatan emas di pasir. Bahkan perusahaan yang besar pun tidak dapat menawarkan sesuatu untuk semua orang. Cari cara untuk mengisi ceruk ini, yang bahkan bisa diambil oleh perusahaan kecil. Banyak ceruk yang terlalu kecil untuk dipertimbangkan oleh perusahaan raksasa.

5. Temukan Tren Baru

Seringkali, pergeseran tren budaya atau ekonomi akan menciptakan peluang kewirausahaan baru. Terkadang pergeseran itu muncul dari kemajuan teknologi. Banyak dari wirausaha mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen muncul, yang mengisyaratkan peluang pasar baru.

6. Ambil Area Bisnis yang Diabaikan Pesaing

Casey Stengel, manajer legendaris New York Yankees, gemar menceritakan kisah tentang pemain baseball hebat “Wee Willie” Keeler, yang berdiri dengan tinggi hanya 5 ‘4’ ‘, berbobot 140 pound, dan memulai rentetan delapan musim dengan dua ratus atau lebih banyak hits. Suatu ketika seorang reporter olahraga bertanya kepadanya, bagaimana pria sekecil itu bisa mendapatkan begitu banyak hit besar. Willie menjawab, “Jaga matamu jernih, dan pukul mereka di tempat yang mereka abaikan, itu saja.” Hal sama juga berlaku di dunia bisnis. Kapan pun memungkinkan, arahkan pandangan Anda ke area yang diabaikan atau diremehkan oleh pesaing Anda.

7. Segera Mulai Bertindak

Jika Anda memiliki ide untuk bisnis, benar-benar yakin itu akan berhasil, dan bersedia untuk mendorong diri Anda lebih keras daripada sebelumnya, maka ambil risiko dan mulailah. Jika nyali dan intuisi memberi tahu Anda bahwa ide bisnis ini adalah pemenang, ambil tindakan sekarang. Waktu “sempurna” untuk peluncuran bisnis tidak akan pernah muncul dengan sendirinya. Menunggu dan menunda hanya memberikan calon pesaing kesempatan untuk mengalahkan Anda.

8. Dapatkan Promosi Tanpa Iklan Mahal

Jika bisnis awal Anda memiliki anggaran terbatas, ada banyak cara untuk mendapatkan perhatian pelanggan tanpa mengeluarkan uang untuk iklan. Dapatkan ide kreatif Anda, dan mencoba sesuatu yang berbeda. Dan ketika sebuah peluang muncul untuk mengekspos merek Anda kepada masyarakat, jangan berpikir dua kali – langsung saja lakukan. Gunakan kreativitas Anda sendiri untuk membuat perusahaan Anda menonjol di tengah orang banyak.

9. Manfaatkan Kelemahan Pesaing Anda dan Jadikan Kekuatan Anda

Pengusaha sukses memiliki kemampuan untuk melihat dunia dari perspektif pelanggan mereka. Kualitas itu dapat membantu mengidentifikasi kerentanan dan kekurangan pesaing Anda. Jika pesaing nomor satu Anda memiliki reputasi untuk pengiriman lambat, misalnya, pastikan pengiriman Anda tiba dalam waktu lebih cepat. Libatkan dan dengarkan pelanggan untuk mengidentifikasi kelemahan seperti itu.

10. Jangan Pernah Berhenti Menciptakan Inovasi

Anda tahu pepatah lama “Jika tidak rusak, jangan memperbaikinya”. Masalah dengan nasihat itu adalah bahwa hal itu mengundang rasa puas diri. Dan rasa puas diri dalam bisnis seperti kebocoran halus pada ban. Anda mungkin tidak melihat kerusakan yang ditimbulkannya sampai benda itu benar-benar rata dan Anda tidak dapat bergerak maju. Pengusaha berkinerja terbaik tidak takut untuk mengambil risiko dan terus memperluas lini produk mereka. Mereka tidak takut untuk melakukan perombakan besar pada bisnis mereka sekarang dan kemudian, untuk mengimbangi perubahan di pasar.

Saya berharap Anda akan menemukan sifat-sifat ini bermanfaat untuk perjalanan kewirausahaan Anda sendiri dan menyesuaikannya dengan strategi Anda sendiri untuk sukses. Saya harap Anda dapat menerapkannya pada usaha baru atau menggunakannya dalam bisnis Anda yang sudah ada.

Percayalah bahwa pertumbuhan dan peluang bagi perekonomian bangsa ini tidak terhindarkan. Lihatlah dunia melalui mata seorang pengusaha. Gunakan imajinasi Anda untuk mengidentifikasi peluang pasar yang diabaikan orang lain. Percayalah pada kekuatan ide-ide Anda dan mulailah mengejar impian wirausaha Anda sendiri.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (195 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *