1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (62 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 30 December, 2010 - 5:00 AM

10 Cara SUKSES Bangun Lebih Awal dan Penuh ENERGI

Ingat Lagu yang dibawakan oleh Mbah Surip? Ya, BANGUN TIDUR … TIDUR LAGI. Rata-rata orang tidur sekitar 8-9 jam sehari. Sekarang, bayangkan sejenak betapa lebih menyenangkan dan suksesnya hidup Anda, jika Anda ingin mendapatkan 3 jam tambahan waktu yang berharga setiap hari.

Bayangkan, bangun jam 5 pagi tanpa merasa lelah dan penuh energi sepanjang hari.

Hanya dalam satu tahun, Anda akan memperoleh hampir 1.100 jam atau 45 hari.

Apa yang akan Anda lakukan dengan waktu ekstra itu?

Anda dapat membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya, Anda dapat belajar bahasa asing, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga Anda.

Tapi, bukankah sangat sulit untuk bangun pagi setiap hari?

Tentu, membentuk kebiasaan baru selalu agak menantang di awal. Anda mungkin sedikit kesulitan dalam beberapa hari pertama. Setelah satu minggu itu sudah jauh lebih mudah, dan setelah 3-4 minggu Anda akan membuat kebiasaan baru, dan itu pasti tidak akan menjadi masalah besar lagi.

Ya, Anda mungkin akan lelah sekitar seminggu. Tapi, tubuh Anda terbiasa dengan ritme baru dan kurang tidur dengan sangat cepat, jauh lebih cepat dari yang Anda kira.

Dan tahukah Anda, bukan kuantitas tidur yang Anda dapatkan, tetapi lebih banyak kualitas tidur Anda yang benar-benar diperhitungkan.

Beberapa tahun lalu, saya tidur hampir 9 jam sehari. Dan tetap saja, beberapa kali dalam sehari saya merasa sangat lelah. Sekarang, saya hanya tidur 6 jam sehari dan saya merasa jauh lebih segar dan lebih berenergi.

Berikut adalah 10 Cara Sukses untuk meningkatkan kualitas tidur Anda dan membuat bangun jam 5 pagi sangat mudah:

1: Ubah keyakinan Anda tentang bangun pagi

Kebanyakan orang percaya bahwa mereka membutuhkan 8 atau 9 jam tidur sehari untuk “berfungsi” dengan baik. Saya tahu dari pengalaman saya, dan dari pengalaman banyak orang lain, bahwa tidur 6 jam sehari sudah cukup.

Kondisikan pikiran Anda dan katakan pada diri sendiri bahwa setelah periode adaptasi yang singkat, Anda akan merasa benar-benar hebat dengan hanya tidur 6 jam sehari, dan BUKAN masalah sama sekali untuk bangun jam 5 pagi.

2: Jangan makan beberapa jam sebelum tidur

Saya sarankan, Anda tidak makan apa pun setelah jam 7 malam. Selain itu, hindari minum kopi, teh hitam, minuman bersoda atau alkohol 6-7 jam sebelum tidur.

Jika Anda makan sebelum tidur, energi tambahan akan dibutuhkan oleh sistem pencernaan Anda, kualitas tidur akan terganggu dan Anda akan bangun dengan rasa lelah di pagi hari.

3. Anda membutuhkan alasan yang kuat untuk bangun pagi

Pikirkan mengapa Anda ingin memiliki lebih banyak waktu dalam hidup Anda. Apa yang mendorong dan memotivasi Anda? Ini akan membantu Anda untuk bangun pagi.

Saya juga menyarankan Anda untuk menulis daftar tugas, untuk hari berikutnya dan Anda menentukan tugas apa yang akan Anda tangani di pagi hari. Jika Anda bangun pagi dan kemudian tidak tahu apa yang harus dilakukan, ada “risiko” bahwa Anda akan kembali tidur.

4: Tenangkan pikiran Anda sebelum tidur

Biasakan untuk bermeditasi atau bersantai 20-30 menit sebelum tidur. Jangan bekerja atau menonton TV sebelum tidur. Jika Anda melakukan itu, pikiran Anda terus berjalan, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur, tidur Anda tidak akan nyenyak dan sesantai yang seharusnya, dan Anda akan lelah keesokan harinya.

5: Buat keputusan tegas untuk bangun jam 5 pagi dan mengubahnya jadi tantangan mengasyikkan

Sebelum tidur, katakan pada diri Anda untuk bangun jam 5 pagi, apa pun yang terjadi! Visualisasikan diri Anda mengalami tidur malam yang nyenyak, santai, dan memberi energi; dan bangun dari tempat tidur pada pukul 5 pagi dengan perasaan segar dan bersemangat untuk memulai hari.

Dengan begitu, Anda mengkondisikan pikiran bawah sadar dan bangun pagi akan jauh lebih mudah.

Jadikan “bangun jam 5 pagi” sebagai tantangan yang mengasyikkan. Kebanyakan orang bahkan tidak mau mencobanya seumur hidup, banyak dari mereka yang mencoba menyerah hanya dalam beberapa hari. Ya, bangun pagi adalah kebiasaan yang banyak digunakan oleh orang-orang yang sangat sukses.

6: Jangan Tunda

Saya tahu, memang menggoda untuk menunda saat jam alarm berdering, tetapi itu hanya membuat tantangan Anda untuk bangun pagi lebih sulit. Jika Anda menunda sekali, keesokan harinya mungkin dua kali, lalu Anda akan tinggal setengah jam lebih lama.

Jangan berpikir, jangan bernegosiasi, jangan mencoba mencari alasan mengapa tidak menjadi masalah untuk tinggal beberapa menit lebih lama … bangun saja, lakukan saja!

Anda bahkan dapat melatihkan perilaku ini pada siang hari: Cobalah berbaring, santai dan berpura-pura Anda sedang tidur; setel jam alarm Anda untuk berdering setelah 5 menit. Dan segera setelah alarm berbunyi, katakan pada diri Anda sendiri: “Waktunya bangun! Saya menantikan hari yang menyenangkan lagi.” Dan segeralah bangun dari tempat tidur.

7: Letakkan jam alarm Anda di luar jangkauan

Jika godaan untuk tidur terlalu kuat, letakkan jam alarm lebih jauh dari tempat tidur Anda, sehingga Anda tidak punya pilihan lain selain bangun dari tempat tidur untuk mematikan alarm.

8: Waktu untuk bangun sepenuhnya

Oke, Anda baru saja bangun dari tempat tidur, tetapi mungkin Anda belum sepenuhnya bangun. Buka jendela dan hiruplah napas dalam-dalam 5-10 menit. Saya juga merekomendasikan beberapa latihan fisik ringan selama setidaknya 10-15 menit untuk mengoksidasi tubuh Anda sepenuhnya, dan bersiap untuk hari itu.

9: Banggalah atas Pencapaian Anda

Sebuah studi mengatakan, kurang dari 1% populasi, bangun pada jam 5 pagi, dan biasanya hanya mereka yang berprestasi tinggi dan orang-orang yang sangat sukses. Jadi, luangkan waktu sebentar, NIKMATI pencapaian Anda dan BANGGALAH pada diri sendiri.

Ini mungkin terdengar agak kekanak-kanakan, tetapi ini sangat penting. Memiliki perasaan pencapaian ini akan memberi Anda motivasi tambahan, dan itu akan membuat Anda lebih mudah bangun pagi di hari-hari berikutnya.

10: Pastikan nutrisi Anda sehat dan seimbang

Kualitas nutrisi Anda berpengaruh besar pada tingkat energi Anda. Semakin tinggi kualitas nutrisi Anda, semakin banyak energi yang Anda miliki, dan semakin sedikit waktu tidur yang Anda butuhkan.

Saya sarankan Anda membeli buku bagus tentang nutrisi sehat. Berikut ini beberapa tips dasar untuk memberi Anda beberapa ide: Makan lebih banyak buah dan sayuran (idealnya organik), minum cukup air. Hindari minuman beralkohol, minuman bersoda, fast food, junk food, terlalu banyak kopi atau teh hitam. Kurangi konsumsi gula, asam lemak tak jenuh, daging, sebanyak mungkin.

Percayalah, ini tidak sesulit yang Anda bayangkan dan semakin mudah di setiap hari.

KESIMPULANNYA:

Sekali lagi, bangun pagi mungkin akan sedikit menantang pada awalnya, tetapi semakin mudah di setiap hari. Anda hanya perlu melewati 7-10 hari pertama. Ini membutuhkan beberapa disiplin dan kemauan, tetapi itu sangat berharga.

Ya, Anda akan lelah pada awalnya, tetapi setelah sekitar satu minggu Anda akan menyadari memiliki lebih banyak energi di siang hari dan merasa semakin tidak lelah.

Tujuan di sini adalah menjadi penuh energi di sepanjang hari, sambil mengurangi tidur. Tidak ada gunanya bangun jam 5 pagi, jika setelah itu Anda lelah sepanjang hari.

Nah Sahabat. Apakah Anda sudah terbiasa bangun pagi? Apa bagian tersulit di awal Anda mengembangkan kebiasaan bangun pagi?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (62 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *