1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (120 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 02 December, 2011 - 9:00 PM

7 Pelajaran INSPIRATIF BISNIS dari Kolonel Sanders

Semua orang tahu, siapa Kolonel Sanders, sang pemilik bisnis Kentucky Fried Chicken atau sangat dikenal dengan sebutan singkat – KFC.

Nama asli dari Kolonel Sanders adalah Harland Sanders asal Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Sanders lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Dia pun sebenarnya seorang sarjana hukum. Julukan Kolonel diberikan oleh Commonwealth kota Kentucky, sebagai bentuk penghormatan atas kesuksesan bisnis yang didirikannya pada tahun 1930-an.

Kolonel Sanders ditolak sebanyak 1009 kali, sebelum dia berhasil menjual resep KFC-nya. Selain itu, dia gagal di setiap pekerjaan yang dia lakukan selama hidupnya. Setelah seumur hidup menghadapi kegagalan demi kegagalan, dia akhirnya berhasil menjual KFC pada usia 75 tahun.

Kali ini, saya akan membahas 7 Pelajaran Inspiratif, dari perjalanan bisnis Kolonel Sanders. Apakah Anda berusia 20 atau 75 tahun, dan tidak peduli berapa pun usia Anda, ada sesuatu di sini untuk setiap pengusaha pemula.

Pelajaran 1: Kegagalan Membuahkan Kesuksesan

Kolonel Sanders ditolak lebih dari seribu kali, sebelum dia berhasil menjual resep Kentucky Fried Chicken-nya. Sungguh itu penolakan sangat banyak. Tidak hanya itu, Sanders gagal total di setiap karir lain yang pernah dia coba. Antara usia sepuluh dan lima puluh puluh tahun, Sanders mencoba melakukan berbagai pekerjaan berikut ini, antara lain:

  • Pengatur Lalu Lintas
  • Pegawai SPBU
  • Buruh Pertanian
  • Staf Kantor Advokad
  • Penjualan Asuransi
  • Pemadaman Kebakaran

Contoh tersebut hanya untuk menunjukkan, bahwa tidak peduli seberapa banyak Anda mengalami kegagalan, masih ada waktu, tidak peduli berapa pun usia, selama masih punya semangat meraih impian, itu membawa ke pelajaran berikutnya, untuk melakukan perjalanan meraih sukses.

Pesan dari Kolonel Sanders, “Saya hanya punya dua aturan. Lakukan semua yang Anda bisa, dan lakukan sebaik mungkin. Itu satu-satunya cara Anda mendapatkan perasaan untuk mencapai sesuatu.”

Pelajaran 2: Tidak Pernah Ada Kata Terlambat

Kolonel Sanders berusia 75 tahun, saat dia akhirnya berhasil menjual KFC seharga US $ 2 juta. Dapatkah Anda membayangkan mengalami kemenangan seperti itu, setelah kekalahan di seumur hidup? Sebagai Business Coach, saya telah bertemu orang-orang selama karier saya, yang mengira mereka sudah melewati puncak, pada saat mereka berusia tiga puluhan! Namun Sanders terus berjuang saat menghadapi kesulitan dan berakhir sebagai pengusaha dengan merek KFC, yang sangat kita kenal hingga kini.

Pelajaran 3: Masa Lalu Ada Di Masa Lalu

Untuk menjadi pengusaha sukses, banyak orang hanya perlu belajar bahwa masa lalu adalah masa lalu, dan itu hanya akan menentukan peluang sukses masa depan Anda, jika Anda mengizinkannya. Tidak peduli berapa kali Anda gagal, dari mana Anda berasal, atau hal negatif apa yang pernah Anda alami, atau pun Anda lakukan di masa lalu.

Masa lalu Anda tidak memegang kunci kesuksesan masa depan Anda. Kolonel Sanders gagal dalam setiap karir yang pernah dia coba. Dia bahkan menghabiskan sebagian besar hidupnya dalam pernikahan yang tidak bahagia, berakhir dengan perceraian, dan harus menafkahi tiga anak pada saat dia berusia sembilan belas tahun.

Bagi sebagian besar orang, mungkin itu sudah cukup bagi mereka untuk berhenti dalam karier yang tidak memuaskan, dan berhenti bermimpi. Tetapi Kolonel Sanders terus bertahan dengan keyakinan pada kemampuan dan prinsipnya sendiri.

Pelajaran 4: Menyerah adalah Satu-satunya Cara untuk Gagal

Kegagalan adalah efek samping alami dari kehidupan. Kisah Kentucky Fried Chicken memberi tahu kita bahwa berhenti adalah satu-satunya kegagalan. Jika Anda memiliki pandangan dan keyakinan yang sama pada apa yang Anda coba lakukan, kemungkinan sukses yang signifikan bisa Anda dapatkan. Tidak ada batasan waktu untuk sukses. Jangan pernah berhenti mencari cahaya kesuksesan Anda sendiri.

Pelajaran 5: Kadang-kadang Anda Hanya Membutuhkan Awal yang Baru

Jelas bahwa memasak adalah hasrat Kolonel Sanders, tetapi dia tidak segera menemukan antusiasmenya sampai lama kemudian. Hanya dengan memiliki keberanian menerima kegagalan, dan hasrat untuk memulai lagi, lagi dan lagi, dia akhirnya dapat menemukan panggilan hidupnya.

Saat Anda mencoba untuk berhasil di berbagai bidang disiplin ilmu, itu adalah cara yang pasti untuk membuat diri Anda lelah. Memulai itu selalu merupakan bagian tersulit. Dan bagi sebagian besar orang, gagasan untuk melakukannya berulang kali, di usia 50-an, 60-an, dan 70-an akan sangat melelahkan. Energi dan semangat yang ditunjukkan Kolonel Sanders dengan melakukannya secara baik di usia tujuh puluhan, merupakan pelajaran yang menginspirasi setiap pengusaha.

Pelajaran 6: Lakukan Lompatan Keyakinan

Tidaklah mengejutkan untuk mengetahui bahwa mengikuti keinginan hati, sering kali menjadi kunci kesuksesan, kebahagiaan, dan kepuasan. Lalu bagaimana mungkin, begitu banyak dari kita tidak bisa mengejar apa yang sebenarnya diinginkan dalam kehidupan?

Tetap berdiam di zona nyaman, membuat banyak dari kita tidak menyadari betapa pentingnya gairah dan keinginan. Sesungguhnya, memiliki gairah, hasrat untuk menemukan panggilan hidup, akan membuat siapa pun bahagia, puas, dan sejahtera.

Kolonel Sanders mengatakan, “Kita harus ingat bahwa setiap kegagalan bisa menjadi batu loncatan menuju sesuatu yang lebih baik.”

Pelajaran 7: Tetap Sederhana

Kentucky Fried Chicken mulai dengan menjual ayam di pinggir jalan seperti halnya pedagang kaki lima. Setelah berhasil menjual resepnya, bisnisnya berkembang pesat. Kita pun sudah biasa melihat ada ratusan waralaba KFC di negara-negara di seluruh dunia. Pelajarannya di sini adalah jangan pernah takut untuk menjaga kesederhanaan. Selama Anda bersedia untuk memulai, bekerja keras, dan terus melakukannya, segalanya pasti akan berkembang.

Nah Sahabat. Sering kali calon pengusaha akan menunda memulai bisnis mereka, menunggu kesempurnaan lebih dulu atau apa pun itu, karena mereka tidak yakin bahwa mereka sudah cukup hebat untuk memulai.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (120 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *