1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (161 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 18 June, 2012 - 7:00 AM

7 Cara Cepat Meningkatkan KONSENTRASI Anda

Di dunia saat ini, informasi yang berdatangan, dan sejumlah besar gangguan membuat semakin sulit untuk berkonsentrasi dalam melakukan tugas-tugas yang diperlukan. Dalam artikel ini, saya punya 7 metode sederhana, yang akan melatih kemampuan Anda untuk berkonsentrasi, sembari melakukan kegiatan yang biasa Anda lakukan.

Berikut ini 7 Cara Cepat Meningkatkan Konsentrasi Anda:

1. Rencanakan dan Visualisasikan Tugas Penting

Jadikan kegiatan tersebut sebagai bagian dari rutinitas pagi Anda. Dari seluruh susunan tugas, pilih 1-3 yang paling penting, di mana Anda harus memberikan yang terbaik. Penting untuk melatih fokus Anda pada tugas yang paling penting dan mendesak. Keinginan untuk melakukan sejumlah besar tugas secara bersamaan, akan menurunkan konsentrasi dan kualitas pekerjaan yang dilakukan.

Untuk membuat proses ini lebih efisien, Anda juga harus memvisualisasikannya. Bayangkan bagaimana Anda akan melakukannya, apa hasilnya, emosi apa yang akan Anda alami. Ini akan menggerakkan kekuatan alam bawah sadar Anda, dan itu akan bekerja pada implementasinya di sepanjang hari.

2. Temukan Jam Produktif Anda

Konsentrasi perhatian tidak hanya bergantung pada upaya Anda tetapi juga pada sisi genetika. Produktivitas otak terutama bertanggung jawab atas jam biologis. Tubuh Anda memiliki celah saat ia bekerja dengan baik. Ada periode lain ketika Anda merasa lemah dan kurang motivasi.

Amati diri Anda selama beberapa minggu. Dan dalam sehari, atur tugas-tugas paling penting pada waktu yang berbeda. Ingatlah bahwa produktivitas Anda juga berubah selama seminggu. Beberapa hari akan tampak lebih produktif daripada yang lainnya. Rayakan hari dan jam seperti itu. Seiring waktu, Anda akan menerima jadwal pasti untuk tugas paling mendesak dan kompleks, yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

“Nasihat terbaik yang pernah saya temui mengenai masalah konsentrasi adalah: Di mana pun Anda berada, beradalah di sana.” – Jim Rohn

3. Latih Kekuatan Perhatian Anda

Dimungkinkan untuk bekerja tanpa henti pada satu tugas selama lebih dari satu jam; oleh sebab itu, Anda perlu melatih keterampilan ini. Ini mirip dengan olahraga. Pada awalnya, tampaknya mustahil bagi seseorang untuk berlari maraton, dan setelah latihan sehari-hari, ia dengan lancar mengatasi jarak ini.

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan otak Anda. Pertama, buat siklus kerja Anda singkat, misalnya, 20 menit kerja, 5 menit istirahat. Seiring waktu, tingkatkan batasan ini. Segera Anda akan dapat bekerja secara produktif selama satu jam penuh, dan hanya mencurahkan waktu minimum untuk beristirahat.

Ingatlah bahwa Anda harus fokus pada satu hal. Pergantian perhatian yang konstan, hanya akan melemahkan fokus Anda.

4. Berlatih Perhatian Penuh

Berlatih perhatian penuh atau kesadaran penuh, tidak lebih dari berfokus pada momen saat ini. Dan tidak penting apa sebenarnya yang Anda fokuskan saat ini: bekerja, berjalan, berbicara dengan orang yang dicintai, perjalanan ke transportasi umum atau bahkan napas Anda. Kata kuncinya adalah konsentrasi.

Begitu Anda memutuskan untuk melatih perhatian penuh, Anda harus melupakan segala hal lainnya; tentang masa lalu dan masa depan, dan hidup di saat ini. Rasakan aroma sekitar Anda, dengarkan baik-baik setiap kata dari teman bicara Anda. Fokus saja pada apa yang Anda lakukan saat ini. Pesona unik dari metode ini adalah Anda dapat terlibat dalam kesadaran penuh di mana saja, kapan saja.

5. Berlatih Meditasi

Metode lain yang secara langsung memengaruhi kemampuan otak untuk berkonsentrasi adalah meditasi. Ini sudah dikonfirmasi oleh berbagai penelitian, yang menunjukkan bahwa latihan meditasi yang terus-menerus secara signifikan meningkatkan kapasitas perhatian.

Dalam sebuah studi Katherine MacLean pada tahun 2010, 60 peserta menyelesaikan praktik meditasi 3 bulan di bawah bimbingan mentor yang berpengalaman. Sepanjang studi, mereka secara berkala menguji kemampuan kognitif. Para ilmuwan telah menemukan bahwa hampir semua peserta telah belajar untuk mempertahankan konsentrasi lebih lama.

Subjek diperiksa ulang setelah lima bulan. Perbaikannya tetap sama, terutama bagi para peserta yang terus bermeditasi setiap hari setelah studi percobaan itu.

6. Latihan Fisik

Aktivitas fisik memiliki efek yang serupa, seperti meditasi. Dalam percobaan lain, para ilmuwan menyarankan agar siswa sekolah menengah menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsentrasi dalam keadaan normal, setelah istirahat 20 menit, dan setelah 20 menit berjalan di atas treadmill. Para ilmuwan juga mencatat aktivitas neuroelektrik otak. Hasilnya, ditemukan bahwa kelompok berjalan, menunjukkan kinerja terbaik. Tes konsentrasi dan data EEG mengkonfirmasi hal ini.

“Konsentrasi adalah akar dari semua kemampuan yang lebih tinggi dalam diri manusia.” – Bruce Lee

7. Luangkan Waktu Untuk Bersantai

Untuk menjadi juara dalam angkat besi, Anda perlu banyak berlatih, banyak makan dan banyak bersantai. Singkirkan setidaknya satu komponen, maka Anda tidak akan mencapai hasil, dan paling buruk, Anda akan mendapatkan masalah kesehatan karena kelelahan.

Jika Anda ingin menjadi juara dalam konsentrasi, ini berlaku sama untuk Anda. Anda tidak dapat tetap berkonsentrasi sepanjang waktu. Semakin banyak Anda bekerja, semakin sedikit Anda rileks, semakin lemah otak Anda, dan kemampuannya untuk fokus pada sesuatu. Sebaliknya, dengan hanya 5 menit istirahat setelah satu jam kerja, ini memungkinkan Anda mengisi ulang baterai dan bergerak maju dengan produktivitas tinggi. Jika Anda telah duduk di depan komputer selama satu jam, lakukan aktivitas fisik selama 5 menit berikutnya, meskipun itu hanya berjalan kaki.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (161 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *