1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (197 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 September, 2012 - 10:00 AM

5 Strategi untuk Kinerja Di Bawah Tekanan

Tetap tenang dalam situasi tekanan adalah keterampilan yang tidak mudah dilakukan. Ketika seseorang memberikan presentasi, bermain olahraga, mengikuti lomba, atau mengikuti wawancara kerja, kadang ada perasaan tertekan saat melakukannya, sehingga dampaknya bisa mengurangi penampilan.

Ada strategi untuk menetralisir perasaan tertekan, yang biasa saya terapkan untuk membantu tampil di berbagai kesempatan, sehingga membuat penampilan menjadi Luar Biasa Prima!

Berikut 5 Strategi yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda tampil di bawah tekanan:

1. Fokus pada yang Dapat Anda Kontrol, BUKAN pada yang Tidak Bisa Anda Kendalikan

Menjelang penampilan kinerja apa pun, berfokus pada apa yang dapat Anda kendalikan adalah cara sangat efektif untuk membawa Anda ke dalam kondisi luar biasa prima. Jika kita menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berfokus pada apa yang tidak dapat kita kendalikan, hal itu dapat membuat kita jatuh ke dalam pola pikir negatif, dan kehilangan kemajuan kita sendiri.

Tidak ada salahnya menganalisis dalam persaingan, terutama dalam dunia bisnis atau pun berbagai lomba olahraga. Namun, terlalu banyak fokus pada lawan, bisa berdampak negatif dalam jangka panjang. Jika Anda memulai bisnis apa pun, lihat apa yang dilakukan pesaing, tetapi kemudian mainkan kekuatan Anda sendiri. Jangan hanya sibuk berpikir tentang apa yang mereka lakukan.

Setiap orang itu punya keunikan dan kelebihannya masing-masing, jadi ciptakan sesuatu bisa Anda banggakan. Ada istilah cukup populer, khususnya di dunia kewirausahaan, yaitu ATM – Amati Tiru Modifikasi.

Ya, Anda bisa melihat pesaing atau pun teman Anda dalam membawakan sesuatu kinerja, dan boleh saja Anda menirunya, namun lebih baik Anda memodifikasinya lebih dulu sesuai dengan kekuatan Anda, sebelum Anda menampilkannya.

2. Kembangkan Konsentrasi Melalui Meditasi

Konsentrasi adalah contoh sangat jelas untuk membuat Anda tetap fokus. Salah satu cara sangat efektif untuk meningkatkan konsentrasi Anda adalah melalui Meditasi. Dengan hanya berfokus pada satu objek selama meditasi, Anda dapat menguasai seni memusatkan pikiran. Ini bisa berupa objek eksternal, nafas atau bagian-bagian tubuh Anda. Jadi untuk ‘pertandingan’ panjang mana pun yang membutuhkan perhatian dan konsentrasi, Anda dapat berkonsentrasi tingkat tinggi lebih lama. Seorang Guru Meditasi pernah memberikan nasihat bijak, “Tenangkan pikiran, dan jiwa akan berbicara.”

3. Gunakan Jangkar Emosi

Maksud saya adalah menggunakan kata atau gambar holistik untuk memandu kinerja. Ini sebuah teknik bagus, ketika kita mulai terlalu banyak berpikir saat mengerjakan tugas. Ini bisa menjadi strategi yang sangat membantu untuk menjaga pikiran pada saat ini, dan merasa nyaman. Anda boleh menggunakan kata atau gambar apa pun, yang menurut Anda itu cocok bagi Anda sebagai jangkar emosi Anda, sehingga itu bisa menjadi sangat efektif.

Sekelompok pemain bola basket melakukan eksperimen yang menggunakan analogi, ‘Tembak seolah-olah Anda mencoba meletakkan kue di toples kue, di rak yang tinggi’. Dalam eksperimen yang sama, sekumpulan pemain lain diberi rundown delapan langkah, tentang apa yang harus dilakukan. Hasilnya: Tim yang diberi analogi sederhana mengungguli kelompok lain ketika situasi tekanannya ditingkatkan.

4. Afirmasi

Bagi saya, Afirmasi tidak bekerja otomatis dengan sendirinya. Afirmasi terdengar hebat, tetapi perlu dimanfaatkan dengan lebih efektif. Afirmasi juga bersifat pribadi. Seorang pemain basket profesional dapat menggunakan serangkaian afirmasi yang sama sekali berbeda dari seorang pemain bulu tangkis profesional. Itu tergantung dari selera dan kebutuhan individu dalam tugasnya masing-masing.

Berikut ini 3 Langkah Afirmasi, yang perlu dilakukan untuk membuatnya efektif:

Langkah Satu: Pertahankan pernyataan faktual tentang siapa Anda. “Saya adalah salah satu musisi paling berkomitmen dan terampil di sana.”

Langkah Dua: Pertahankan pola pikir yang benar sebelum acara, dengan mengidentifikasi hambatan utama yang dihadapi. Dengan menambahkan “Jika saya melakukan ini”, Anda benar-benar memberikan dampak afirmasi. Dalam sesi pelatihan, saya sering mengatakan kepada peserta, sebagai contoh agar mereka pun mengikuti: “Tantangan terbesar saya adalah memanfaatkan konsentrasi saya. Jika saya memanfaatkan konsentrasi saya, saya benar-benar masuk ke aliran energi terkiat saya.”

Langkah Tiga: Fokus pada peningkatan proses dan praktik Anda. Anda boleh mengatakan seperti contoh ini, “Akan selalu ada catatan buruk, tetapi tidak pernah bisa menembus gelembung kinerja aman saya. Tidak ada batasan pada margin dari semua yang saya lakukan.”

Berkreasilah dengan Afirmasi Anda, dan buat beberapa. Bersenang-senanglah dengan Afirmasi, tetapi tetap berpegang pada Tiga Langkah dan jangan menipu diri sendiri – gunakan afirmasi yang benar-benar menegaskan bagaimana Anda berpikir dan merasakan.

5. Merasakan dan menerima apa yang muncul

Ini untuk membuat diri Anda tidak peka pada ketidaknyamanan tekanan. Tantangan terbesar adalah menjaga konsistensi saat tekanan dinaikkan. Ini juga bisa menjadi cara yang sangat membantu untuk mengelola emosi Anda. Seringkali kita cenderung menolak apa yang muncul, terutama dalam situasi tekanan tinggi. Dengan hanya menerima apa yang muncul, Anda mungkin terkejut melihat perubahan emosi.

Salah satu cara paling efektif untuk menerima emosi adalah dengan ‘menjadi emosi’, karena penerimaan sejati datang ketika Anda benar-benar bisa bersama dengan apa yang muncul.

Tingkat kepercayaan diri secara alami akan tumbuh dari wawasan yang luar biasa ini. Misalnya, jika kemarahan muncul dalam suatu situasi, mungkin itu bukan emosi yang paling membantu. Jika Anda menangkapnya saat itu muncul, ‘menjadilah kemarahan’ – tetap berakar di dalamnya, dan lihat apa yang terjadi. Jika Anda menolaknya, itu hanya menjadikan kemarahan lebih kuat.

Ini sama untuk kecemasan dan kegugupan. Berusahalah sebaik mungkin untuk tidak menolak apa yang muncul. Ini terdengar jauh lebih mudah daripada yang sebenarnya. Tetapi seiring berjalannya waktu, ini benar-benar bisa menjadi teknik yang ampuh, dalam situasi tertekan, bahkan teknik ini bisa untuk seumur hidup Anda. Luangkan waktu untuk mencoba beberapa strategi ini dan melangkah menuju kehebatan Anda.

Nah Sahabat. Apa yang Anda lakukan untuk membantu Anda tampil luar biasa prima, di bawah situasi tekanan tinggi?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (197 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *