1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (169 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 October, 2012 - 9:00 PM

Mengapa Orang Sukses Meninggalkan Teman Pecundang Mereka

Kita semua ingin menjadi luar biasa prima. Kita semua ingin sukses, bahagia, dan dianggap sebagai tokoh penting di bidang kita. Saya yakin Anda pernah mendengar semua kunci kesuksesan sebelumnya: perencanaan, kerja keras, ketekunan, dll.

Tetapi hari ini kita akan melihat fakta bahwa ada satu faktor yang kemungkinan besar bisa menghancurkan kesuksesan Anda, yaitu, siapa orang-orang yang mengelilingi Anda.

“Anda adalah rata-rata dari lima orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama Anda.” – Jim Rohn

Ingin Menjadi Luar Biasa Prima? Kelilingi Diri Anda dengan Orang Luar Biasa Prima!

Daftar Buat Teman atau Daftar Hancurkan Teman

Seorang teman baik saya pernah bercerita tentang seorang lelaki yang dikenalnya, yang membawa dirinya menuju kekayaan. Menjalani hidup dari gaji ke gaji adalah kemewahan bagi pria ini, akhirnya dia memutuskan bahwa dia lelah terjebak oleh hidupnya sendiri. Lelaki malang itu memandang ke sekeliling teman-temannya, dan memperhatikan bahwa salah satu dari mereka – yang tidak terlalu pintar atau lebih berbakat – telah menjadi orang sangat kaya. Dia bertanya kepada orang ini, bagaimana dia mendapatkan kekayaan ini, bagaimana dia bisa menjadi seorang milyuner. Tanggapan pria kaya itu sederhana: “pertahankan hubungan baik yang memberdayakan secara tepat.”

Pria itu menaruh nasihat tsb di dalam hati. Dia dengan cepat memperhatikan bahwa semua teman lain, yang benci kerja keras dan tidak punya keinginan untuk memperbaiki diri. Jadi, dia mencari teman baru, dia pergi ke beragam komunitas dan seminar, untuk berhubungan dengan orang-orang yang telah membuat sesuatu dari diri mereka sendiri. Setelah dia benar-benar menggantikan orang-orang lama di jaringannya, dia memutuskan untuk membuat daftar teman baru. Daftar ini sederhana, ada kolom berisi orang-orang yang akan meningkatkan hidupnya, dan kolom untuk orang-orang yang akan menyeretnya ke bawah.

Jika seseorang dapat memperbaiki hidupnya, ia menghabiskan waktu sebanyak mungkin di sekitar mereka. Jika seseorang bisa menyeretnya ke bawah, dia tidak pernah menghabiskan lebih dari lima menit di sekitar mereka. Setelah mengikuti daftar “buat atau hancurkan” ini, pria itu bisa menjadi milyuner dalam waktu tiga tahun.

Tidak ada yang melakukannya sendiri

Aturan lima menit itu mungkin sedikit ekstrem, tetapi ada pelajaran penting untuk dipelajari darinya: jika Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif yang membangun Anda, langit adalah batasnya.

Sekarang, jangan salah paham, kesuksesan memang membutuhkan tekad dan usaha pribadi yang luar biasa prima. Namun, kesuksesan juga tergantung pada kemampuan untuk terhubung dengan orang-orang yang sudah berhasil.

Pernah ada seorang pria bernama Ernest Hemingway. Ia adalah salah satu penulis Amerika terbesar sepanjang masa. Bahkan penulis hebat seperti Hemingway tidak berhasil sendiri. Dia bekerja di sebuah surat kabar di mana bosnya – seorang penulis bernama Sherwood Anderson – membantunya menerbitkan novel pertamanya. Hemingway kemudian terhubung dengan penulis tanpa nama lain seperti F. Scott Fitzgerald, Virginia Woolf, dan James Joyce.

Komunitas penulis hebat ini membantu memengaruhi gayanya, kesuksesan, dan mendorongnya untuk menulis setiap hari dan menjadi salah satu penulis terhebat di generasinya.

Hemingway adalah bukti fakta bahwa bakat bawaan saja tidak sama dengan kesuksesan. Sulit untuk menjaga jadwal yang ketat untuk menyempurnakan kerajinan Anda atau meningkatkan diri Anda, jika Anda tidak memiliki orang di sekitar Anda dengan minat yang sama. Jaringan Anda – lima orang utama Anda – akan menentukan cara Anda berpikir, cara Anda bertindak, dan cara Anda mendekati tujuan hidup Anda.

Tiga Orang Esensial

Seorang mentor pernah mengatakan kepada saya bahwa tidak peduli berapa banyak orang dekat yang Anda miliki di jaringan Anda, jika Anda ingin benar-benar hebat, Anda harus memiliki tiga orang penting dalam hidup Anda setiap saat:

  • Seseorang yang lebih tua dan lebih sukses daripada Anda untuk belajar.
  • Seseorang yang setara dengan Anda untuk bertukar ide.
  • Seseorang di bawah Anda untuk melatih dan membuat Anda tetap bersemangat.

Sosok besar sejarah yang mewujudkan prinsip ini adalah Aristoteles. Aristoteles adalah salah satu pemikir terhebat yang pernah menghiasi Bumi indah ini, tetapi ini hanya terjadi karena ia terus-menerus menantang dirinya sendiri dan berupaya memperbaiki bakatnya. Dia bertukar ide dengan filsuf Yunani lainnya, belajar dari mentornya Plato, dan mengajar seorang anak muda bernama Alexander … yang kemudian menjadi “Alexander Agung.”

Setiap orang hebat adalah, sedang, atau akan sukses karena menjaga hubungan baik yang memberdayakan. Mereka akan membuat dampak karena jaringan yang sukses dari rekan sejawat, yang digerakkan, yang memberikan inspirasi dan kompetisi secara sehat.

Jika Anda ingin menjadi luar biasa prima, Anda harus terus-menerus menantang diri sendiri, dan mengelilingi diri Anda dengan orang-orang luar biasa prima. Jadi, pikirkan tentang apa tujuan Anda, dan lihatlah sekeliling Anda. Apakah Anda perlu menulis daftar “buat atau hancurkan”?

Apakah Anda memiliki tipe orang yang akan membimbing Anda untuk menjalani kehidupan impian Anda?

Berusahalah menjadi lebih baik. Berusaha keras untuk menjadi lebih hebat. Berusaha keras untuk menjadi luar biasa prima.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (169 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *