1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (233 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 18 November, 2012 - 10:00 PM

Pastikan TITIK PIJAKAN Anda

Kemana Anda ingin pergi? Apa yang menuntun Anda untuk tiba di sana? Mengapa Anda ingin tiba di sana? Ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda jawab dengan sejujurnya. Jawaban atas pertanyaan tersebut akan menciptakan identitas Anda, jati diri yang terbangun dari impian-impian Anda. Ini adalah tentang kesepakatan diri Anda, bagaimana Anda bergerak meraih impian Anda berdasarkan identitas diri atau jati diri Anda yang sesungguhnya.

Anda memilih merancang prinsip-prinsip bagi keberhasilan Anda. Oleh sebab itu, Anda harus sudah memastikan di mana TITIK PIJAKAN Anda. Pada dasarnya, prinsip-prinsip yang kita bangun untuk meraih keberhasilan kita adalah bermuara pada 2 hal, yaitu: FOKUS dan KONTEKS. Dari sini, prinsip-prinsip itu membentuk sebuah rangkaian yang sangat kuat, terkait satu sama lain, terdiri dari 3 komponen utama, yaitu: Visi, Nilai, dan Tujuan.

Berdasarkan ketiga komponen utama tersebut, Anda harus menjawabnya, sesuai dengan impian sukses Anda, sebagai berikut:

  • Menuju ke manakah Anda (visi atau gambaran masa depan, atau hasil yang Anda harapkan)?
  • Apa yang Anda percayai (nilai-nilai, atau prinsip-prinsip yang menuntun Anda)?
  • Mengapa Anda ada (alasan Anda ada, misi, atau tujuan)?

Pertanyaan tersebut terlihat sederhana, namun untuk menjawabnya, Anda butuh TITIK PIJAKAN yang tepat, titik pijakan yang berawal dari kekuatan impian Anda sendiri. Titik Pijakan inilah yang harus benar-benar Anda kuatkan, agar ketika Anda berpijak kepadanya, titik pijakan Anda tidak ambrol, runtuh, yang dapat mengakibatkan kegagalan Anda.

Kekuatan Anda terhadap FOKUS dan KONTEKS yang Anda miliki, juga menentukan jiwa kepemimpinan Anda dalam upaya meraih tujuan Anda. Karakter kepemimpinan Anda, sangat ditentukan oleh kekuatan Fokus dan Konteks di dalam diri Anda. Coba lihatlah orang-orang yang berhasil dalam kehidupannya, sukses dan bahagia menjalani hidupnya; karakter apa yang mereka miliki? Mereka tidak menunggu kesempatan datang menghampirinya, mereka melakukan dan membuat sesuatu terjadi.

Mereka tidak mengikuti kebanyakan orang, mereka menentukan jalannya sendiri. Mereka tidak menunggu untuk diberitahu apa yang harus dilakukan, mereka melakukan apa yang perlu dilakukan. Mereka memiliki tujuan dan tenang, tidak tergesa-gesa. Mereka yang berkarakter ini, mampu menanamkan rasa percaya dan kredibilitas dengan tetap berjalan secara benar, sesuai inti dari nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang dianutnya. Dan, orang-orang merespons sikap mereka ini karena dapat melihat dengan jelas, prinsip-prinsip yang mendasarinya.

Jika Anda memiliki jiwa kepemimpinan yang dibentuk oleh Fokus dan Konteks yang kuat di dalam diri Anda, maka Anda akan selalu menginspirasi orang lain, untuk bergerak maju dengan tindakan yang memiliki tujuan. Anda akan mendapatkan orang-orang yang tertarik dengan visi Anda dan bergabung dengan Anda. Sebaliknya, Anda juga dapat menghindari orang-orang yang tidak cocok dengan visi, nilai-nilai, dan tujuan Anda, hingga mereka cepat berbalik dan pergi menjauh dari Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (233 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *