1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (166 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 November, 2012 - 10:30 AM

11 Langkah Menyiapkan Waktu untuk Mencapai Tujuan

Salah satu tantangan terbesar dalam usaha mencapai tujuan adalah kita cenderung menunda sampai besok, atau minggu depan, demi masalah yang lebih mendesak di tempat kerja maupun rumah. Alasan semacam inilah, yang membuat kita tidak pernah mencapai tujuan kita.

Jika Anda ingin mencapai tujuan, Anda harus segera memulainya hari ini, bukan menundanya hingga esok hari. Temukan waktu untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan, meskipun tentu saja ada masalah; karena kita semua menjalani kehidupan yang sibuk dan rumit, dan ketika punya waktu, kita terlalu lelah untuk melakukan apa pun yang membutuhkan energi atau pikiran.

Jadi, bagaimana Anda menemukan waktu untuk tujuan Anda? Bagaimana cara Anda merancang waktu dengan jujur? Saya bahkan tidak yakin harus mulai dari mana dengan tujuan saya sendiri, karena saya sudah merasa harus mengorbankan sesuatu yang penting untuk saya.

Saya tidak akan bisa memberikan jawaban yang mudah, bagaimana Anda secara mudah dapat merancang waktu untuk mencapai tujuan Anda. Butuh kerja keras, butuh komitmen, butuh motivasi, yang itu harus bisa dilakukan, tanpa ragu sedikit pun. Saya sudah melakukannya, saya menemukan waktu untuk rutin berolahraga, bekerja untuk menghilangkan hutang saya, untuk makan yang lebih sehat, untuk menjadi terorganisir, untuk bangun lebih awal, untuk mengajak anak dan istri saya jalan-jalan rekreasi, dan masih banyak lainnya.

Di bawah ini ada serangkaian langkah yang bisa membantu Anda dalam menyiapkan waktu untuk mencapai tujuan Anda.

1. Satu tujuan pada satu waktu.

Seringkali masalahnya adalah kita mencoba mengambil terlalu banyak tujuan sekaligus. Kita memiliki daftar hal-hal yang ingin dicapai, mulai dari berkebun hingga menjadi sehat bugar. Itu memang tampak luar biasa, dan itulah sebabnya kita tidak pernah memulai. Karena sangat sulit untuk mempertahankan fokus dan energi (dua bahan utama dalam mencapai tujuan) untuk melakukan terlalu banyak tujuan sekaligus. Bahkan dua tujuan sekaligus akan sulit, jika Anda belum menjalankan autopilot untuk salah satu tujuan itu. Untuk saat ini, fokuslah pada satu tujuan pada satu waktu. Setelah itu menjadi autopilot, Anda dapat ke tujuan berikutnya. Lakukan setidaknya satu bulan per sasaran.

2. Pastikan Anda benar-benar menginginkannya.

Tidak cukup hanya mengatakan, “Menyenangkan melakukan yoga setiap pagi” atau “Asyik selalu meditasi di pagi dan malam hari”. Itu harus menjadi sesuatu yang Anda inginkan. Tanyakan kepada diri sendiri mengapa Anda ingin mencapai tujuan ini, dan seberapa besar Anda menginginkannya. Cari tahu motivasi Anda. Itu penting untuk dilakukan sejak dini, atau Anda tidak akan bisa meluangkan waktu untuk itu.

3. Jadikan prioritas utama Anda.

Kita semua memiliki banyak hal untuk menjadi fokus dalam kehidupan kita, dari sekolah atau pekerjaan hingga keluarga, dan tugas lainnya ke berbagai tujuan. Jika kita meletakkan semua fokus ini dalam Satu Tujuan, maka kita tidak akan pernah menemukan waktu untuk mencapai tujuan. Ada begitu banyak waktu dalam sehari. Pada titik tertentu, kita harus memprioritaskan satu tujuan, dan menjadikannya sebagai prioritas utama, sehingga kita bisa menyediakan waktu.

4. Kurangi komitmen tidak penting Anda.

Saya suka sekali menyederhanakan hidup, simply life bagibsaya itu menyenangkan. Salah satu hal pertama yang saya lakukan ketika menyederhanakan adalah membuat daftar pendek dari 4-5 hal yang paling penting, yang saya ingin meluangkan waktu, dan saya bersukacita dengan hal itu. Hanya untuk memberi Anda contoh, hal-hal utama saya menghabiskan waktu bersama keluarga saya, menulis, membaca, dan berolahraga. Segala sesuatu yang lain tidak penting.

Setelah Anda membuat daftar pendek, Anda harus mengurangi beberapa komitmen yang tidak penting. Misalnya, apakah menjadi anggota klub Harley-Davidson tidak lagi membawakan Anda kesenangan dan kepuasan? Anda bisa mengundurkan diri. Jika Anda mengurangi setidaknya beberapa komitmen, Anda sekarang akan memiliki ruang dalam hidup Anda untuk hal-hal yang ingin Anda lakukan, termasuk tujuan pribadi Anda.

5. Buatlah secara sederhana.

Penting untuk membuat tujuan Anda tidak terlalu rumit. Anda tidak ingin memiliki banyak hal yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan Anda. Anda akan kewalahan. Fokuslah pada sub-tujuan yang lebih kecil yang akan menuntun Anda ke tujuan yang lebih besar. Jika Anda memiliki tujuan berinvestasi untuk masa pensiun, misalnya, buatlah tujuan pertama Anda hanya untuk mengetahui apa yang perlu Anda ketahui tentang berinvestasi.

Buat tujuan kedua Anda untuk membuka akun yang diperlukan dan mentransfer uang. Maka jadikan tujuan Anda untuk memiliki kontribusi reguler dan otomatis. Pendekatan lain adalah fokus dulu pada menciptakan kebiasaan yang akan membawa Anda ke tujuan Anda. Jika tujuan Anda semakin bugar, misalnya, fokuslah untuk membentuk kebiasaan berjalan setiap hari (atau berlari, atau bersepeda, atau apa pun). Setelah Anda membentuk kebiasaan itu, fokuslah hanya minum air putih. Kemudian makan buah-buahan dan sayuran, bukannya camilan. Dan seterusnya, sampai Anda mencapai tujuan Anda.

6. Tetap fokus.

Salah satu hal paling sulit untuk mencapai tujuan adalah mempertahankan fokus Anda pada tujuan itu. Sangat mudah untuk terobsesi dengan sesuatu yang lain, dan membuat kita kehilangan fokus, lalu tiba-tiba kita berhenti menyediakan waktu untuk tujuan. Cari cara untuk mempertahankan fokus itu, misalnya letakkan poster di dinding Anda, atau di kulkas Anda, atau jadikan tujuan Anda gambar desktop komputer Anda, intinya letakkan pengingat itu agar mudah Anda lihat setiap saat. Bisa juga membuat pengingat harian kepada diri Anda di program smartphone Anda. Atau Anda ceritakan langsung kepada orang lain tentang hal itu, atau lewat blog Anda, dan minta mereka menanyakannya setiap hari.

7. Blokir waktu.

Ini adalah langkah penting. Mungkin ini harus menjadi nomor 1 dalam serangkaian langkah ini. Tetapi saya merasa penting untuk meletakkan fondasi dengan langkah-langkah di atas terlebih dahulu. Dan begitu Anda sudah meletakkan fondasi itu, Anda benar-benar harus memblokir waktu untuk bekerja pada tujuan Anda.

Apa pun waktu Anda, entah di pagi hari, makan siang, sore hari, tepat setelah bekerja, atau di larut malam; cobalah jadwalkan waktu ketika Anda tidak akan terganggu oleh permintaan “mendesak” lainnya (rapat, panggilan telepon, anak-anak, dll.), dan ketika Anda memiliki energi yang baik. Anda harus menemukan blok waktu yang tepat. Tentukan tidak kurang dari 30 menit, meskipun sebenarnya satu jam jauh lebih baik. Dua jam tidak layak untuk kebanyakan orang, tetapi jadwal Anda mungkin berbeda.

8. Jadikan itu sebagai janji terpenting Anda.

Blok waktu yang baru saja Anda jadwalkan harus diberikan prioritas tertinggi. Ada janji yang kita anggap serius, seperti pertemuan penting, oleh karena itu kita akan melakukan segalanya untuk memastikan bahwa kita sudah membuat janji dan tidak terlambat untuk itu. Jadikan blok waktu pada jadwal Anda menjadi sakral, dan jangan pernah dilanggar.

9. Tunjukkan bahwa Anda serius.

Miliki komitmen penuh. Ceritakan kepada sebanyak mungkin orang tentang tujuan Anda, dan jadwal waktu yang sakral. Tuliskan tujuan Anda secara spesifik. Jika Anda tidak dapat menuliskannya, artinya Anda tidak serius. Tuliskan rencana, dengan tanggal dan tindakan. Pikirkan hambatan, dan tulis strategi Anda untuk mengatasinya. Rencana itu menunjukkan Anda serius.

10. Temukan pemboros waktu Anda.

Dalam kehidupan setiap orang, ada hal-hal yang dapat dengan mudah dihapus tanpa membuat banyak perbedaan. Hal-hal yang menghabiskan waktu kita tanpa memberi kita banyak manfaat, seperti TV, permainan video, hal-hal menyenangkan online, pergi ke mall, dll.Jika dapat mengidentifikasi pemboros waktu tersebut, Anda dapat meluangkan waktu untuk mengerjakan tujuan Anda. Ingat, jika itu tidak ada dalam daftar pendek Anda (lihat nomor 4 di atas), Anda dapat menghilangkannya.

11. Jadikan itu bagian dari rutinitas harian atau mingguan Anda.

Ini penting untuk menjaga tujuan berjalan dalam jangka waktu lama. Jika ini adalah tujuan yang dapat Anda selesaikan dalam seminggu, Anda tidak perlu melakukan langkah ini. Tetapi tujuan yang paling berharga adalah tujuan yang membutuhkan waktu untuk dicapai, dan Anda harus menjadikannya bagian dari rutinitas Anda. Beberapa tujuan perlu dilakukan setiap hari, misalnya olahraga. Temukan waktu dalam rutinitas harian Anda di mana Anda akan selalu melakukan kegiatan ini. Taruh segera setelah sesuatu yang sudah tertanam kuat dalam rutinitas Anda – katakanlah, mandi atau menyikat gigi, atau tiba di awal waktu di tempat kerja, sehingga Anda tidak akan lupa untuk melakukannya. Untuk kegiatan tujuan lainnya, jadwal mingguan akan lebih baik – misalnya, melakukan setoran tabungan atau pembayaran utang mingguan, atau kelas yoga mingguan – taruh ini di kalender Anda dan kirimkan pengingat kepada Anda sehingga Anda tidak melupakannya.

Rintangan adalah hal-hal menakutkan, yang kamu lihat ketika mengalihkan pandangan dari tujuanmu.” – Henry Ford

Ingatlah selalu, fokus Anda akan menentukan realitas Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (166 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *