1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (185 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 28 October, 2014 - 5:00 AM

3 Cara Sederhana Menjadi Negosiator Hebat

Pada kenyataannya, kita semua senantiasa melakukan negosiasi dalam kehidupan pribadi, maupun profesional kita, tetapi banyak dari kita masih belum memahaminya, oleh sebab itu, kita harus mau selalu belajar dan berjuang dengan kemampuan negosiasi itu.

Andreas von der Heydt, seorang pelatih eksekutif dan manajer Amazon BuyVIP, memberikan 3 tips sederhana untuk menjadi negosiator yang lebih baik.

1. Tetap berpikiran terbuka.

Negosiator yang paling sukses cenderung melihat setiap aspek dari kesepakatan dari berbagai perspektif, kata von der Heydt. Dengan begitu, Anda jauh lebih siap untuk setiap hasil potensial.

2. Bersiap untuk bertempur.

Bersiap untuk negosiasi yang sulit, termasuk mengidentifikasi target dan strategi Anda; menentukan tujuan, strategi potensial, dan motivasi lawan Anda; dan menjadi jelas tentang pilihan alternatif Anda, dan posisi mundur, juga dikenal sebagai BATNA (Best Alternative To Negotiated Agreement) – Alternatif Terbaik Untuk Perjanjian Negosiasi.

3. Ketahuilah apa bagi Anda yang rela menyerah.

Akhirnya, von der Heydt berkata, untuk menjadi negosiator yang lebih baik, Anda harus bersedia menjadi yang pertama untuk menyerah sedikit. Sebagian besar orang takut hal ini akan membuat mereka gagal. Tetapi sebenarnya ini merupakan peluang besar untuk menciptakan lapisan kepercayaan tambahan, dan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik dari kesepakatan nanti. Taktik ini hanya akan berhasil, jika Anda menyerah pada sesuatu yang lebih penting bagi rekan negosiasi Anda, dan sedikit biaya untuk Anda.

Tentu saja, setiap kali Anda menyerah, Anda juga harus mendapatkan sesuatu sebagai balasannya. “Setiap konsesi yang Anda buat, harus melibatkan pertukaran semacam itu,” kata von der Heydt.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (185 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *