1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (231 votes, average: 4.98 out of 5)

Loading...

Published on: 28 November, 2014 - 8:00 PM

Pentingnya Menjaga Semangat Kewirausahaan

Di dalam dunia bisnis, beberapa tipe kepribadian yang berbeda diperlukan untuk membentuk lingkungan kerja yang menyenangkan dan berfungsi penuh. Seorang wirausaha yang mewujudkan impian mereka untuk menciptakan, dan memulai pengembangan bisnis baru, ada alasan kuat untuk perusahaannya, di semua ukuran dan tipe, harus sanggup mendorong semangat kewirausahaan di semua karyawannya. Mengapa?

Memiliki semangat kewirausahaan berarti lebih dari sekedar ingin memulai bisnis sendiri; itu berarti memegang nilai-nilai seperti kreativitas, semangat, dan inovasi pada tingkat yang lebih tinggi dari keuntungan, stabilitas, dan kepastian. Mungkin ini adalah sifat-sifat yang Anda kenali dalam diri Anda atau kolega Anda. Ini adalah beberapa karakteristik yang diperlukan untuk keberhasilan usaha dan untuk mencapai pemenuhan pribadi dari karier Anda.

Nilai Kreativitas dan Motivasi di Tempat Kerja

Semua orang mengharapkan departemen pemasaran menjadi kreatif, dan memperluas harapan itu kepada seluruh karyawan Anda, dapat menguntungkan bisnis Anda. Kemampuan Anda memotivasi karyawan untuk berpikir out of the box, dan membagikan ide-ide mereka, itu akan membuka sumber daya Anda, menyertakan semua orang mulai dari manajer hingga karyawan magang. Dan, memungkinkan karyawan untuk menyuarakan pendapat dan perspektif unik, akan membuktikan Anda menghargai masukan mereka dan meningkatkan moralitas di perusahaan Anda.

Jika perusahaan Anda telah melampaui fase awal, Anda mungkin berpikir bahwa konsep ini sudah tidak berlaku, karena bisnis Anda sudah mapan dalam prosedur korporasinya; namun perlu diingat, bahwa perusahaan di level apa pun, tetap perlu mempromosikan budaya wirausaha internal! Ketika perusahaan sudah bertumbuh, itu tidak berarti Anda harus melupakan nilai-nilai inti, atau apa yang awalnya direpresentasikan oleh merek Anda saat baru memulai bisnis.

Bahkan perusahaan menengah atau besar dapat mengambil manfaat dari pola pikir ini; bagian yang sulit adalah terus memotivasi, dan menginspirasi kreativitas di antara karyawan secara individu ketika bisnis tumbuh.

Cara Memulai Motivasi Karyawan

Karyawan Anda tidak perlu menjadi wirausaha untuk memiliki semangat wirausaha, kerja keras dan inovasi. Beberapa orang ada yang secara alami cenderung berpikir lebih kreatif dan mencoba hal-hal baru. Tetapi bagaimana Anda dapat menumbuhkan gairah semacam ini pada karyawan Anda secara keseluruhan?

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk membuat tim Anda bersemangat:

1. Mendorong Input:
Jelaskan kepada karyawan bahwa ide-ide baru selalu diterima dan umpan balik dihargai dari semua departemen. Mengakui inovator secara positif, bahkan meskipun konsep mereka tidak berhasil melewati sesi brainstorming. Perusahaan dapat terjebak dalam kebiasaan lama, melakukan hal-hal dengan cara yang sama, ketika ada pilihan baru yang lebih efisien.

2. Perkenalkan Budaya “Tanpa Salahkan”:
Salah satu cara untuk mendorong semangat wirausaha adalah dengan mengadopsi budaya “tidak menyalahkan individu”. Cara yang lebih bermanfaat untuk memastikan bahwa hasil yang tidak menguntungkan, tidak akan terulang adalah dengan menganalisis apa yang mengarah pada keputusan dan skenario penyebab kegagalannya. Menyalahkan karyawan secara langsung untuk setiap kekurangan dan kegagalan adalah cara pasti untuk mencegah inovasi dan kreativitas.

3. Berikan Umpan Balik Secara Teratur:
Umpan balik adalah kunci untuk membantu karyawan menyadari nilai posisi mereka dalam perusahaan. Jika karyawan tidak pernah diakui atas upaya mereka, akhirnya mereka bisa bersikap apatis, yang pada gilirannya akan memengaruhi kualitas pekerjaan mereka. Bahkan komentar dan umpan balik pendek bisa mengingatkan karyawan bahwa mereka adalah anggota tim yang diakui, dan ini akan memunculkan kepositifan, kepercayaan diri, dan etos kerja yang kuat.

Menyalakan Kembali Gairah yang Hilang

Memulai atau mengambil alih bisnis baru memiliki beberapa persamaan untuk memulai hubungan baru: setiap orang memulai dengan semangat dan optimisme yang kuat, tetapi hanya sedikit atau bahkan tidak ada gagasan tentang tantangan yang akan muncul dalam jangka panjang. Seiring berjalannya waktu, menjalankan sebuah perusahaan secara terencana, akan menggantikan impian menjadi bisnis yang sangat sukses. Ketika keadaan menjadi sulit, Anda perlu memotivasi karyawan Anda untuk tetap bersemangat, dan Anda juga perlu menyalakan kembali motivasi dan gairah yang mungkin mulai berkurang dalam diri Anda.

Pemimpin yang bersemangat akan melakukan lebih banyak hal untuk menginspirasi karyawan daripada kebijakan perusahaan mana pun. Jika Anda berjuang untuk menghidupkan kembali semangat kewirausahaan Anda sendiri, renungkan alasan awal Anda memilih untuk memulai bisnis; fokus pada aspek positif menjadi seorang pemimpin, memiliki kemampuan untuk memengaruhi dan menginspirasi seluruh karyawan Anda. Setelah Anda menginspirasi diri sendiri, dan menerima bahwa Anda akan selalu menjadi wirausaha, Anda akan menemukan bahwa karyawan lebih mudah menerima pengaruh dan inisiatif motivasi Anda.

Penting diketahui bahwa memotivasi dan menantang karyawan Anda untuk berpikir kreatif memiliki pengaruh positif pada keberhasilan bisnis Anda. Pekerja yang terinspirasi akan selalu melakukan pekerjaan yang lebih baik daripada mereka yang bosan, tidak bersemangat, atau tidak pernah benar-benar tertarik dengan bisnis. Ingatlah bahwa semangat kewirausahaan dalam diri karyawan, dapat menjadikan karyawan hebat, jika Anda memberi mereka alat yang tepat, memungkinkan mereka menampilkan kreativitas dan kepribadian mereka.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (231 votes, average: 4.98 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *