1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (198 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 June, 2015 - 10:00 AM

4 Langkah Meningkatkan Karisma Anda

Apakah Anda pernah merasakan ketika bertemu dengan teman, kerabat, atau pun keluarga, dan merasa bagaimana beberapa orang begitu menyenangkan dalam pertemuan itu? Itulah yang dinamakan Karisma.

Saya tidak percaya bahwa orang terlahir dengan karisma. Jadi, tidak ada yang terlahir dengan karisma, itu adalah sesuatu yang bisa dipelajari. Kekuatan karisma, akan secara otomatis menjadikan seseorang lebih magnetis bagi orang lain. Anda pun bisa melatihnya, dan akan terlihat lebih dapat dipercaya, lebih loyal, lebih persuasif, sehingga memungkinkan Anda untuk membangun hubungan lebih dalam dan lebih kuat dengan orang-orang lain.

Ketika Anda memikirkan karisma, Anda mungkin berpikir untuk mencoba membuat diri Anda tampak luar biasa bagi orang lain. Tetapi rahasia dari karisma adalah bahwa ini bukan tentang menyuarakan kualitas baik Anda, tetapi membuat orang lain merasa senang dengan dirinya sendiri. Karisma nyata membuat orang lain merasa penting; ketika mereka selesai berinteraksi dengan Anda, mereka merasa lebih baik tentang diri mereka daripada sebelumnya.

Berikut 4 Langkah, yang dapat dilakukan untuk melatih pikiran Anda, guna meningkatkan karisma Anda, menjadi orang yang Anda inginkan dalam kehidupan ini.

1. Bangun dan Kembangkan Kehadiran Anda

Kehadiran dianggap sebagai aspek terpenting dan esensial yang berkontribusi pada karisma. Jika Anda pernah berada di area sekitar seseorang yang memiliki ‘kehadiran’, Anda akan tahu persis apa yang saya maksud, ketika Anda merasa tertarik pada orang itu, dan Anda merasa seolah-olah Anda dapat berbicara dengan mereka tentang apa saja.

Sebab itu, menjadi ‘hadir’ adalah penting untuk karisma. Berada di saat ini, berarti orang yang Anda ajak bicara memiliki perhatian penuh, dan pikiran Anda tidak berkeliaran tentang apa yang akan Anda lakukan di akhir pekan atau apa yang Anda makan malam nanti.

Hadir dan benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan orang lain di depan Anda, adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan orang lain serta memperluas wawasan dan pengetahuan Anda sendiri. Dengan menjadi ‘hadir, Anda akan membuat’ kehadiran ‘Anda sendiri. Namun, sangat penting bagi Anda untuk menemukan keseimbangan, karena memiliki terlalu banyak ‘kehadiran’ dapat menyebabkan ego dalam jumlah besar dan itu tidak diinginkan.

2. Bangun Kepercayaan Diri Anda

Aspek terpenting kedua dalam hal karisma adalah kepercayaan diri. Namun, ini juga dianggap sebagai salah satu sifat yang paling sulit dibangun. Semakin sedikit kepercayaan diri yang Anda miliki, semakin kurang daya karismatik Anda. Sebaliknya, terlalu banyak karisma, bisa jadi Anda akan dianggap sombong.

Namun, pada intinya, kepercayaan diri adalah tentang bagaimana perasaan Anda tentang diri sendiri. Dengan makan makanan sehat, berolahraga secara teratur dan mengenakan pakaian yang ingin Anda pakai, semuanya dapat berkontribusi pada bagaimana perasaan Anda tentang diri sendiri. Semakin Anda merasa nyaman, semakin percaya diri Anda. Hidup dengan tujuan juga akan menguatkan kepercayaan diri dan karisma. Ketika Anda tampaknya tidak memiliki misi atau faktor pendorong, untuk membangun percaya diri, Anda harus yakin bahwa Anda masih hidup untuk melakukan sesuatu.

3. Bicara Kebenaran

Saat ini, berkat platform seperti media sosial dan dorongan tak henti-hentinya untuk mengetahui tentang segalanya, kebenaran palsu terbukti dalam kehidupan kita sehari-hari. Banyak orang yang berbohong atau membesar-besarkan cerita, dan kita dapat memberi tahu orang lain bahwa itu tidak dapat dipercaya, namun tetap saja itu berlanjut.

Anda tahu bagaimana rasanya, ketika Anda tahu itu salah, dan orang lain tak menanggapinya. Namun, aspek penting dari karisma adalah mengakui ketika Anda tidak tahu sesuatu untuk melanjutkan percakapan. Menunjukkan keingintahuan pada apa yang seseorang katakan kepada Anda, mendengarkan apa yang mereka katakan, dan tidak memberi kesan bahwa Anda tahu segalanya tentang segala sesuatu, adalah salah satu cara terbaik untuk menunjukkan karisma Anda.

Bagaimana masyarakat saat ini, bertindak dengan cara kejujuran ini akan bisa mengejutkan orang-orang yang Anda ajak bicara. Itu bisa menjadi percakapan yang sangat sulit, untuk berbicara jujur kepada mereka. Namun ini dapat membantu Anda membangun hubungan yang lebih dalam dengan orang-orang, dan merupakan hal yang sangat karismatik untuk dilakukan.

Anda pun tidak harus bersikap kasar dan keras tentang hal kebenaran itu. Jika Anda berbicara tentang debat politik dan seseorang mengutip angka, tanyakan saja secara bijak kepada mereka di mana mereka mendengar atau membaca fakta itu sebagai bukti.

4. Kuasai Seni Berbicara

Singkatnya, setiap orang yang karismatik tahu cara memiliki dan mengadakan percakapan. Mereka dapat memulai percakapan dengan siapa pun, mengarahkannya ke segala arah dan, yang paling penting, dapat membuat orang lain dalam percakapan merasa nyaman.

Ini adalah pedoman dasar untuk melakukan percakapan yang benar, dan itu memerlukan latihan jika Anda belum memilikinya. Jika Anda tidak tahu cara memulai percakapan, jadilah kreatif. Coba pikirkan pada diri sendiri, apa yang ingin dan tidak ingin Anda bicarakan. Jika ada sesuatu yang membuat Anda merasa tidak nyaman, itu mungkin akan membuat orang lain pun merasa tidak nyaman. Adalah jauh lebih mudah untuk memulai percakapan dengan bersikap baik, daripada mencoba terdengar brilian. Dan, bersikap baik itu juga pendongkrak karisma yang hebat.

Jika berbicara dengan orang asing benar-benar membuat Anda takut, satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah langsung saja masuk ke dalam percakapan. Dan Anda akan menyadari bahwa Anda tidak rugi dan bisa mendapatkan pengalaman percakapan yang akan meningkat secara instan. Anda akan bisa menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, hingga Anda menguasai seni berbicara sepenuhnya.

Tentu saja, cara terbaik untuk memulai percakapan adalah dengan bersikap baik, daripada mencoba membanjiri orang lain dengan informasi atau pamer. Hindari keheningan yang canggung, lakukan kontak mata, dan Anda akan langsung melihat hasilnya di setiap percakapan yang Anda lakukan.

Anda memiliki kemampuan untuk lebih disukai dan karismatik. Dan perubahan yang Anda perlu lakukan dalam prosesnya, tidaklah sebesar yang terlihat. Hadir, percaya diri, perlahan-lahan dan pasti, akan menjadi perilaku Anda. Lalu saksikan, saat Anda telah membentuk persepsi orang lain tentang diri Anda yang karismatik.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (198 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *