1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (204 votes, average: 4.98 out of 5)

Loading...

Published on: 20 August, 2015 - 7:00 AM

7 Cara Cerdas dan Efektif Mengelola Uang

Apa yang Anda ketahui tentang pengelolaan uang, seringkali berasal dari pengalaman Anda, saran dari teman, orang tua, dan pasangan Anda, atau pencarian acak di Internet. Sumber-sumber informasi ini kadang-kadang tidak dapat diandalkan, dan dapat menyebabkan keterampilan manajemen uang yang buruk. Dalam artikel ini, akan saya tunjukkan 7 Tips tentang cara mengelola uang secara efektif dan cerdas.

1. Ubah cara Anda berpikir tentang uang

Beberapa orang sering memperumit masalah moneter dan menjadi stres tentang menghasilkan uang, waspada terhadap ambisi, dan merasa benci terhadap unsur-unsur materi, sementara itu sangat menghargai yang berunsur spiritual. Mereka ini sering menghindari berbicara tentang uang hanya karena mereka tidak dapat mengendalikannya. Mereka sering mengatakan tidak peduli, namun itu hanyalah cara untuk menyembunyikan tekanan dan ketakutan mereka, ketika mereka tidak dapat memperoleh apa yang mereka inginkan.

Untuk mengendalikan situasi keuangan Anda, Anda harus memahami perasaan Anda terlebih dahulu. Tana Gildea, penulis “The Graduate’s Guide to Money” – memberitahu Anda untuk bertanya pada diri sendiri bagaimana perasaan Anda tentang uang, dan apakah Anda pandai menghasilkan, menabung, dan mengelola uang Anda. Jika Anda merasa tidak enak, maka Anda tidak bisa melakukannya dengan baik. Jangan bergantung pada uang atau merasa bersalah ketika memikirkannya. Percayalah bahwa Anda dapat mengontrol anggaran Anda dan senang dengannya.

“Ini bukan berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tetapi berapa banyak uang yang Anda simpan, seberapa keras itu bekerja untuk Anda, dan berapa generasi yang Anda simpan untuk itu.” – Robert Kiyosaki

2. Ubah cara Anda berbicara tentang uang

Orang sering berpikir bahwa membicarakan uang kepada orang lain adalah tidak sopan, jadi mereka menyimpannya di dalam hati, dan membuat mereka stres. Itu menyebabkan frustrasi dan dapat menyebabkan banyak kontradiksi lainnya. Sebuah survey menyebutkan bahwa sebagian besar pasangan hanya berbicara tentang uang ketika ada krisis. Berbicara tentang uang itu sulit, tetapi itu adalah keharusan. Kejelasan finansial adalah cara yang baik untuk mengelola keuangan pribadi, dan menciptakan hubungan yang baik.

3. Ubah cara Anda menghabiskan uang

Agar hidup dengan baik, cobalah untuk menghabiskan uang sedikit di bawah kemampuan Anda, dan mengubah gaya hidup Anda agar sesuai dengan penghasilan Anda. Ini adalah kunci dan cara terpenting untuk mengelola uang Anda dengan benar. Anda harus menyesuaikan pengeluaran tidak masuk akal, untuk menghemat lebih banyak uang, untuk tujuan yang bermakna seperti bepergian atau membeli rumah. Anda juga dapat mengelola akun Anda dengan bantuan aplikasi seluler, notebook, atau orang yang pandai mengelola uang.

4. Rencanakan anggaran dana Anda

Anda dapat menyesuaikan anggaran secara ketat, di mana Anda harus mengorbankan kenyamanan Anda dan mengabaikan kesenangan khusus Anda. Namun, ini bukan cara yang baik sama sekali, itu hanya membuat Anda menjadi bom waktu, dan Anda dapat memutuskan untuk menghabiskan semua uang Anda sekaligus. Sebaliknya, Anda disarankan untuk memiliki anggaran yang seimbang, seperti halnya Anda mengikuti diet seimbang, karena pengelolaan uang harus menjadi gaya hidup, bukan solusi sementara.

Anda harus berkomitmen untuk tetap pada anggaran sampai Anda melihat hasilnya. Cara terbaik untuk mencapainya adalah dengan membuat rencana tahunan yang mencakup biaya tetap Anda seperti sewa dan pembayaran mobil, biaya musiman Anda seperti hadiah liburan dan biaya tambahan Anda seperti makan di luar dan membeli pakaian.  Kerjakan semua hal ini dalam proyeksi 12 bulan dan ikuti.

Jika Anda menemukan kekurangan dalam rencana atau perubahan arus kas, Anda dapat memodifikasinya. Kalau tidak, cobalah untuk tetap dengan itu. Pertimbangkan untuk menggunakan perangkat lunak atau aplikasi penganggaran untuk membantu Anda. Jika Anda mendisiplinkan diri sendiri, Anda akan terkejut ketika hutang akan terbayar, tabungan tumbuh dan kebutuhan Anda terpenuhi.

5. Belanjakan uang secara cerdas

Tentukan apakah satu hal penting bagi Anda atau tidak, sebelum menghabiskan sejumlah uang untuk itu. Pastikan Anda memiliki rencana untuk itu, dan itu adalah salah satu prioritas Anda. Jika Anda ingin menyewa apartemen dengan pemandangan indah dan menciptakan ruang santai di rumah, itu berarti Anda memutuskan untuk menginvestasikan pendapatan bulanan Anda di ruang tamu. Jika Anda sering bepergian, belanjakan uang Anda untuk barang-barang bepergian, dan bukan furnitur mahal. Cara cerdas lain adalah dengan membagi akun Anda menjadi dua bagian, satu untuk kebutuhan penting Anda, dan yang lain untuk kesenangan Anda. Dengan demikian, akan lebih mudah mengelola keuangan Anda setelah melakukan ini.

6. Menyimpan uang secara cerdas

Tidak harus menyimpan sebanyak mungkin, tetapi tetapkan tujuan keuangan Anda berdasarkan konteks tertentu, untuk mengetahui seberapa banyak Anda harus menabung, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapainya. Semakin jelas Anda mendefinisikan tujuan, semakin banyak motivasi yang harus Anda sadari.

7. Menabung untuk pensiun

Agar hidup dengan baik ketika pensiun, Anda perlu menabung dari 15% hingga 20% dari penghasilan Anda (bahkan lebih dari 20% jika Anda dapat menghasilkan banyak uang). Sayangnya, tidak banyak orang yang dapat melakukannya. Pada awalnya, mungkin sulit untuk menghemat hingga 15% dari penghasilan Anda, tetapi jika jumlah uang ini dikurangi secara otomatis dari penghasilan Anda, dan langsung ditransfer ke dalam rekening pensiun, itu jauh lebih mudah. Jumlah uang di rekening pensiun ini akan memberi Anda keuntungan di kemudian hari. Oleh karena itu, jika Anda berada di puncak karir Anda dan dapat menghasilkan banyak uang, jangan lupa untuk menabung sebagian untuk masa pensiun Anda.

Perencanaan pribadi yang sukses tergantung pada akal sehat. Itu berarti mendaftarkan prioritas Anda dalam hidup dan menggunakan strategi keuangan untuk membawa Anda ke sana.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (204 votes, average: 4.98 out of 5)

Loading...

«
»

1 thought on “7 Cara Cerdas dan Efektif Mengelola Uang”

  1. Pingback: Keeley Alvis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *