1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (261 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 02 September, 2015 - 6:30 AM

9 Cara Mendorong Kepemimpinan Sejak Usia Muda

Menjadi dewasa memang sebuah perjalanan yang sulit. Mendapatkan pekerjaan, membayar tagihan, menikah, punya anak, pensiun; daftarnya tidak kan pernah berakhir. Namun, seiring bertambahnya usia, banyak hal menjadi lebih jelas dan menarik.

Setiap orang tua memiliki tujuan yang sama, untuk membesarkan anak-anak yang tumbuh menjadi sukses dan baik. Namun, tidak ada tolok ukur untuk pengasuhan anak yang tepat. Generasi berikutnya, memiliki kekuatan untuk mengubah banyak hal. Ajari anak-anak Anda untuk membangun dunia yang lebih baik, menjadi orang yang lebih baik, dan memperbaiki kerusakan akibat kesalahan generasi sebelumnya.

Tidak ada formula yang ditetapkan untuk membesarkan anak yang sempurna. Beri anak, ruang untuk membuat keputusan sendiri. Yang paling bisa Anda lakukan adalah memotivasi, mendidik, dan mendukung mereka. Pemimpin yang baik tidak hanya tegas, tetapi juga sensitif, membantu, cerdas, dapat diandalkan, dan punya kemauan kuat.

Berikut adalah 9 Tips untuk menanamkan kualitas kepemimpinan pada anak Anda:

1. Kembangkan Kemampuan Kognitif

Kemampuan kognitif tidak terbatas pada keberhasilan akademik. Ini mengacu pada kecerdasan alami anak. Seberapa baik anak Anda dapat memahami konsep? Bagaimana kemampuan analitik mereka? Bagaimana cara mereka menghadapi masalah? Ini adalah beberapa hal yang perlu Anda tanamkan pada anak Anda.

Tugas sekolah memang memainkan bagian penting dari ini. Namun, ada cara lain untuk meningkatkan keterampilan kognitif seseorang. Perkenalkan mereka ke berbagai perspektif dan alternatif, dan kemudian dorong mereka untuk membuat keputusan independen.

2. Memelihara Empati

Menjadi emosional atau sensitif bukanlah tanda kelemahan. Empati adalah ketika seseorang berusaha secara sadar untuk benar-benar memahami apa yang sedang dialami orang lain. Dorong mereka untuk menjadi baik, murah hati, dan membantu orang-orang di sekitar mereka.

Seorang pemimpin yang baik, bukan hanya seseorang yang memiliki akses ke semua sumber daya. Mereka adalah seseorang yang tahu bagaimana menggunakan sumber daya tersebut dengan cara yang menguntungkan semua orang. Juga, tanamkan kemandirian dan gaya mandiri pada anak-anak. Ini dapat membantu mereka mengatasi negativitas di sekitar mereka.

“Tidak ada yang peduli seberapa banyak kamu tahu, sampai mereka tahu seberapa besar kamu peduli.” – Theodore Roosevelt

3. Keahlian Teknis

Teknologi telah merebut hampir setiap aspek kehidupan kita. Itu telah mengubah cara bepergian, berkomunikasi, dan menjalankan bisnis. Dalam skenario seperti itu, bodoh jika menjauhkan anak Anda dari media sosial dan gadget. Anda harus menyensor paparan mereka dan memeriksa aktivitas online mereka. Namun, beri mereka ruang untuk menjelajahi ruang virtual dan bereksperimen dengan berbagai alat di luar sana. Bantu anak Anda memahami cara kerja internet.

4. Dorong Keingintahuan dan Pertanyaan

Anak-anak pada dasarnya sangat ingin tahu tentang lingkungan mereka. Anda mungkin sering memperhatikan anak-anak kecil yang mempertanyakan gagasan, dan konsep yang kita anggap remeh. Kreativitas dan inovasi inilah yang membuat mereka benar-benar kreatif dan tidak ortodoks.

Jangan biarkan semangat pertanyaan anak Anda layu. Sebaliknya, dorong mereka untuk mengajukan lebih banyak pertanyaan, tetapi dengan cara yang lebih rasional dan terstruktur. Seiring waktu, sebagian besar anak dikondisikan untuk berpikir dan bertindak dengan cara tertentu. Jangan memaksakan pendapat Anda tentang anak Anda, dan dorong mereka untuk mengembangkan pandangan mereka sendiri dari waktu ke waktu.

5. Bangun Kemampuan Komunikasi

Keterampilan pidato yang hebat dan penguasaan bahasa yang kuat adalah keutamaan lain, yang dimiliki oleh kebanyakan pemimpin hebat. Memotivasi anak Anda untuk membaca sebanyak mungkin. Ini membantu mengembangkan kosa kata mereka sejak usia dini. Harta karun kata-kata, dan pengetahuan mereka yang benar, bisa sangat bermanfaat.

Bahasa adalah alat manipulatif yang hebat, yang dapat digunakan untuk menggerakkan massa. Para pemimpin besar dikenal karena berbicara kepada kelompok-kelompok besar, dan mengemukakan poin-poin mereka dengan percaya diri dan tegas.

6. Latihan Membangun Tim

Seorang pemimpin yang baik, tidak pernah dilahirkan dalam isolasi. Dia selalu mendapat dukungan massa. Salah satu keterampilan terpenting bagi seorang pemimpin adalah kerja tim dan diplomasi. Dorong anak Anda untuk aktif dalam kegiatan kelompok di sekolah. Juga, daftarkan mereka dalam beberapa kegiatan ekstrakurikuler dan debat untuk meningkatkan kepercayaan diri ekstra.

Kepemimpinan, bukan tentang memaksa orang lain, atau mendominasi orang lain. Ini tentang mewakili perspektif, pendapat, dan bekerja untuk kebaikan bersama semua orang.

“Sebelum Anda seorang pemimpin, kesuksesan adalah tentang menumbuhkan diri Anda. Ketika Anda menjadi seorang pemimpin, kesuksesan adalah tentang menumbuhkan orang lain.” – Jack Welch

7. Memotivasi Mereka untuk Bernegosiasi

Anak-anak yang tumbuh dengan teman beragam dari berbagai etnis dan komunitas, seringkali toleran dan menerima. Dengan memperkenalkan mereka ke budaya dan kelompok yang berbeda, Anda menormalkan perbedaan yang memecah belah orang.

Konsep yang sama ini juga membantu mengembangkan kemampuan komunikasi dan keterampilan interpersonal mereka. Anak Anda lebih siap untuk bernegosiasi dengan berbagai kelompok, dan membuat kesepakatan yang saling menguntungkan. Tawar-menawar adalah keterampilan hidup yang harus dilengkapi oleh setiap orang. Dalam masyarakat konsumeris, ini adalah retasan dalam kehidupan yang akan membawa anak-anak Anda sukses dalam perjalanannya.

8. Berikan Contoh yang Baik

Anak-anak belajar lebih banyak dengan meniru tindakan orang tua atau pun wali mereka daripada dengan khotbah. Jika Anda ingin menanamkan kebiasaan baik pada anak Anda, Anda harus memimpin dengan memberi contoh.

Tunjukkan pada mereka bagaimana menjadi orator yang baik. Jadilah orang yang baik, murah hati, lebih toleran dan menerima. Jadilah kuat, tegas, aktif, dan tekad baja dalam urusan sehari-hari Anda dengan orang lain. Juga, belajarlah untuk mengambil inisiatif, aktiflah dalam meninggikan dan menguatkan suara Anda saat dibutuhkan. Perlakukan setiap orang dengan rasa hormat, kesetaraan, dan kredibilitas. Anak-anak lebih cenderung belajar dengan meniru orang tua mereka, daripada mendengarkan apa yang mereka katakan.

9. Dorong Ketekunan

Ketekunan adalah kualitas lain yang harus dikembangkan anak-anak sejak usia muda. Dorong sikap pantang menyerah pada anak-anak. Biarkan mereka gagal dan kemudian belajar dari kegagalan mereka.

Hidup tidak selalu mudah, akan ada saat-saat di mana segalanya tidak berjalan seperti yang Anda inginkan. Dorong anak Anda untuk membebaskan diri dari zona nyamannya. Memotivasi mereka untuk berani mengambil risiko, bereksperimen, mencoba hal-hal baru dan berani menghadapi kesulitan.

Pemimpin yang baik tidak sepenuhnya logis atau terlalu sensitif. Ini adalah kombinasi dari dua kualitas yang membuat kepribadian menyenangkan. Para pemimpin tidak perlu ditakuti, tetapi dihormati karena pekerjaan mereka. Anak-anak akan menjadi sangat berpengaruh dan mereka pun mudah ditempa. Pastikan Anda menanamkan keterampilan dan kualitas ini sejak usia dini, untuk membantu mereka menjadi pemimpin sukses di masa depan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (261 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *