1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (259 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 October, 2015 - 6:00 PM

5 Cara Jadi Pengusaha Sukses Saat Kuliah

Sebagai mahasiswa, Anda punya banyak peluang selama kuliah, seperti magang kerja, atau Anda akan diminta untuk bergabung dengan suatu organisasi. Sebagai mahasiswa, Anda harus melakukan apa pun yang Anda bisa, selama waktu luang Anda. Banyak mahasiswa akan menyadari bahwa setelah mendapatkan gelar pun, tidaklah mudah untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan. Sebagian besar pengusaha, mencari yang berpengalaman dalam semua kandidat karyawan mereka, dan tanpa itu, akan sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

Saya sering diundang sebagai narasumber oleh banyak perguruan tinggi, untuk memberikan wawasan kewirausahaan kepada para mahasiswanya. Tujuannya adalah, agar para mahasiswa lebih terbuka wawasan dan pikirannya, untuk tidak selalu ingin jadi karyawan, baik di instansi swasta atau pun negeri.

Untuk para mahasiswa, kali ini saya tunjukkan 5 Cara Jadi Pengusaha Sukses, agar Anda dapat menyiapkan diri sejak masih kuliah. Simaklah berikut ini:

1. Pelatihan oleh perusahaan

Salah satu cara perusahaan dalam hal rekrutme n adalah menyelenggarakan pelatihan dengan bantuan perguruan tinggi, dengan pola pelatihan kewirausahaan dan merekrut mahasiswa terbaik untuk program mereka. Setelah pelatihan ini, mahasiswa dapat menjadi sadar dan menggunakan pola pikir wirausaha. Mereka juga belajar keterampilan komunikasi dan mencari tahu cara bekerja dalam tim dengan karyawan mereka.

2. Masuk Program Magang

Cara lain yang baik untuk mendapatkan pengalaman dan pekerjaan, atau memulai bisnis Anda sendiri adalah dengan mengikuti program magang. Perusahaan besar, sering menyelenggarakan kontes atau sekadar memberikan penawaran untuk magang ke beberapa perguruan tinggi. Ini akan membantu Anda untuk mendapatkan pengalaman, dan memaksimalkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Dari magang ini, Anda bahkan dapat memperoleh uang tunai dan memiliki kesempatan untuk memulai bisnis Anda sendiri.

“Jadilah pribadi sangat baik, sehingga orang lain tidak bisa mengabaikanmu.” – Mr. Wuryanano

3. Belajar sebanyak mungkin di kampus

Pengusaha yang baik harus belajar bagaimana meminimalkan risiko, dan memaksimalkan keuntungan dan perolehannya. Salah satu keterampilan sangat berguna yang Anda perlukan, misalnya membuat ‘coding’. Selama kuliah, Anda harus mengikuti kursus yang akan mengajarkan Anda cara membuat kode, karena keterampilan teknis ini benar-benar dicari. Karena itu, setidaknya cobalah dan pelajari dasar-dasar CSS dan HTML. Dengan kemampuan itu, Anda dapat membuat aplikasi Android, sehingga Anda unggul dalam persaingan.

4. Pergi ke pertemuan orang-orang sukses

Banyak perguruan tinggi menyelenggarakan pertemuan dengan pengusaha sukses dan kadang-kadang mereka juga mengadakan seminar. Orang yang berbeda dari berbagai domain akan menawarkan beberapa wawasan hebat, yang akan membantu Anda membentuk visi Anda sendiri dan bahkan mungkin ikut masuk ke domain ini.

“Untuk menjadi sukses, Anda harus bisa berhubungan dengan orang; mereka harus puas dengan kepribadian Anda untuk dapat melakukan bisnis dengan Anda, dan untuk membangun hubungan dengan rasa saling percaya.” – George Ross

5. Rencanakan ide saat di kampus

Anda punya banyak waktu luang di kampus, jadi pikirkan ide bagus. Dapatkan beberapa teman dekat dan bagikan ide-ide itu dengan mereka. Jika mereka pikir mereka cukup baik, silakan bentuk tim, dan siapkan rencana bisnis!

Jelaskan semua yang ada di dalamnya dan rencanakan dengan cara yang realistis. Presentasikan ide Anda di mana pun Anda bisa, cari beberapa investor yang mungkin tertarik dengan ide Anda. Jika mereka menyukainya dan mau berinvestasi, silakan lanjutkan dan jual! Pada saat kuliah di perguruan tinggi berakhir, Anda benar-benar dapat menyebut diri Anda seorang pengusaha sejati.

Haloo teman-teman mahasiswa! Bagaimana Anda bisa menunjukkan jiwa wirausaha di dalam diri Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (259 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *