1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (221 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 18 October, 2015 - 8:00 PM

Cara TURNAROUND Bisnis Kecil yang Gagal

Dalam hal mengubah dan membalik (TURNAROUND) bisnis Anda, dari merugi, jadi menguntungkan, lebih dulu mulailah dengan memahami bisnis apa yang Anda jalani dan mengapa Anda “gagal”. Tentukan  dulu kriteria “kegagalan” dan “kesuksesan”. Ini akan bergantung pada ukuran, pasar, dan tujuan Anda.

Penurunan laba bisnis, dapat menjadi cerminan dari banyak faktor, seperti berikut:

  • Tingginya Pergantian Karyawan
  • Tingginya Biaya Produksi
  • Utang Terlalu Besar
  • Strategi Pemasaran dan Penjualan Buruk
  • Hambatan Manajemen
  • Pencurian
  • Lokasi Geografis Buruk

Kemudian mulailah merumuskan strategi untuk mengubah satu atau dua akar penyebabnya, dan tidak mencoba untuk memperbaiki semuanya sekaligus. Ini juga tergantung pada jumlah modal, dan waktu Anda untuk mengubah haluan bisnis Anda.

Bisnis gagal biasanya adalah bisnis yang terus merugi. Oleh karena itu, jawaban paling sederhana adalah Fokus pada 3 Bidang Utama Bisnis.

1. Kurangi Biaya – Lihat laporan keuangan dan laporan bank untuk memahami ke mana uang mengalir. Ini termasuk melihat jumlah karyawan yang tidak esensial, menghilangkan pengeluaran yang tidak penting dan berlebihan, bernegosiasi dengan pemasok atau menggantinya, dan sebagainya.

2. Meningkatkan Penjualan – Kegiatan pemasaran dan penjualan adalah cara termudah untuk meningkatkan penjualan. Ini termasuk promosi dan iklan. Dua metode yang sering diabaikan termasuk menjual lebih banyak ke pelanggan yang sudah ada dan meminta pelanggan untuk merujuk dan merekomendasikan Anda ke pelanggan lain. Dua kegiatan penting dalam kategori ini termasuk mengevaluasi apakah Anda menawarkan produk dan layanan yang tepat (mana yang dapat Anda tambahkan) dan penetapan harga. Harga terlalu tinggi menghasilkan pelanggan yang hilang, harga terlalu rendah meninggalkan uang di atas meja.

3. Arus Kas – Bahkan jika bisnis Anda menguntungkan, itu bisa gagal jika Anda tidak memperhatikan arus kas. Ini pada dasarnya menentukan seberapa cepat Anda menghabiskan uang versus seberapa cepat Anda menerima uang. Jika ini merupakan masalah, percepat pengumpulan Anda atau ubah kebijakan Anda, dan / atau negosiasikan persyaratan yang lebih baik dengan pemasok Anda. Menggunakan uang dari jalur kredit harus menjadi pilihan terakhir.

Walaupun sangat bagus ketika Anda bisa mengubah dan membalikkan (TURNAROUND) bisnis, penting juga untuk memahami dan mempertimbangkan, bahwa beberapa bisnis tidak dapat diputar balik begutu saja, atau biayanya akan lebih tinggi daripada pendapatan potensial bisnisnya.

Dalam hal seperti itu, Anda perlu mengetahui, kapan sebaiknya menyerah, kemudian cepat menyiapkan bisnis lainnya adalah penting, dan melakukannya dengan segera adalah kunci untuk meminimalkan kehilangan. Juga paling penting adalah Anda tetap memiliki motivasi kuat untuk selalu berbisnis.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (221 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *