1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (222 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 November, 2015 - 8:00 AM

KONSISTENSI: Rahasia Kekuatan Kesuksesan

Seringkali sulit untuk memulai kebiasaan baru atau mengubah perilaku lama. Ada cukup banyak buku dan kursus online, yang mengajarkan Anda tentang bagaimana merencanakan hari Anda, merencanakan sukses Anda, menjalin dan menjaga hubungan terbaik, cara beradaptasi di lingkungan baru, dan lain-lain.

Ada satu hal, saya yakini sebagai rahasia kekuatan tersembunyi di balik kesuksesan siapa pun. Lihatlah orang-orang sukses yang Anda kagumi. Membaca kisah tentang kesuksesan dan kegagalan mereka, sungguh memberikan pembelajaran yang kuat, menginspirasi untuk menjalani kehidupan sukses.

Orang-orang berbicara tentang “masuk ke alur” dengan perasaan emosi bagus. Menulis, bagi saya, menjadi jauh lebih baik ketika saya berada dalam alur imajinasi dengan perasaan emosi bagus, sehingga kata-kata dan frasa datang dengan mudah, karena saya sedang melakukan percakapan tertulis dengan Anda, pembaca setia website saya ini, Portal Bisnis Indonesia.

Jawabannya Ada di Dalam Pertanyaan

“Apa rahasianya?” Mungkin Anda terus bertanya. Coba lihatlah apa yang Anda lakukan dalam hidup Anda hari ini. Dalam bisnis, apakah Anda bergerak maju atau stagnan? Terhubung dengan prospek baru atau mencari cara untuk menjaga persaingan, dengan mengambil apa pun yang diperlukan? Apakah Anda meluangkan waktu untuk benar-benar melakukan pekerjaan sambil bersenang-senang?

Ketika Anda melihat nilai-nilai dan praktik bisnis dari pengusaha yang sukses, satu hal jelas adalah mereka telah mengembangkan tingkat KONSISTENSI dalam tindakan mereka, sehingga menjadi KEBIASAAN.. Apakah itu dapat terjadi dalam semalam? Tentu saja tidak. Ada banyak hal kecil, dilakukan terus menerus selama periode waktu tertentu, dan itu menghasilkan kesuksesan.

KONSISTENSI selalu dibutuhkan dalam bisnis, hubungan, pertemanan, kesehatan, kebugaran, kerohanian, dan lainnya. Tetap konsisten dengan tindakan Anda akan membuahkan hasil. Pastikan kebiasaan dan perilaku konsisten ini sehat dan menyehatkan. Tidak masalah dalam bisnis bahwa Anda mengembangkan pola konsistensi, yang mencerminkan tingkat penghargaan mendalam bagi pelanggan Anda, orang-orang profesional dalam bisnis Anda atau pada tim Anda.

“Sukses tidak selalu tentang kebesaran dan kekuasaan. Ini tentang konsistensi. Kerja keras yang konsisten mengarah pada kesuksesan. Kebesaran dan kekuasaan akan datang.” – Dwayne “The Rock” Johnson

Banyak penelitian telah menunjukkan betapa benar-benar konsisten dalam menunjukkan penghargaan dan rasa terima kasih kepada karyawan, dapat meningkatkan kinerja jauh lebih tinggi. Jika Anda secara konsisten muncul sebagai tirani kecil dan pembohong, maka pada akhirnya Anda akan terbakar hangus.

Jika Anda secara konsisten muncul sebagai seseorang yang mencerminkan kerendahan hati, rasa terima kasih, dan menghargai atas apa yang terjadi dalam bisnis dan kehidupan Anda, maka Anda akan mendapatkan lebih banyak dari itu.

Firman ALLAH: “Barangsiapa bersyukur atas nikmat-KU, akan AKU tambahkan nikmat-KU. Dan barangsiapa ingkar atas nikmat-KU, sungguh siksa-KU amat pedih.”

Suka menarik suka. Bahagia menarik bahagia. Sedih menarik sedih. Hanya sesederhana itu. Konsistensi adalah salah satu praktik dan kekuatan paling dahsyat, yang dapat Anda tambahkan ke dalam bisnis dan kehidupan Anda.

Berikut ini ada 3 saran khusus, yang dapat membantu Anda mengembangkan kekuatan inti konsistensi:

1. Mulai dari yang kecil

Mari kita gunakan analogi restoran. Anda berjalan ke suatu tempat, melihat sebuah restoran, dan Anda lapar. Anda melihat menu hidangan lengkap, semua yang Anda sukai. Karena itu, Anda memesannya. Pesanan pun datang, lalu Anda pergi tanpa menghabiskan seluruh makanan pesanan Anda. Orang-orang pun berkomentar, “Ya ampun, itu banyak sekali sisa makanan.”

Jika Anda melihat makanan, memesannya, cobalah memesannya sedikit dulu dan memakannya, maka Anda tidak akan memiliki sisa makanan. Anda mulai dulu dengan memakan sedikit makanan, secukupnya; tidak langsung mengambil semua makanan sekaligus, meskipun semua makanan itu favorit Anda. Konsep yang sama dengan konsistensi. Mulailah dari hal kecil yang ingin Anda capai. Buat sedikit di awal dan ikuti jalan itu, untuk terus lanjut ke perjalanan berikutnya, yang semakin membesar.

2. Luangkan waktu Anda

Tidak ada yang terburu-buru di sini. Anda harus meluangkan waktu dan berjalan dengan kecepatan Anda sendiri, secara konsisten. Meniru seperti apa yang dilakukan orang lain, tidak akan membantu Anda sedikit pun. Kesabaran dan ketekunan adalah motivasi kecil yang kuat untuk membantu konsistensi menjadi bagian dari hidup Anda. Karena itu, Anda harus meluangkan waktu. Waktu Anda, bukan waktu milik orang lain.

“Bukan apa yang kita lakukan sesekali yang membentuk hidup kita, itu adalah apa yang kita lakukan secara konsisten.” – Tony Robbins

3. Hargai perjalanan

Sementara Anda berada di jalan menuju konsistensi, akan ada beragam halangan di sepanjang jalan. Ketahuilah bahwa Anda sedang berjalan maju. Ada dua cara untuk melihat ini: menjadi frustrasi dan marah, lalu mengatakan “Tidak! Konsistensi ini sungguh tidak layak!”; atau, Anda lanjutkan saja di jalan setapak, dan hargailah semua perhentian sementara di sepanjang jalan. Mengembangkan praktik penghargaan dan rasa terima kasih, juga dapat meningkatkan kekuatan konsistensi itu muncul dalam hidup Anda.

Konsistensi memang identik dengan kesuksesan. Cara Anda mendefinisikan kesuksesan mungkin sesederhana bangun di pagi hari, dan merasa bersyukur Anda memiliki rumah, makanan untuk dimakan, dan pakaian untuk dikenakan. Mungkin melihat anak-anak Anda dan mengetahui bahwa mereka sehat, pintar, dan bahagia. Mungkin juga Anda selamat melewati neraka kehidupan, dan berhasil melewatinya secara baik-baik saja.

Yang diperlukan hanyalah beberapa tindakan konsisten untuk mengubah cara Anda muncul di dunia ini. Kita semua membutuhkan orang dan contoh yang mengingatkan kita tentang rahasia kecil konsistensi. Lihatlah sekeliling. Anda dapat menemukan jenis kisah sukses ini di sekitar Anda. Mereka mencerminkan hasil mereka sendiri dari kekuatan konsistensi. Manfaatkan kekuatan ini dan ubahlah dunia bersama dengan orang lain juga. Raihlah kesuksesan dengan kekuatan konsistensi Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (222 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *