1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (196 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 20 April, 2016 - 7:55 PM

10 Perubahan Kecil Membuat Perbedaan Besar

Saya menemukan 10 perubahan kecil gaya hidup, yang cukup efektif dalam mengubah hidup saya:

1. Berlatih Bersyukur Saat Bangun

Bersyukur adalah cara yang bagus untuk terus maju bahkan jika hidup menjadi sulit. Anda mungkin tidak memiliki semuanya, tetapi Anda memiliki sesuatu untuk disyukuri. Ketika Anda bangun, cobalah untuk bersyukur atas hal-hal yang Anda miliki. Buatlah daftar hal-hal yang Anda syukuri atau mulai tulis dalam jurnal rasa terima kasih. Mengungkapkan rasa terima kasih di setiap hari adalah hal yang baik, dan waktu yang lebih baik untuk itu adalah di pagi hari ketika pikiran Anda segar dan tenang.

2. Jangan Periksa Telepon Anda di Pagi Hari

Hal pertama yang saya lakukan setiap pagi adalah memeriksa ponsel saya, sebagaimana yang dilakukan oleh 80% pengguna smartphone. Sekarang saya tidak melakukannya lagi, karena saya menyadari hal itu dapat menyebabkan kerusakan terburuk. Saat Anda memeriksa telepon, pikiran Anda mulai berpikir tentang konten yang baru saja Anda baca. Dengan demikian, untuk tetap fokus pada hal-hal yang benar-benar penting menjadi sulit, dan produktivitas Anda menurun bahkan sebelum Anda memulai aktivitas di hari itu. Jadi, menjauhlah dari ponsel Anda di pagi hari.

3. Jangan Berbicara dengan Siapa pun selama setidaknya satu Jam

Hindari berbicara dengan siapa pun selama setidaknya satu jam setiap hari. Ini cara yang bagus untuk berhubungan kembali dengan diri Anda dan meningkatkan konsentrasi. Namun, Anda harus mulai dengan periode kecil terlebih dahulu. Cobalah untuk tidak berbicara selama sepuluh menit pada awalnya, dan secara bertahap lanjutkan. Periode ini tidak boleh melibatkan dialog, percakapan apa pun (tertulis atau lisan), atau isyarat. Jadi, pilih waktu ketika tidak ada yang akan mengganggu Anda.

“Motivasi adalah apa yang membuat Anda memulai, kebiasaan adalah apa yang membuat Anda terus maju.” – Jim Rohn

4. Bersama Diri Sendiri dan Hiduplah Saat Ini

Jam pertama setelah Anda bangun adalah waktu yang paling energik dalam sehari. Jadi, ini adalah waktu terbaik untuk bersama diri sendiri. Duduklah dengan tenang dengan mata tertutup dan fokuskan perhatian penuh pada pernapasan Anda. Sebut saja meditasi jika Anda suka; Saya menyebutnya “Me-Time.” Cobalah untuk hidup di saat ini dan menjaga pikiran Anda dari berkeliaran. Ini akan meningkatkan pemikiran kritis, kecerdasan emosional, dan konsentrasi Anda. Dengan latihan teratur, Anda juga dapat mencapai ketenangan pikiran.

5. Lakukan Segalanya dengan Keterlibatan 10X

Ketika tubuh dan pikiran Anda selaras, produktivitas Anda dapat mencapai puncaknya. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan memperhatikan tindakan Anda, terlepas dari seberapa sepele tindakan terlihat. Ini disebut melatih perhatian. Apa pun yang Anda lakukan, berada di sana dengan keterlibatan 10X. Perhatikan pemandangan, suara, bau, rasa, dan sentuhan di sekitar Anda dan indera batin Anda.

6. Belajarlah untuk Bahagia Tanpa Alasan

Berlawanan dengan kepercayaan populer, menjadi bahagia tanpa alasan adalah wajar karena kebahagiaan adalah kondisi pikiran. Jika Anda sedang menunggu seseorang atau sesuatu untuk membuat Anda bahagia, Anda kehilangan titik kehidupan. Kebahagiaan yang melekat dapat bertahan lebih lama dan mengangkat semangat Anda secara instan. Inilah sebabnya ketika Anda merasa bahagia, Anda bahkan dapat menikmati makanan dingin dan hambar. Selalu upayakan bahagia selama 30 menit setiap hari tanpa alasan.

7. Jangan Mengakumulasi Konten Acak

Kita adalah apa yang kita baca dan alami. Jadi, berhati-hatilah dengan informasi yang Anda kumpulkan dan bagaimana hal itu memengaruhi rutinitas Anda. Saya menemukan ini berguna:

  • Pilih Google daripada media sosial sehingga Anda mencari apa yang benar-benar Anda butuhkan alih-alih menemukan konten acak.
  • Demikian pula, pilih Netflix atau YouTube daripada TV untuk menonton apa yang Anda suka.
  • Daripada mendengarkan radio, dengarkan podcast untuk mendengar apa yang Anda suka.
  • Berhenti membaca koran dan mulai mengikuti berita tren di Twitter sebagai gantinya.

“Untuk setiap menit Anda marah, Anda kehilangan enam puluh detik kebahagiaan.” – Ralph Waldo Emerson

8. Copot Aplikasi Media Sosial dan Matikan Notifikasi Telepon

Menghapus semua aplikasi media sosial dari ponsel saya dan mematikan notifikasi telah menjadi keputusan paling cerdas yang saya buat sepanjang tahun ini. Rata-rata orang menghabiskan hampir dua jam di media sosial setiap hari, seumur hidup mereka, itu juga mengarah pada pemikiran berlebihan. Plus, telepon yang terus berdering adalah gangguan. Ponsel Anda seharusnya tidak mengatur hidup Anda.

9. Belajar untuk Tidak Mengeluh

Hidup adalah serangkaian kendala, namun mengeluh tentang masalah, itu tak kan membantu, dan kontraproduktif. Kecuali Anda ingin merasa tertekan, stres, dan sendirian, Anda harus belajar untuk tidak mengeluh. Itu tidak mudah, tetapi, jika Anda menghabiskan sehari tanpa mengeluh, Anda akan menyadari betapa itu bisa memperkaya hidup Anda. Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memikirkan hal-hal yang benar-benar penting.

10. Beralih dari “Saya Tahu” ke “Saya Tidak Tahu”

Memiliki sikap “Aku-tahu-segalanya” berarti Anda tidak memiliki keinginan untuk belajar dan mengeksplorasi kemungkinan baru. Namun, mengubah pola pikir Anda menjadi “Saya tidak tahu” membuka peluang baru untuk membentuk hidup Anda. Saya telah belajar bahwa sikap selanjutnya juga merupakan pembuka percakapan. Setiap percakapan dapat menghasilkan dan mengetahui sesuatu yang baru, atau mengenal orang yang menarik. Terkadang, saya pura-pura tidak tahu apa-apa hanya untuk mengobrol. Biasanya, saya akhirnya belajar sesuatu yang menarik.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (196 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *