1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (202 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 May, 2016 - 6:30 AM

Kunci untuk Membuktikan Masa Depan Bisnis Anda

Jangan biarkan nasib bisnis Anda terjadi hanya secara kebetulan. Mulailah bekerja sekarang untuk mendapatkan wawasan yang Anda butuhkan sehingga berhasil mengembangkan bisnis Anda.

Jika Anda bertanya kepada 10 orang yang berbeda tentang definisi inovasi mereka, Anda akan menerima 10 jawaban berbeda. Perbedaan ini berasal dari keinginan masing-masing untuk membedakan. Tetapi inovasi itu sendiri tidak subyektif. Definisi yang berbeda dapat menyebabkan kebingungan dan menciptakan kompleksitas di sekitar apa yang seharusnya menjadi premis sederhana, dan tujuan yang dapat dicapai bagi sebagian besar pebisnis.

Mendefinisikan inovasi, setidaknya memenuhi salah satu dari tiga kriteria ini:

  • Memecahkan masalah secara tepat.
  • Menciptakan efisiensi (lebih cepat, lebih murah, lebih baik, lebih mudah), untuk konsumen, bisnis dan / atau keduanya.
  • Menciptakan pasar baru (permintaan pelanggan baru).

Jika Anda dapat melakukan salah satu kriteria di atas, Anda telah berinovasi. Lakukan ketiga kriterianya, dan Anda telah membuat transformasi radikal.

Dua kasus di bawah ini menyoroti inovasi sejati, yang satu menggambarkan hasil dari peluang, dan yang lain adalah kekuatan desain.

Jalan panjang menuju pasar baru

Honda memutuskan untuk memecahkan pasar sepeda motor A.S., terinspirasi oleh keberhasilan sepeda motor kecilnya, Super Cubs, diperkenalkan di Jepang pada tahun 1958 dan terutama digunakan untuk melakukan pengiriman lokal di daerah perkotaan yang padat. Pada saat itu, pasar Amerika didominasi oleh sepeda motor besar yang digunakan untuk menempuh jarak sangat jauh dengan kecepatan tinggi (Harley Davidson).

Mempertimbangkan hal itu, para insinyur Honda merancang sepeda motor yang cepat dan kuat untuk pasar Amerika. Kemudian mereka mengirim tiga eksekutif ke Los Angeles untuk menjual sepeda motor baru ini, memberi masing-masing dari mereka Super Cub untuk digunakan berkeliling kota.

Para eksekutif ini dengan cepat menabrak “tembok batu” dengan pasar A.S., karena sebagian besar dealer tidak tertarik untuk menjual sepeda motor Honda, dan menerima keluhan bahwa mereka tidak cukup kuat untuk digunakan di jalan raya. Keluhan ini sangat merugikan finansial Honda, yang harus mengganti motor yang bermasalah karena masih dalam garansi.

Pada titik ini, salah satu eksekutif memutuskan dia perlu mengeluarkan tenaga dan mengambil Super Cub-nya keluar dari atas bukit di luar Los Angeles. Dia menikmati perjalanan itu dan kali berikutnya dia keluar membawa eksekutif lain bersamanya. Orang-orang mulai bertanya di mana mereka bisa membeli Super Cubs untuk diri mereka sendiri. Ini adalah awal dari bersepeda motor off-road di AS.

Tapi ceritanya tidak berakhir di sini, karena meskipun minat pasar baru di Super Cubs, para eksekutif terus mengejar strategi besar mereka. Seiring waktu karena semakin banyak orang ingin menggunakan Super Cubs untuk bersepeda, mereka akhirnya memahami peluang pasar baru yang tak terduga ini.

Studi kasus ini sesuai dengan dan masuk ke dalam tiga kriteria inovasi di atas tersebut.

Honda menciptakan pasar sepeda motor di AS – mereka menciptakan permintaan pelanggan baru yang sebelumnya tidak ada. Mereka menciptakan versi produk yang lebih ringan dan lebih murah, yang pada akhirnya lebih diinginkan. Satu-satunya hal terpenting yang dilakukan Honda adalah tanpa sadar memasuki masalah yang perlu diselesaikan. Mereka tidak menjual sepeda motor; sebaliknya, mereka menjual tantangan fisik yang cepat kepada orang-orang yang ingin terburu-buru. Tetapi pada akhirnya, kegigihanlah yang memungkinkan keberhasilan penjualan Honda di AS. Mereka menciptakan masa depan mereka sendiri dengan bertahan cukup lama, hingga pasar mereka terwujud.

Cerita Honda adalah kisah yang menyenangkan dan menginspirasi, sehingga tidaklah logis bagi sebagian besar merek dalam memperkenalkan produk barunya, hanya duduk dengan tenang sampai pasar mereka menemukannya. Mereka harus memahami bahwa menembus pasar itu membutuhkan proses berulang.

Inovasi berdasarkan desain

Contoh inovasi terkenal lainnya adalah program “Keep the Change” Bank of America. Kembali pada tahun 2004, Bank of America ingin meningkatkan jumlah orang yang membuka rekening tabungan dan memutuskan untuk fokus pada konversi pemegang kartu debet yang ada, menjadi pemegang rekening tabungan. Mereka memulai penelitian pelanggan secara mendalam, yang berfokus pada wanita dan keluarga mereka. Mereka menghabiskan berbulan-bulan mengikuti para wanita sepanjang hari, dan melihat mereka berbelanja, dan melakukan transaksi keuangan. Bank of America membahas dan mencatat kebiasaan mereka menabung sehari-hari. Penelitian ini menghasilkan wawasan kunci, yang ketika dihubungkan, menjadi dasar dari penawaran baru mereka.

Pertama, Bank of America mengetahui bahwa banyak wanita benar-benar berjuang untuk menghemat uang. Kedua, mereka mengamati bahwa seorang wanita akan menggunakan buku ceknya karena lebih cepat dan lebih mudah. Menggabungkan wawasan ini menyebabkan munculnya penawaran Bank of American “Keep the Change”. Transaksi kartu debit dibulatkan ke dolar berikutnya, dan harga yang terlalu mahal langsung masuk ke rekening tabungan. Penawaran ini sangat sukses ketika diluncurkan pada tahun 2005, memperoleh 2,5 juta pelanggan dalam 18 bulan pertama. Dari sudut pandang inovasi, “Keep the Change” masuk ke semua kriteria inovasi, dengan memecahkan masalah secara tepat, menciptakan efisiensi dan membuat pasar baru.

Apa artinya ini bagi Merek?

Inovasi yang berhasil, membutuhkan pemahaman mendalam tentang masalah yang perlu diselesaikan. Wawasan seperti ini tidak dapat ditemukan di database atau laporan, atau melalui korelasi maupun survei data. Dapatkan pemahaman yang benar dengan berbicara kepada konsumen tentang motivasi di balik perilaku mereka, dan Anda akan mengungkap kebutuhan yang tidak terpenuhi dan tidak diartikulasikan.

Satu-satunya cara untuk menemukan peluang ini adalah melalui berbicara dengan dan mengamati konsumen – pengguna maupun yang bukan pengguna, baik yang ekstrem maupun yang umum. Proses ini menghasilkan wawasan yang memastikan Anda memecahkan masalah secara tepat, dan membantu Anda memprediksi masa depan bisnis Anda.

Dibutuhkan hubungan manusiawi yang mendalam, tekad yang tak ada habisnya, dan visi yang jelas untuk menciptakan masa depan bisnis Anda sendiri. Jangan biarkan nasib bisnis Anda terjadi hanya secara kebetulan. Mulailah bekerja sekarang untuk mendapatkan wawasan yang Anda butuhkan sehingga bisnis Anda berhasil meraih suksesnya.

Catatan dari berbagai sumber.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (202 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *