1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (156 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 19 June, 2016 - 5:32 AM

Berbagi Pengetahuan, Membangun Hubungan Bisnis

Pentingnya untuk menciptakan jaringan orang-orang yang cerdas dan ambisius untuk berbagi pengetahuan adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghebatkan bisnis Anda.

Cara tercepat untuk meningkatkan ekosistem secara keseluruhan adalah dengan berbagi pengetahuan. Anda dapat berdiri untuk mengekspos beberapa “rahasia dagang” Anda ketika datang ke sebuah pertemuan bisnis; inilah cara Anda melakukan bisnis, yang membuat Anda unik. Jadi, ya, tidak ada bahaya nyata dalam berbagi pengetahuan – dan banyak yang bisa didapat dengan cara berbagi ini.

Membentuk Jaringan Bisnis

Membentuk jaringan bisnis ini ibaratnya semacam membuat janji untuk berkencan. Ketika saya bertemu orang yang saya sukai, saya berbicara dengan mereka.

Khususnya dalam hal bisnis, saya tidak pernah takut bahwa orang tidak akan mau berbicara kembali kepada saya tentang apa yang mereka lakukan, atau bahwa saya mungkin menyinggung mereka dengan mengajukan pertanyaan tentang bisnis mereka. Sebagian besar senang mendengar bahwa apa yang mereka lakukan tampak keren atau bermakna, dan tanggapan positif saya biasanya membuat mereka bersemangat dan ingin berbagi lebih banyak.

Sebuah pepatah mengatakan: “Gelombang naik mengangkat semua kapal.” Menemukan orang yang tepat untuk berbagi pengetahuan dengan menginspirasi dan menginformasikan semua orang yang terlibat, akan membuat semuanya terangkat, win-win solution.

Jika Anda menggalinya, ungkapkan minat.

Kita semua menghabiskan banyak waktu “berjejaring” di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi kita. Strategi terbaik adalah dengan mengidentifikasi rekan sejawat dan mentor yang sebenarnya dapat membantu Anda bergerak maju dan kepada siapa Anda, dapat memberikan semacam nilai.

Setelah Anda membuat koneksi sejati seperti itu, Anda dan rekan bisnis akan menjadi sumber daya yang tidak pernah berakhir untuk satu sama lain.

Berikut adalah empat ide untuk membantu Anda secara konsisten memupuk hubungan simbiosis yang suportif dengan orang-orang yang sama minatnya dalam berjejaring bisnis seperti Anda.

1. Berikan sebanyak yang Anda dapatkan.

Teringat The Beatles menyanyikan sebuah lagunya, “Dan pada akhirnya, cinta yang Anda ambil sama dengan cinta yang Anda buat.” Jika Anda melihat seseorang melakukan sesuatu yang Anda sukai, jangkaulah. Dan jika orang-orang menghubungi Anda tentang sesuatu yang Anda lakukan, terbukalah untuk apa yang mereka katakan.

Jangan puas dengan kepemimpinan atau pemahaman Anda tentang dunia. Selalu mencari orang keren lainnya, dan ajukan pertanyaan tentang bisnisnya kepada mereka. Bahkan para pengusaha besar raksasa industri, pada umumnya akan kecewa jika hanya membicarakan pekerjaan mereka sendiri. Mungkin perlu beberapa saat untuk membuat janji dengan para pebisnis lainnya, tetapi teruslah berusaha.

Dan, jika Anda tidak dapat menjangkau para pebisnis lainnya, bergabunglah dengan satu atau beberapa komunitas bisnis dari banyak jaringan online, misalnya, yang penuh dengan pemilik usaha kecil dan menengah, yang dapat membantu menjawab pertanyaan Anda.

Di sisi lain, jika seseorang meminta untuk Anda untuk berbagi pengalaman di saat lain, terbukalah untuk berbagi. Orang-orang yang meminta saran dan umpan balik atau mendengar tentang kisah Anda cenderung meminta hal sama dari orang lain, sehingga mereka mungkin memiliki koneksi yang baik dengan orang lain, dimana Anda dapat belajar sesuatu.

2. Langkah di luar industri Anda.

Seorang pria yang saya kenal berada di industri real estat. Pada pandangan pertama, Anda mungkin tidak menganggap agen real estat komersial sebagai sumber daya yang baik untuk perusahaan pemasaran yang sedang berkembang. Tetapi, karena orang ini melihat begitu banyak perusahaan berkembang lainnya, dia sebenarnya adalah sumber pengetahuan yang menakjubkan. Dia adalah tujuan saya ketika ada yang bertanya tentang ruang komersial, dan dia memiliki intel yang bagus tentang pasar lokal.

Dalam industri apa pun, pemain utama akan saling mengenal satu sama lain, dan semua orang membaca artikel yang sama dan mendengarkan hal-hal yang sama. Jadi, buatlah koneksi di luar industri Anda, untuk membuka jalan dalam mempelajari hal-hal yang tidak dapat Anda pelajari dari lingkungan bisnis Anda.

Jika Anda menginginkan cara mudah untuk melihat bagaimana wawasan orang-orang di ruang yang berbeda dapat menguntungkan Anda, Anda juga dapat bergabung dengan komunitas pendukung wirausaha independen lainnya.

3. Selalu bertanya, “Apa yang bisa saya bantu?”

Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat menambah nilai. Mungkin itu dengan membuat pengantar, melakukan wawancara atau memberikan wawasan tentang masalah bisnis tertentu. Anda bisa menebak atau bertanya, tetapi jelaskan bahwa hubungan itu berjalan dua arah.

Dalam kehidupan profesional saya, orang-orang yang bekerja dengan saya biasanya lebih tahu daripada saya, bagaimana saya bisa menjadi yang paling berharga bagi mereka, jadi saya hanya bertanya. Pertama, saya memilih mereka untuk informasi apa pun yang ingin saya ketahui, dan kemudian saya bertanya terus terang, “Apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?”

Menurut survei The Future of Business yang dilakukan oleh Facebook bekerja sama dengan Bank Dunia dan Organisasi untuk Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi, 42 persen bisnis yang disurvei mengatakan bahwa belajar dari satu sama lain adalah salah satu yang utama. Inilah salah satu cara Facebook untuk mengetahui bagaimana cara menjalankan bisnis dalam ekonomi seluler, setelah Googling.

4. Ingat: Hal-hal kecil menjaga hubungan tetap kuat.

Seperti halnya dalam hubungan keluarga. Hal yang sama berlaku dalam hubungan bisnis. Hal-hal kecil yang sepertinya tidak banyak terkadang berakhir sangat berarti. Sebuah gerakan kecil yang menciptakan koneksi manusia, nyata dapat memiliki dampak yang sangat besar. Misalnya, seorang yang saya kenal sedang berada di luar negeri, dan mengambil foto dirinya dengan sebuah pemandangan indah, kemidian mengirimkannya kepada saya dengan sebuah catatan tertulis, “Kalian harus datang menikmati liburan di sini.” Saya balas mengirimi dia kembali, foto kami dengan latar belakang pemandangan yang tak kalah indahnya, dengan sebuah pesan, “Kita memang harus menikmati keindahan alam ciptaan Tuhan. Kapan nih kita bisa ngobrol bareng lagi?”

Kuncinya adalah memperlakukan orang yang memiliki hubungan bisnis dengan Anda seperti manusia. Bagikan hal-hal menyenangkan yang Anda tahu akan menarik, lalu tindak lanjuti secara organik.

Menciptakan jaringan orang-orang cerdas dan ambisius untuk berbagi pengetahuan adalah salah satu hal paling cerdas yang dapat Anda lakukan untuk karier bisnis Anda. Bersikaplah asertif, dan jangan hanya menggunakan orang lain semata untuk mengambil pengetahuan mereka saja. Ingatlah ini, Hubungan yang Hebat akan Membangun Bisnis yang Hebat.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (156 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *