1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (157 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 27 July, 2016 - 9:40 PM

Pentingnya Fokus pada Keterlibatan Karyawan

Banyak perusahaan, atau CEO, yang berbicara tentang bagaimana karyawan mereka adalah sumber daya paling penting atau berharga mereka. Saya mendengar ini hampir setiap hari ketika saya memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen di perusahaan. Kenyataannya adalah, ketika Anda melihat bagaimana para pemimpin benar-benar mengelola dan berinteraksi dengan karyawan “berharga” mereka, Anda merasakan hal sebaliknya.

Memang, banyak perusahaan hanya basa-basi untuk keterlibatan karyawan. Tentu, itu membuat hal yang bagus, sesuatu yang dapat dikatakan para pemimpin untuk mencoba memotivasi staf mereka. Tetapi apa yang dilakukan dalam praktik sangat berbeda, karena bagi banyak perusahaan, ini adalah “keuntungan pertama,” diikuti oleh pelanggan dan – terakhir – karyawan.

Jelas, perusahaan terlibat dalam pemikiran picik. Berikut adalah tujuh manfaat dari memfokuskan pada karyawan dan keterlibatan mereka, yang dapat membantu memberikan keuntungan bagi Anda dan pelanggan Anda.

1. Retensi staf yang lebih baik

Dari survey, karyawan yang memiliki keterlibatan tinggi, 82 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan perusahaan Anda daripada karyawan yang tidak bekerja. Pergantian tidak hanya memiliki efek mengganggu pada bisnis dan layanan Anda, tetapi juga menambahkan biaya tambahan dalam hal merekrut, orientasi, dan melatih karyawan baru – plus membayar biaya peluang yang hilang sampai peran mereka dipenuhi. Secara keseluruhan, masalah-masalah ini dapat membebani perusahaan Anda mulai dari 10 persen hingga lebih dari 200 persen dari gaji, tergantung pada tugasnya.

2. Peningkatan produktivitas

Orang-orang bahagia adalah orang-orang yang produktif, dan orang-orang yang sangat terlibat masuk dalam kategori itu. Ketika karyawan terlibat di tempat kerja, mereka merasakan koneksi dengan perusahaan. Mereka percaya bahwa pekerjaan yang mereka lakukan adalah penting, dan karena itu mereka bekerja lebih keras. Menurut survey, karyawan yang dipekerjakan mengungguli karyawan yang dipecat sebesar 21 persen. Dalam pengalaman saya, ini adalah perkiraan yang konservatif, tetapi meskipun demikian, peningkatan 21 persen merupakan dorongan signifikan terhadap produktivitas.

3. Keuntungan lebih tinggi

Perusahaan dengan karyawan yang terlibat, mencapai keuntungan yang jauh lebih baik. Sebuah studi pada 2008 menunjukkan bahwa organisasi dengan karyawan yang terlibat mengalami peningkatan 19 persen dalam pendapatan operasional selama periode 12 bulan, dibandingkan dengan penurunan 33 persen di perusahaan dengan karyawan yang tidak bekerja.

Itu adalah perbedaan 51 persen dalam profitabilitas antara perusahaan dengan staf yang terlibat, dibandingkan dengan mereka yang memiliki staf, yang tidak bekerja.

4. Peningkatan reputasi perusahaan

Staf Anda adalah duta besar untuk perusahaan Anda, dan apa yang mereka katakan tentang Anda berdampak langsung pada reputasi Anda. Karyawan yang bahagia dan berbicara dengan baik tentang perusahaan Anda, meningkatkan reputasi dan daya tariknya kepada karyawan potensial lainnya, serta pelanggan Anda.

5. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Richard Branson mengatakan, “Klien tidak datang lebih dulu; karyawan datang terlebih dahulu. Jika Anda merawat karyawan, mereka akan mengurus klien Anda.”

Sebuah studi pada tahun 2016, menunjukkan bahwa perusahaan yang unggul dalam layanan pelanggan memiliki 1,5 kali lebih banyak staf yang terlibat, daripada perusahaan dengan pengalaman pelanggan yang buruk.

Jika Anda menginginkan pelanggan yang lebih bahagia dan lebih puas, Anda membutuhkan tim yang lebih puas dan terlibat secara langsung.

6. Lebih sedikit hari sakit

Karyawan yang sangat terlibat memiliki lebih sedikit hari absen – rata-rata 3,5 hari – dibandingkan dengan karyawan yang tidak bekerja. Hari sakit menyebabkan gangguan pada operasi Anda dan dapat menambah beban staf yang terlibat.

Hari sakit dapat sangat membebani bisnis perusahaan Anda, sementara staf yang lebih terlibat berarti lebih sedikit hari sakit – dan biaya yang lebih rendah untuk membayar konsekuensinya.

7. Menurunkan stres

Ada hubungan antara kebahagiaan dan menghilangkan stres. Tidak hanya tim yang bahagia lebih produktif, mereka juga kurang stres, dan tidak membuat stres terhadap karyawan lain. Dan itu adalah skenario yang membantu menciptakan lingkungan kerja lebih sehat.

Menjaga karyawan dengan baik, dan memastikan bahwa mereka sangat terlibat, seharusnya tidak hanya menjadi slogan kosong untuk perusahaan dan CEO mereka. Ini harus menjadi bagian aktif dari strategi Anda, karena seperti yang digambarkan oleh survey dan studi di atas, ada banyak manfaat yang terlibat, yang pada gilirannya membantu mendorong pertumbuhan, keuntungan, dan kepuasan pelanggan, itulah tujuan setiap perusahaan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (157 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *