1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (151 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 September, 2016 - 5:30 AM

Hikmah Penolakan, Kehilangan, dan Kegagalan

Penolakan. Kekalahan. Kegagalan. Tidak ada seorang pun yang mau mengalaminya. Tidak ada atlet yang ingin kalah bertanding, dan tidak ada tujuan pengusaha yang ingin bangkrut. Tetapi selalu ada hal positif yang dapat ditemukan di dalam hal negatif. Bahkan, orang-orang sukses sering berkata bahwa kesuksesannya ditemukan di dalam kegagalannya.

“Kegagalan harus menjadi guru kita, bukan pengurus kita. Kegagalan adalah penundaan, bukan kekalahan. Ini jalan memutar sementara, bukan jalan buntu. Kegagalan adalah sesuatu yang bisa kita hindari, kecuali kita tidak mengatakan apa-apa, tidak melakukan apa-apa dan tidak menjadi apa-apa.”

Tanda orang sukses terletak pada respons mereka terhadap situasi negatif. Mereka mungkin terluka, tetapi tetap di medan perang. Mereka menemukan kekuatan di bekas luka mereka.

Inilah hikmah tersembunyi untuk menahan penolakan, kekalahan dan kegagalan.

1. Anda akan mengklarifikasi gairah hidup Anda.

Seringkali, kegagalan dan kehilangan, merupakan hasil dari gairah yang berkurang atau kehilangan gairah. Anda akan menyadari bahwa Anda tidak bersemangat tentang sesuatu hal itu seperti yang dipikirkan sebelumnya. Anda perlu memangkas hal-hal yang menurunkan gairah Anda. Efek pemangkasan adalah positif. Saat Anda sedikit membersihkan pikiran, Anda akan membuat lebih banyak ruang untuk apa yang benar-benar menggairahkan Anda, dan fokus mengarahkan energi Anda ke sana. Energi paling fokus adalah ketika Anda melakukan segala sesuatunya paling efektif.

2. Anda akan menemukan keterampilan baru.

Ingat ketika dulu Presiden Amerika, George Bush dengan gesit menghindari sepatu yang dilemparkan mengarah ke kepalanya? Ini sempat viral di youtube. Tidak ada yang mengira dia memiliki keterampilan untuk melakukan itu. Dan saya yakin dia juga tidak mengiranya, hingga saat itu terjadi, yang secara reflek, George Bush berhasil menghindari lemparan sepatu itu.

Menghadapi tantangan dan menanggung kerugian memaksa Anda untuk mengumpulkan sumber daya dan mengembangkan keterampilan Anda. Dalam kasus “kekuatan ajaib” di mana orang bisa mengangkat kendaraan dari seseorang yang terjebak, itu adalah situasi negatif yang menciptakan lonjakan adrenalin yang diperlukan untuk bertindak di luar kemampuan seseorang. Atau kasus dimana orang sanggup melompati parit lebar, ketika dia harus lari karena dikejar anjing galak.

Pengalaman negatif menyebabkan kita merespons dengan cara di luar apa yang kita pikir mungkin. Hambatan itu mengisyaratkan untuk diatasi. Untuk bangkit menuju sebuah kesempatan itu, perlu ada kesempatan.

3. Anda akan mengetahui siapa teman Anda.

Ketika kita mengalami kejadian negatif, kita bisa melihat respons dari orang-orang di sekitar kita, teman-teman kita. Tentu, semua orang sibuk, tetapi kita bisa mengetahui siapa yang menyediakan waktu untuk hal-hal yang perlu dipedulikan. “Aku terlalu sibuk” dapat diterjemahkan dengan kata lain, “Itu tidak penting.”

Mengalami kejadian yang tidak mengenakkan, memiliki cara untuk mengungkap hubungan yang sehat dan tulus. Anda akan ingin terus berinvestasi pada orang-orang yang merawat luka-luka Anda, dan Anda harus menjauhkan diri dari mereka yang diam dan tidak terlihat.

4. Anda akan memeriksa titik-titik buta Anda.

Hanya perlu satu kecelakaan bagi pengemudi untuk tidak pernah lupa memeriksa blind-spot mereka lagi. Cara yang keras untuk belajar, tetapi beberapa perubahan dalam perilaku hanya terjadi dengan guncangan besar pada sistem kehidupan.

Meskipun ada kebiasaan dan keterampilan yang belum Anda peroleh, kegagalan mengingatkan kita pada kebiasaan dan keterampilan yang kita miliki, tetapi saat itu hanya malas dalam mengimplementasikan. Setelah mengalami pencurian, Anda tidak akan pernah lupa memeriksa dan mengunci pintu-pintu lagi.

5. Anda akan membakar kesombongan dan arogansi.

Tidak ada yang kebal terhadap kesombongan dan arogansi. Penolakan, kehilangan dan kegagalan adalah ibarat segelas air untuk menelan pil pahit kesombongan dan arogansi Anda itu. Proses yang tidak menyenangkan itu, akan melahirkan kerendahan hati. Ini mungkin merupakan kebajikan paling menarik dan menguntungkan yang bisa dimiliki oleh siapa pun.

Seperti pepatah terkenal, kebanggaan terjadi sebelum kejatuhan. Penolakan dan kehilangan menukar kebanggaan dengan kerendahan hati, dan kerendahan hati mungkin adalah penyelamat Anda dari kejatuhan yang benar-benar merusak.

6. Anda akan menumbuhkan kekuatan hebat Anda.

Kekuatan kaki atlet beladiri Muay Thai dapat mematahkan tongkat pemukul bisbol. Fraktur mikro dari berjam-jam berlatih menendang sansak berat, menjadikannya penuh dengan kalsium, menghasilkan kepadatan tulang yang tidak normal seperti serat otot tumbuh sebagai akibat dari sobek mikro ketika berlatih.

Pepatah bahwa rasa sakitlah yang membawa keuntungan adalah kebenaran. Dengan setiap pukulan ke arah Anda, akan membuat Anda menyadari bahwa Anda tidak dapat menyenangkan semua orang, bahwa masalahnya lebih pada mereka daripada Anda, dan dampaknya akan mulai melunak.

7. Anda tidak akan pernah lagi bertanya-tanya “bagaimana jika?”

Pertanyaan “bagaimana jika?” dapat menyebabkan berjam-jam menatap kosong ke luar jendela. Saat keingintahuan itu diupayakan, Anda hanya akan membuang banyak waktu berharga.

Keingintahuan dapat melumpuhkan kesadaran Anda, dan mengalihkan perhatian dari pekerjaan yang seharusnya Anda lakukan.

Melihat ayahnya minum bir, seorang remaja Tony Robbins memohon pada ibunya untuk membiarkannya mencobanya. Ibunya tidak hanya membiarkannya mencoba, dia memberinya enam gelas penuh bir, dan tidak akan membiarkan dia pergi sampai dia minum setiap tetesnya. Akhirnya Tony tidak pernah menyentuh alkohol sejak itu. Rasa ingin muntahnya sendiri mungkin ada hubungannya dengan itu.

8. Anda akhirnya akan meminta bantuan.

Setiap orang dengan hasrat dan ambisi tinggi, dihinggapi sindrom superhero. Ketika kata “bantuan” menghilang dari kosakata Anda, kata itu ditemukan ketika Anda jatuh. Anda akan menyadari bahwa keterampilan pendelegasian sangat penting untuk kesehatan dan kemajuan Anda. Rasa sakit mengajarkan kita untuk beralih dari melihat bantuan secara negatif sebagai bentuk kelemahan, untuk menjadi secara positif mengakui, bahwa kesuksesan memperluas kapasitas Anda sendiri dengan membentuk tim.

9. Anda akan membuat evaluasi ulang.

Kegagalan mendorong Anda untuk terlibat dalam evaluasi ulang. Proses evaluasi ulang dan pemurnian tujuan, memberikan hasil yang lebih baik. Seperti kata pepatah, “Mengapa memperbaikinya jika tidak rusak?” Beberapa hal perlu diperbaiki, tetapi evaluasi ulang jarang terjadi sebelum sesuatu rusak.

Salah satu prestasi terbesar manusia adalah berenang sejauh 110 mil dari Kuba ke Florida. Satu-satunya individu di dunia yang mencapai prestasi itu adalah Diana Nyad yang berusia 64 tahun pada tahun 2013. Ini adalah upaya kelimanya. Dia mencoba sekali pada tahun 1978 dan tiga kali lagi dari 2011 – 2012 sebelum dia berhasil.

Salah satu alasan utama upaya keempatnya gagal adalah sengatan ubur-ubur yang membuat wajahnya bengkak. Akhirnya, ia mengenakan setelan tubuh penuh, sarung tangan dan topeng di malam hari — ketika ubur-ubur naik ke permukaan. Dia gagal, lalu membuat evaluasi ulang, dan akhirnya berhasil.

10. Anda akan menghargai kesuksesan Anda.

Nilai dan makna sukses, menjadi tinggi setelah menghadapi kesulitan, dan akhirnya berhasil mengatasinya. Perayaan terbesar datang dari pertempuran terberat.

Sedikit yang mengenali nama gunung Kangchenjunga sementara gunung Everest, yangvhanya 262 meter lebih tinggi darinya adalah nama gunung paling terkenal. Apa penyebabnya menjadi gunung paling terkenal? Kegagalan dan kematian bagi yang mencoba mendaki Everest menjadikannya pendakian yang paling dihormati dan dirayakan.

Pahitnya setiap penolakan, kehilangan, dan kegagalan, akan menambah manisnya setiap kemenangan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (151 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *