1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (185 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 24 December, 2016 - 9:00 PM

5 PEMIKIRAN Negatif dan Cara Mengatasinya

Ada banyak alasan mengapa Anda dapat dikelilingi oleh negativitas; Itu bisa dari orang-orang yang Anda kelilingi dengan Anda; lingkungan Anda; cara yang Anda rasakan dan berbicara dengan diri sendiri.

Apakah Anda mengalami banyak pemikiran negatif dalam kehidupan sehari-hari Anda? Mungkin Anda merasa sulit untuk berpikir positif dan mengubah pikiran negatif Anda? Ini adalah masalah umum dan memengaruhi banyak dari kita, tetapi dimungkinkan untuk mengatasinya.

Mungkin sulit untuk mengetahui cara menghentikan pemikiran negatif Anda terjadi atau menjadi lebih buruk, tetapi ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ini. Pertama kali adalah sebaiknya mengetahui mengapa kita memiliki pikiran negatif dan dampak yang bisa ditimbulkannya.

Mengapa kita memiliki pikiran negatif?

Beberapa orang mengalami pemikiran negatif karena kecemasan atau stres – ini seringkali meningkatkan pikiran negatif. Ini karena, ketika Anda stres atau cemas, Anda lebih cenderung melihat sisi negatif dari hal-hal dan memikirkan skenario terburuk.

Kita juga bisa memiliki banyak pikiran negatif ketika kita khawatir tentang masa depan atau trauma masa lalu juga. Jika Anda memikirkan hal-hal yang dapat salah atau mengkhawatirkan sesuatu yang belum terjadi, ini dapat menyebabkan hal-hal negatif yang berulang.

Pikiran negatif dapat terjadi ketika Anda merasa rendah atau mengalami hari yang buruk juga. Ini dapat menyebabkan Anda merasa buruk tentang diri Anda sendiri, salahkan diri Anda dan tunjukkan negatifnya. Jika ini berlanjut setiap hari, ini dapat menyebabkan suasana hati atau depresi yang rendah – jadi penting untuk mempelajari cara mengatasi pikiran negatif.

Sebelum kita membahas cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pikiran negatif Anda, kita lihat dulu tentang jenis pemikiran negatif yang sebagian besar kita miliki secara otomatis.

Ini semua adalah contoh umum dan dapat berbeda untuk setiap orang, tetapi Anda mungkin dapat berhubungan dengan beberapa, jika tidak semua, dari mereka. Sehingga ketika negativitas terjadi, Anda dapat bekerja dengan mengatasinya langsung.

1. Membaca Pikiran

Satu jenis pemikiran negatif adalah ‘membaca pikiran‘. Di sinilah kita secara otomatis berpikir bahwa kita tahu apa yang dipikirkan orang lain. Misalnya, mungkin seseorang mengabaikan pesan teks dari Anda.

Pemikiran ‘membaca pikiran‘ negatif adalah: ‘Mereka mengabaikan saya karena mereka marah pada saya.’ Ini adalah pemikiran, meskipun orang lain tidak memberi tahu Anda bagaimana perasaan mereka secara langsung, Anda percaya bahwa Anda tahu apa yang mereka pikirkan.

Ini bisa merusak karena Anda dapat mulai menunda diri sendiri dan menjauhkan diri dari teman atau keluarga di atas sesuatu yang mungkin tidak benar. Jika Anda dapat belajar untuk tidak melompat ke kesimpulan dan bertanya kepada orang-orang bagaimana perasaan mereka secara langsung, itu bisa menghemat banyak tekanan yang tidak perlu.

2. Berpikir Rasa Bersalah

Jenis pemikiran negatif lain adalah berpikir rasa bersalah. Di sinilah kita menggunakan kata-kata seperti ‘mesti’, ‘harus’, dan ‘jika hanya’ ketika berbicara tentang kesalahan atau hal-hal yang telah kita lakukan.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah masa lalu, itu tidak selalu menghentikan pikiran kita agar tidak berpikir dan memikirkannya. Orang-orang biasanya mengalami pemikiran bersalah ketika itu menghantui kesalahan yang telah mereka buat.

Misalnya, Anda mungkin mengatakan ‘Aku seharusnya pergi ke gym hari ini. “, Dan ini bisa membuatmu merasa bersalah karena tidak pergi ke gym dan kamu mungkin mulai menjatuhkan diri. Alih-alih menggunakan pemikiran yang bersalah, coba dan katakan ‘Saya tidak pergi ke gym hari ini, tapi tidak apa-apa. Selalu ada hari esok.

Dengan cara ini, Anda mengakui apa yang terjadi dengan cara yang positif dan Anda tidak membuat diri Anda bersalah karena tidak pergi. Jika Anda mulai mendengar berpikir bersalah merayap masuk, cobalah dan ubah narasi dan lemparkan perasaan bersalah.

3. Menceritakan Keberuntungan

Menceritakan keberuntungan adalah jenis pemikiran negatif otomatis di mana Anda memprediksi hasil terburuk yang bisa terjadi. Ketika Anda fokus pada situasi yang akan Anda miliki di masa depan, Anda cenderung menganggap yang terburuk dan berpikir sesuatu yang mengerikan akan terjadi.

Jika Anda ada panggilan wawancara kerja, misalnya, jenis pemikiran negatif ini dapat menyebabkan Anda memikirkan sesuatu seperti: “Saya tidak akan mendapatkan pekerjaan ini. Aku hanya tahu aku akan mengacaukan dan terlalu gugup.” Ini adalah menceritakan keberuntungan; Anda memprediksi hasil terburuk yang mungkin untuk situasi yang bahkan belum terjadi.

Ini adalah kebiasaan buruk untuk dimiliki, karena sebenarnya dapat menyebabkan Anda berhenti berjuang untuk tujuan Anda, mengambil risiko atau percaya pada diri sendiri. Menceritakan Keberuntungan, dapat memiliki dampak besar pada harga diri Anda dan hal terbaik untuk dilakukan adalah mengetahui bahwa Anda tidak dapat memprediksi masa depan, dan ada begitu banyak kemungkinan hasil, sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

(Ini tidak semudah kedengarannya, bagaimana pun, saya akan berbagi tips untuk mengatasi pemikiran negatif.)

4. Perbandingan

Dalam masyarakat saat ini, dapat menjadi jauh lebih mudah untuk membandingkan diri kita dengan orang lain, terutama melalui media sosial. Semua orang mengunggah gambar dan cerita terbaik, yang terkadang membuat kita merasa kempes dan cemburu.

Ketika Anda mulai membandingkan diri Anda dengan orang lain, dengan pemikiran seperti, ‘dia terlihat jauh lebih cantik dariku’, atau ‘Mereka memiliki segalanya, apa yang saya miliki?’, Ini bisa sangat mudah untuk mengembangkan suasana hati yang rendah dan merasa tertekan.

Sesuatu yang selalu layak diingat adalah bahwa setiap orang memiliki kelemahan, dan tidak ada yang sempurna. Jika Anda dapat melihat diri Anda dengan cahaya positif dan ingat bahwa orang lain mengalami kesulitan dan hal-hal yang tidak mereka sukai juga, ini dapat membuatnya lebih mudah untuk mencoba dan tetap positif.

5. Menyalahkan

Jenis pemikiran negatif lainnya adalah menyalahkan. Anda menyalahkan diri sendiri atau orang lain karena masalah atau kesalahan yang terjadi. Ini dapat menyebabkan Anda merasa seperti gagal dan dapat menurunkan kualitas diri Anda, menyebabkan suasana hati yang rendah.

Anda mungkin menemukan bahwa ketika ada sedikit atau besar hal yang terjadi, Anda menyalahkan diri sendiri. Mungkin sulit untuk melihat hal-hal dari perspektif yang berbeda, tetapi itu dapat benar-benar membantu Anda untuk mengubah cara berpikir Anda dengan pandangan positif.

Di sisi lain, Anda mungkin juga menemukan bahwa Anda menyalahkan orang lain atas masalah Anda dan tidak mengambil tanggung jawab pribadi. Ini juga bisa sama berbahayanya dengan menyalahkan diri sendiri, karena Anda dapat membuat kesimpulan salah, dan mungkin kehilangan pertemanan juga.

Ini bisa menjadi cara berpikir yang sangat negatif jika Anda menyalahkan orang lain, karena Anda mungkin merasa sulit untuk mencoba mengubah situasi Anda dan melihat sesuatu dari pandangan yang berbeda.

Cara Mengatasi Pemikiran Negatif

Sekarang kita tahu berbagai jenis pemikiran negatif otomatis, saatnya untuk membahas hal-hal berbeda yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya. Ini tidak berarti bahwa Anda sepenuhnya akan menghilangkan pemikiran negatif; Itu adalah sesuatu yang dapat dilakukan semua orang.

Ada cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi pemikiran negatif Anda, ketika mereka muncul. Jadi, Anda tahu bagaimana mengenali pemikiran negatif. Silakan baca terus untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan ketika hal itu terjadi.

1. Meditasi

Meditasi dapat menjadi cara yang sangat bagus untuk memfokuskan kembali pikiran Anda dan membawa perhatian pada saat ini dan bagaimana perasaan Anda. Ini dapat membantu membawa Anda kembali ke momen, sehingga bisa menjadi praktik yang hebat untuk dilakukan jika Anda berada di tengah-tengah memiliki pikiran negatif otomatis dan tampaknya tidak bisa menghentikan mereka.

Meditasi bisa sangat santai, dan cara kerjanya adalah jika ada pemikiran negatif yang muncul saat Anda bermeditasi, Anda membiarkannya masuk dan kemudian melepaskannya. Anda mengenali mereka ada di sana, tetapi Anda tidak memberi mereka perhatian dan fokus pada pernapasan Anda.

Jika Anda memiliki pikiran negatif dan dapat menyisihkan 10 menit, cobalah untuk bermeditasi dan fokus pada pernapasan Anda untuk membantu menenangkan Anda dan mengalihkan perhatian Anda dari pikiran negatif.

2. Bingkai Ulang Pemikiran Anda

Ketika Anda sadar bahwa pikiran negatif akan muncul, Anda kemudian dapat mulai mencoba dan membingkai ulang mereka. Mungkin Anda bisa bertanya pada diri sendiri mengapa Anda mungkin mengalami pemikiran ini? Apakah karena sesuatu lain yang terjadi? Apakah ada cara Anda dapat melihatnya dari perspektif yang berbeda?

Cara lain untuk membingkai ulang pikiran negatif Anda adalah dengan mencoba dan mengubah narasinya. Misalnya, jika Anda memiliki pemikiran seperti ‘Saya akan gagal dalam ujian ini hari ini.’, Sebagai gantinya, membingkai ulang dengan cara yang lebih positif: ‘Saya tahu saya khawatir tentang kegagalan ujian ini, tetapi selama saya mencoba yang terbaik, itu yang penting.’

Jika Anda dapat mulai membingkai ulang pikiran negatif Anda, itu dapat benar-benar membantu Anda untuk memasukkan segala sesuatu ke dalam perspektif dan mengubah pemikiran Anda dengan bahasa yang lebih positif.

3. Kelilingi Diri Anda dengan Orang-orang Positif

Pernahkah Anda miliki sekelompok teman yang membuat Anda jatuh? Atau membuat komentar yang tidak membantu dan negatif? Ini benar-benar dapat memengaruhi pemikiran Anda sendiri dan bagaimana Anda melihat diri Anda juga. Lingkupi diri Anda dengan orang-orang positif, juga dapat membantu untuk mengubah pemikiran negatif Anda sendiri. Jika Anda merasa sedih, teman dan keluarga yang mendukung, dapat menawarkan saran dan memberi Anda pandangan berbeda tentang apa yang Anda khawatirkan.

Anda tidak ingin orang-orang di sekitar Anda memberi makan pemikiran negatif Anda, karena ini bisa memperburuk keadaan bagi Anda. Pastikan Anda mengelilingi diri Anda dengan orang-orang positif dan mendukung, yang dapat mengangkat Anda dan tidak membawa Anda jatuh ke bawah.

4. Buat Daftar Rasa Terima Kasih

Anda mungkin sudah mendengar tentang daftar terima kasih, jika Anda memiliki minat pada Hukum Tarik-Menarik (Law Of Attraction), dan mereka bagus untuk berbagai alasan. Ketika Anda menuliskan hal-hal yang Anda syukuri, Anda terus-menerus fokus pada hal-hal positif, yang baik dalam hidup Anda untuk waktu itu.

Anda juga dapat menggunakan daftar terima kasih untuk menulis hal-hal positif tentang diri Anda juga. Fokus pada hal-hal baik tentang diri Anda, misalnya, bahwa Anda peduli atau mendukung kegiatan amal dan hal baik lainnya. Tuliskan semua sifat positif Anda.

Ini dapat membantu Anda untuk hanya fokus pada hal-hal positif dan bukan pemikiran negatif yang mungkin Anda alami sebelumnya. Anda bisa melakukan ini setiap saat, setelah Anda bangun, dan sebelum Anda pergi tidur, atau bahkan mulai menuliskannya ketika Anda mengalami pikiran negatif.

5. Gunakan Afirmasi

Anda mungkin juga terbiasa dengan afirmasi. Afirmasi adalah pernyataan yang dapat kita katakan pada diri kita sendiri untuk menjaga kita dalam suasana hati positif, dan menunjukkan diri kita sendiri dengan energi positif. Ini benar-benar dapat membantu jika Anda merasa sangat negatif suatu hari nanti.

Anda dapat menggunakan afirmasi seperti ‘Saya merasa positif dan saya tahu, saya memiliki hari yang baik.’ atau ‘Aku siap menyebarkan kepositifan kepada orang lain dan juga pada diriku sendiri. ” Jika Anda dapat melakukan ini, itu dapat benar-benar membantu merapikan setiap hal negatif yang mungkin Anda hadapi.

Setiap kali Anda memutuskan untuk mengatakan afirmasi Anda, cobalah untuk benar-benar percaya pada apa yang Anda katakan dan fokus pada perasaan positif yang Anda dapatkan juga.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (185 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

1 thought on “5 PEMIKIRAN Negatif dan Cara Mengatasinya”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *