1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (174 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 28 April, 2017 - 11:00 PM

Bagaimana AFIRMASI Mengubah Otak Anda

Anda tahu pepatah lama, apakah gelas setengah penuh atau setengah kosong? Ini digunakan untuk menunjukkan titik bahwa ketika hidup terasa seperti memburuk, terkadang sebenarnya persepsi Anda yang menyabotase kebahagiaan Anda.

Namun, tidak selalu mudah untuk melihat keadaan persepsi dengan cara sederhana, seperti dengan gelas setengah terisi. Kita memiliki bias pribadi dan konotasi pribadi sendiri.

Bagaimana Otak Akan Membuktikan Benar

Pikiran manusia ingin menjadi benar, dan ketika masuk ke dalam spiral pemikiran negatif yang menurun, otak terus melakukannya, dan menemukan alasan mengapa berpikir seperti itu adalah benar. Otak kita juga memiliki sekelompok saraf di batang otak, yang disebut Sistem Aktivasi Retikuler.

Bagian otak tersebut menjalankan beberapa hal, salah satunya adalah fakta bahwa otak mempersonalisasikan persepsi kita tentang kehidupan. Jadi, informasi yang tidak Anda inginkan akan disaring, dan ditutup, dan akan menyoroti informasi yang Anda anggap penting.

Anda dapat mencobanya, misalnya dengan memindai ruangan tempat Anda berada, dan mencari warna hijau. Coba lakukan. Apakah Anda memperhatikan lebih banyak warna hijau daripada yang Anda sadari, sebelum Anda secara khusus mencari warna itu? Nah, cobalah kembali dengan memindai ruangan untuk warna merah. Lihat apa yang terjadi?

Anda skan memperhatikan, bagaimana mata Anda melihat warna merah seolah-olah disorot oleh program komputer dalam pikiran Anda. Ya, ini dikenal sebagai Sistem Aktivasi Retikuler. Jadi, bagaimana ini terkait dengan pemikiran positif yang mengubah pandangan kita tentang kehidupan?

Itulah fakta bahwa otak kita adalah neuroplastik, artinya otak akan menyusun ulang dirinya sendiri, dan sepenuhnya dipengaruhi oleh cara Anda menggunakannya setiap hari.

Jadi, ketika Anda menemukan diri Anda dalam kebiasaan pikiran negatif yang konsisten, otak akan mulai memperkuat neuron yang bekerja bersama. Ini berarti otak Anda akan mulai merasa nyaman, dan secara alami mengikuti perspektif yang ditetapkan oleh jalur saraf negatif ini.

“Ini adalah pengulangan penegasan yang mengarah pada keyakinan. Dan begitu keyakinan itu menjadi keyakinan yang dalam, banyak hal mulai terjadi.” – Muhammad Ali

Kemudian, yang dilakukan pada Sistem Aktivasi Retikuler ini, akan membuatnya secara alami fokus, dan menyoroti perspektif negatif dalam kehidupan sehari-hari Anda. Sama seperti warna dalam ruangan, perspektif negatif akan muncul lebih umum dibandingkan dengan jalur saraf pikiran positif, yang menjadi lebih lemah.

Namun, sifat neuroplastik otak juga bisa dibalik. Ketika Anda mempraktikkan afirmasi positif, tidak peduli betapa asingnya perasaan itu, otak Anda mulai menghubungkan jalur saraf pemikiran positif terhadap diri sendiri. Semakin Anda mempraktikkan afirmasi positif, Anda akan merasa lebih nyaman dengannya, dan optimisme secara alami akan mulai muncul dalam persepsi Anda.

Bawa Afirmasi Langsung ke Alam Bawah Sadar

Saat Anda melakukan tugas tanpa pikiran atau secara berulang, di sinilah pikiran bawah sadar mengambil alih seperti saat Anda tertidur. Menggunakan afirmasi pada saat ini dapat membuatnya masuk ke dalam alam bawah sadar, bahkan saat pikiran sadar Anda terfokus pada hal lain.

Kemudian Anda bisa berkreasi dengan mendengarkan afirmasi. Anda dapat merekam diri sendiri yang sedang berbicara afirmasi, dan mendengarkannya kembali saat Anda sedang berolahraga, bersih-bersih rumah, makan, sedang santai, atau saat tiduran menjelang tidur.

Anda dapat mengulangi membaca afirmasi untuk diri Anda sendiri, atau menyanyikannya dengan lantang saat Anda melakukan tugas rutin berulang. Anda juga boleh mendengarkan afirmasi orang lain, yang menurut Anda sesuai dengan tujuan Anda, dan mengulangi afirmasi itu untuk diri Anda.

Anda bahkan dapat membawa afirmasi ke dalam latihan meditasi Anda, dan menggunakannya seperti mantra untuk memusatkan perhatian pada pikiran. Untuk menghasilkan efek terdalam dengan afirmasi, biarkan diri Anda dipenuhi dengan perasaan penghargaan, kebanggaan, atau kebahagiaan.

Nasihat bijak dari Eric Maisel ini sangat bagus, “Afirmasi tidak terikat dalam aturan. Afirmasi bisa panjang atau pendek, puitis atau polos. Jika Anda menyukai ungkapan dan menemukan bahwa itu membantu Anda, itu adalah penegasan yang valid.”

Dialog Penuh Cinta Diri

Saya menegaskan diri saya saat ini, sebagai versi diri saya yang ingin saya wujudkan dan bahkan menuliskan rasa terima kasih penuh rasa cinta kepada saya sendiri, atas keterampilan yabg saya kuasai ini telah memengaruhi hidup saya menjasi lebih baik.

Anda dapat mempraktikkan surat cinta yang memuji diri sendiri, mengakui aspek Anda yang Anda hargai, atau menulis surat pengampunan jika itu terasa seperti sesuatu yang Anda tahan untuk diberikan kepada diri sendiri. Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, coba perhatikan di mana Anda secara khusus merasa tidak nyaman, karena hal itu membust Anda dapat menciptakan perubahan yang kuat.

Meskipun Anda merasa asing saat memulai praktik ini, ingatlah, Anda sedang menciptakan jalur saraf baru, yang Anda inginkan dalam memandang kehidupan. Dengan menggunakan kekuatan otak Anda, Anda dapat memilih untuk melihat gelas setengah penuh, kemudian memenuhinya dengan hal-hal positif dan membahagiakan hidup Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (174 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *