1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (168 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 08 June, 2017 - 5:00 AM

4 Latihan KESADARAN untuk Atasi Rintangan Mental

Apa pun ambisi Anda, Anda harus mengatasi rintangan mental dengan melatih KESADARAN (Mindfulness) sepenuhnya, sebelum Anda secara efektif dapat mengatasi tantangan kehidupan.

KESADARAN (Mindfulness) adalah tentang mengelola kondisi apa pun pada saat ini dan tidak menghakimi. Ini berarti berfokus pada apa yang ada di depan Anda, daripada terjebak dalam pikiran dan kekhawatiran yang berakar di masa lalu atau masa depan.

Berikut adalah 4 Cara Kesadaran, yang dapat membantu Anda dalam mengatasi rintangan mental yang besar:

1. KESADARAN Melatih Fokus

Kita tahu bahwa fokus tertinggi adalah kunci untuk kinerja yang optimal, dalam hal apa pun. Saat pikiran Anda mengembara, tubuh Anda tidak sinkron dan kualitas kinerja menjadi buruk. Penelitian menunjukkan bahwa hanya 20 menit Meditasi Kesadaran per hari selama lima hari, berpotensi memperkuat kemampuan Anda untuk fokus secara signifikan.

2. KESADARAN Meningkatkan Motivasi Intrinsik

Ketika Anda secara intrinsik termotivasi untuk melakukan sesuatu, Anda terlibat dalam tindakan hanya untuk kecintaan pada sesuatu itu sendiri. Penelitian telah menemukan bahwa kesadaran dapat meningkatkan motivasi intrinsik seseorang untuk berkompetisi. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh fakta bahwa ini menyesuaikan Anda dengan spektrum pengalaman dan kegembiraan lingkungan yang indah atau kebebasan bergerak.

Coba duduklah selama beberapa menit, dan buat daftar tiga hal yang menurut Anda telah Anda lakukan dengan baik dan tiga hal yang mungkin Anda sesuaikan selama periode berikutnya. Daftar ini mengakui fakta bahwa Anda terus membangun kesadaran menuju sesuatu yang lebih baik. Mengidentifikasi kelemahan tidak apa-apa, tetapi juga harus membantu menekankan hal-hal yang Anda lakukan dengan baik, agar Anda selalu kembali mundur lagi.

3. KESADARAN Menurunkan Stres

Stres memiliki cara untuk menguras energi dan membuat Anda tetap di diam. Sebuah studi tahun menemukan bahwa kesadaran (mindfulness) dapat membantu seseorang melihat stres dan pikiran negatif dengan pikiran penerimaan, sehingga itu meningkatkan performa. Bahkan intervensi kesadaran secara singkat dapat menurunkan tingkat stres.

Sisihkan beberapa saat untuk duduk diam di kursi dengan punggung tegak dan tangan diletakkan dengan lembut di pangkuan. Tutup mata Anda dan mulailah memindai secara perlahan dari kepala hingga ke jari-jari kaki Anda. Rasakan setiap bagian tubuh dan bawa kesadaran pada ketidaknyamanan. Jika Anda melihat atau merasakan ketegangan, berhenti sejenak untuk melihat dan memeriksanya, sehingga Anda bisa melepaskannya. Dengan menggunakan teknik ini, kesadaran penuh juga dapat membantu mengoptimalkan pemulihan diri.

4. KESADARAN Mengurangi Penilaian Diri

Pikiran kritis diri sering kali muncul. Mungkin Anda merasa tidak sehat atau kecewa karena kurangnya motivasi. Pemikiran seperti ini tidak hanya dapat membuat Anda meremehkan potensi Anda, tetapi juga menandakan kurangnya kesadaran diri. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa individu yang lebih memiliki kesadaran, menonaktifkan area tertentu di otak yang bertanggung jawab atas proses referensi diri, dapat membantu tetap fokus pada apa yang ada di hadapannya saat ini, daripada pikiran obsesif dan kecemasan.

Latihan pernapasan yang penuh kesadaran, dapat menjadi cara bagus untuk memperlambat proses berpikir referensi-diri, dan kembali fokus pada momen saat ini. Luangkan setidaknya lima menit di tempat yang tenang untuk melakukan latihan ini.

Mensinkronkan Nafas: Mulailah dengan menarik napas, saat di dalam pikiran Anda perlahan menghitung sampai empat. Lalu buang napas, hitung lagi sampai empat. Saat Anda menjadi lebih rileks, lihat apakah Anda bisa memperlambat laju pernapasan Anda, dan tingkatkan hitungan sampai lima atau enam.

Menghitung Putaran Nafas: Fokus pada pernapasan dalam, isi paru-paru Anda sepenuhnya. Berhenti sejenak dan keluarkan semua udara dari paru-paru secara perlahan saat Anda menghembuskan napas. Itu satu putaran. Terus hitung setiap putaran hingga 20 kali putaran.

Nah Sahabat. Sudahkah Anda melatih Kesadaran (mindfulness) untuk mengatasi rintangan mental Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (168 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *