1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (157 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 18 July, 2017 - 10:00 AM

HIDUP sebagai Pengusaha PALSU

Di SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College, kami mendorong kaum muda untuk mendapatkan pendekatan ilmu dan praktik kewirausahaan dalam kehidupannya. Bagi kami, itu berarti mereka bisa menemukan cara sendiri, berpikir secara berbeda, dan menggunakan kreativitas, pemikiran kritis, dan inovasi untuk memecahkan masalah. Dengan kata lain, memperoleh keterampilan kewirausahaan.

Membangun bisnis adalah salah satu cara untuk menggunakan keterampilan kewirausahaan tersebut. Dan, ada banyak situasi lain di mana Anda dapat menerapkan ilmu kewirausahaan ini. Mr. Wuryanano, adalah pendukung besar pendekatan kewirausahaan di lembaga ini, maupun di berbagai instansi swasta dan negeri. Selama bertahun-tahun dia telah bekerja sama dengan berbagai instansi itu, menggunakan keterampilan kewirausahaan dan pola pikir kewirausahaan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi masyarakat. Dan unik bahkan lucu, Mr. Wuryanano ini menyebut dirinya sebagai “Pengusaha Palsu”. Maksudnya, dia bertindak sebagai pengusaha di perusahaan orang lain, pada saat memberikan pelatihan, atau business coaching, alih-alih bekerja untuk bisnisnya sendiri, dia justru bekerja untuk mengisnpirasi membangun, dan mengembangkan bisnis milik orang lain.

Jadi, apa sebenarnya keterampilan kewirausahaan dan pola pikir “pengusaha palsu” ini? Menurut Mr. Wuryanano, ada banyak sekali, tetapi beberapa yang lebih penting sebagai berikut:

Keingintahuan & Keberanian

Dalam upaya menemukan masalah baru untuk dipecahkan atau solusi baru untuk masalah lama, untuk mengeksplorasi kemungkinan penemuan dan teknologi. Atau untuk menemukan kembali model bisnis lama yang tidak efisien, maka dibutuhkan rasa ingin tahu yang besar dan keberanian untuk mempertanyakan status quo. Ide-ide baru selalu mengandung risiko, tetapi juga selalu merupakan peluang; jadi tumbuhkan keingintahuan dan keberanian dalam diri Anda untuk melihat peluang dan meraihnya.

Ketahanan & Gairah

Mengembangkan ide baru dan sukses, itu membutuhkan waktu, disiplin, dan bahkan lebih banyak kerja keras. Saat berlayar ke perairan yang belum dijelajahi, Anda mungkin menemui bahaya yang tidak terduga seperti angin badai yang kuat, hiu haus darah, atau gunung es besar yang menghadang. Untuk menavigasi semua bahaya itu dan tetap berada di jalur, Anda harus pergi berpetualang dengan pikiran, hati dan jiwa, yang mendukung, sehingga Anda memiliki motivasi dan ketahanan untuk melewatinya.

Jaringan & Tim

Kita masing-masing memiliki banyak keterampilan, pengalaman, dan pengetahuan, yang membuat kita dan ide-ide kita unik. Namun, terlepas dari kehebatan pribadi kita, akan selalu ada hal-hal yang tidak dapat kita lakukan sendiri. Memiliki jaringan yang kuat dan tim luar biasa, sering kali menjadi pembeda kisah sukses dan kisah kegagalan. Semakin beragam, mendukung, dan terhubung dengan baik lingkaran sosial Anda, semakin besar peluang Anda untuk sukses.

Manajemen Waktu & Penetapan Tujuan

Kepemimpinan pribadi adalah kualitas kunci pengusaha. Mereka harus menyusun waktu dan energi mereka, menetapkan tujuan dan prioritas yang jelas, juga menentukan langkah-langkah tindakan dan pencapaian, baik untuk diri mereka sendiri maupun untuk tim mereka. Bahkan sebagai ‘Pengusaha Palsu‘ yang harus berkoordinasi dengan tim dan bos, ini adalah keterampilan yang berguna untuk dimiliki. Anda lebih efisien dan lebih termotivasi, jika Anda berpikir dan bertindak dengan sifat kepemimpinan Anda sendiri.

Manfaat Mengasah Keterampilan Wirausaha

Bertindak seperti pengusaha, memiliki banyak keuntungan. Anda bertindak lebih bertanggung jawab, lebih mandiri, lebih efisien. Anda mencari peluang, memprioritaskan keingintahuan daripada rasa takut, dan terhubung dengan orang-orang dari dekat maupun jauh. Keterampilan ini luar biasa ketika mengikuti impian Anda sendiri, disamping mendukung impian orang lain. Bahkan di lembaga pendidikan, pola pikir pengusaha memiliki banyak manfaat untuk memprioritaskan waktu, menyelesaikan sesuatu secara tuntas, dan menjelajahi topik baru dengan rasa ingin tahu dan semangat menggelora.

Dalam berbagai kesempatan di beragam pelatihan kewirausahaan dan manajemen, Mr. Wuryanano memberikan contoh petualangannya sendiri sebagai pengusaha. Dia berbicara tentang bagaimana dia telah menggunakan keterampilan kewirausahaan tersebut untuk memecahkan masalah, membuat terobosan baru, tidak hanya untuk bisnisnya sendiri, namun juga untuk membantu perusahaan besar lainnya.

Itulah sebabnya, dia menyebut dirinya dengan istilah unik dan lucu, sebagai ‘Pengusaha Palsu‘, karena dirinya juga ikut membantu perusahaan lainnya, di luar perusahaannya sendiri; yang mana hal membantu seperti ini sangat jarang, atau bahkan tidak pernah dilakukan oleh pengusaha lainnya. Kehidupan kerja dan kehidupan pribadinya adalah contoh yang bagus tentang bagaimana bisa terlepas dari belenggu pekerjaan apa pun, dan menikmati kebebasan waktu untuk melakukan apa pun yang disukai.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda memperoleh pengetahuan dan keterampilan berbisnis, dan memanfaatkannya, tidak hanya untuk bisnis Anda sendiri, namun juga membantu bisnis milik orang lain? Apakah Anda juga melakoni sebagai ‘Pengusaha Palsu:?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (157 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *