1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (211 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 16 September, 2017 - 10:00 PM

Ilmu BUSINESS Owner

Untuk menjadi Business Owner, ilmu manajemen bisnis tidaklah terlalu memegang peran. Ada hal lain yang perlu dimiliki, yaitu ilmu mengelola orang lain. Kebanyakan ilmu ini tidak dimiliki oleh para mantan direktur perusahaan besar, sehingga ketika mereka pensiun dan ingin menjadi “business owner”, umumnya mereka gagal.

Enam Hal paling berpengaruh pada perkembangan bisnis:

1. Dream Building:
Ini adalah ilmu membangun impian atau visi, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Tanpa memiliki ini, maka semua itu omong kosong.

Ini kelemahan utama para karyawan dan profesional sehingga sulit untuk “menyeberang”. Mereka tidak dibiasakan memiliki impian, karena kerangka berfikirnya adalah linier (penambahan), sehingga merasa tidak akan mungkin ada ‘kejutan’.

Mereka tidak merasa perlu menghemat, karena toh nanti juga nambah lagi. Karir, penghasilan dan sebagainya sudah bisa diramalkan di depan. Untuk apa membuang energi untuk bermimpi? Begitu pikir mereka.

Hanya mereka yang bisa berpikir out of the box yang bisa memiliki impian setinggi langit, dan kemudian mencapainya. Mereka memiliki kerangka berpikir eksponensial atau kelipatan perkalian.

Mereka seringkali adalah orang yang hemat, karena tahu bahwa jika suatu saat ada kesempatan untuk men-double-kan sesuatu, maka ada kesempatan membuat kelipatan perkalian BUKAN penambahan, dari angka berapa pun yang diinginkannya.

Jadi, mereka terbiasa menyimpan sesuatu dan ada rasa sayang jika dibelanjakan untuk hal-hal yang tidak terlalu mendesak bermanfaat, misalnya memperindah rumah, menambah mobil dsb.

2. Goal Setting:
Bagaimana memecah impian jangka panjang tadi menjadi tahapan-tahapan yang jelas.

3. Leadership Skill:
Bagaimana bisa memimpin sebuah team, tanpa membuat kita menjadi orang yang terpandai dalam team.

4. People Skill:
Bagaimana kita mengomunikasikan dream yang kita miliki, mengenali orang-orang yang tepat, membuat mereka sukarela bekerja dengan kita dan sebagainya.

5. Time Management:
Bagaimana bisa mendisiplinkan diri kita dalam membagi waktu, sehingga bisa bekerja sesuai urut-urutan dari yang paling penting.

6. Financial Intelligent:
Tidak banyak manfaatnya membangun bisnis yang memasukkan uang, jika kita tidak terlalu mengerti tentang uang.

Ke enam ilmu ini bisa dipelajari. Mereka yang lahir di lingkungan business owner atau investor, sangat beruntung karena secara langsung atau tidak langsung sudah mempelajarinya sejak kecil.

Tapi bagi mereka dari keluarga pekerja/pegawai, harus lebih bersusah payah dulu, jika ingin bebas finansial dan bebas waktu.
Mengapa?
Karena hampir tidak mungkin bagi orang biasa untuk bisa bebas finansial dan bebas waktu tanpa menjadi business owner atau investor.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (211 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *