1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (71 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 18 September, 2017 - 8:05 AM

Cara Jalani Hidup Sesuai DESAIN Anda

Terlalu banyak dari kita yang menjalani hidup seperti kehidupan orang lain. Kita menjalani apa yang diinginkan orang lain untuk kita, atau apa yang diharapkan orang lain dari kita.

Bahkan mungkin bukan oleh ‘seseorang’, karena bisa jadi budaya tempat kita dibesarkan, yang menentukan jalan hidup kita, lingkungan tempat tinggal, atau keluarga tempat kita berada.

Itu memang tidak membuat ‘seseorang’ atau ‘sesuatu’ menjadi buruk. Itu hanya menunjukkan, betapa mudahnya untuk mengikuti ‘norma’ atau ‘yang diharapkan’, dibandingkan dengan menjalani hidup seperti apa yang kita rancang. Bagaimana kita bisa ke luar dari ‘kebiasaan’ melakukan ‘norma’ atau apa yang ‘diharapkan’ lingkungan dan budaya sekitar kita? Bagaimana kita sampai ke tempat kita menjalani hidup sesuai dengan desain unik kita sendiri?

Mari kita lihat, apakah kita termasuk ke dalam kebiasaan itu. Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui apakah Anda dalam kebiasaan:

1. Mengapa Impian Masa Kecil Anda

Apakah Anda melakukan yang Anda impikan ketika Anda masih kecil? Apakah Anda ingat mimpi masa kecil Anda? Ada apa di belakang impian masa kecil Anda? Mengapa mimpi-mimpi itu? Latihan ini bukan untuk menunjukkan bahwa Anda tidak melakukan mimpi itu, tetapi untuk memahami apa yang ada di balik mimpi itu.

Cobalah Anda memikirkan, mengapa impian masa kecil Anda ingin menjadi dokter, insinyur, pilot, atau balerina, atau artis. Apakah itu tentang membantu orang lain, membawa kegembiraan bagi orang lain, atau membawa keindahan bagi orang lain? Apa yang ada di balik mimpi Anda?

Seringkali, alasannya ini bukan tentang pekerjaan yang sebenarnya, melainkan tentang apa yang ada di balik keinginan untuk berada di pekerjaan atau posisi itu. Jika apa yang Anda lakukan hari ini tidak sejalan dengan alasan Anda ingin menjadi seperti impian masa kecil, atau apa pun itu untuk Anda, maka Anda mungkin termasuk berada dalam kebiasaan.

“Bermimpilah mimpi besar! Bayangkan Anda tidak memiliki batasan, dan kemudian putuskan apa yang benar sebelum Anda memutuskan apa yang mungkin.” – Brian Tracy

2. Hal-Hal Favorit Anda

Bisakah Anda memberi tahu saya warna favorit Anda, atau artis, atau arsitek, atau bunga, atau apa pun itu? Sebagai makhluk kreatif, kita mendambakan kreativitas – jika kita benar-benar hidup. Terlalu sering, kebutuhan kita akan kreativitas terkubur – dan kita bahkan tidak menyadarinya.

Memberi nama warna favorit, artis, atau memiliki favorit dalam apa yang kita anggap dunia kreatif, adalah pertanda baik bahwa masih ada kreativitas dalam hidup kita. Namun, jika kita hanya dapat menyebutkan satu hal favorit atau tidak sama sekali, maka kreativitas bukanlah bagian dari hidup kita.

3. Apa yang Menggerakkan Anda

Kapan terakhir kali Anda tertawa, menangis, atau merasa marah? Jika kita tidak merasakan kegembiraan atau kesedihan, kita cenderung melakukan hidup dengan autopilot.

Kita cenderung bangun di pagi hari, mandi, berpakaian, pergi bekerja, dan pulang. Kita mungkin menghabiskan waktu bersama keluarga, meskipun mungkin bukan waktu yang berkualitas. Kita mengakhiri hari dengan pergi tidur, melakukannya di hari berikutnya, dan berikutnya, dan terus berikutnya. Itu sedikit berubah di akhir pekan, namun bahkan di akhir pekan pun tidak membawa tawa atau pun tangis.

Mungkin Anda tidak pergi bekerja setiap hari, tetapi Anda merasakan monoton dan rutinitas yang sama pada hari-hari Anda. Anda tidak merasakan emosi yang kuat untuk waktu yang lama. Jika ini menggambarkan Anda, maka Anda mungkin berada dalam kebiasaan.

“Tidak ada gairah yang bisa ditemukan dengan bermain kecil – dalam mengatur kehidupan, yang kurang dari apa yang mampu Anda jalani.” – Nelson Mandela

4. Bagaimana Memulai Hidup Sesuai Desain Anda

Setelah kita tahu, kita berada dalam kebiasaan, mari lihat satu hal yang membantu siapa pun ke luar dari kebiasaan, dan mulai hidup sesuai dengan desain unik mereka.

Bagi saya, dan kemungkinan besar juga bagi banyak orang lainnya, perjalanan hidup dengan desain unik kita ini dimulai dengan memperkenalkan kembali kreativitas ke dalam hidup kita. Kreativitas adalah hal yang menarik Anda ke luar dari kebiasaan Anda, apa pun kebiasaan itu.

Perjalanan Anda mungkin tidak mengarah pada apa yang biasanya dianggap kreatif, tetapi tindakan bergerak menuju apa yang Anda anggap kreatif akan mulai mengungkapkan lebih banyak tentang diri Anda. Ini selalu menjadi langkah awal untuk dapat menjalani hidup sesuai dengan desain Anda.

Apa bentuk Kreatif Anda? Mulailah perjalanan untuk menjelajahi dimensi “suka” dan “tidak suka” Anda. Dalam proses itu, pada akhirnya akan menuntun Anda menjalani hidup sesuai dengan desain unik Anda sendiri.

Penting dipahami adalah bahwa perjalanan ini tidak pernah berakhir. Itulah keindahan dan tantangan dari semuanya. Indahnya menemukan lebih banyak tantangan, untuk tidak pernah benar-benar mengetahui, ke mana perjalanan itu akan membawa kita.

Nah Sahabat. Apakah Anda menjalani hidup sesuai dengan desain Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (71 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *