1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (62 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 October, 2017 - 6:00 AM

5 Teknik MANAJEMEN STRES untuk Kebahagiaan

Hidup adalah perjalanan yang menggembirakan dan inilah yang kita rasakan sebagai anak-anak.

Tapi, saat kita tumbuh, persepsi kita tentang kehidupan mengalami perubahan drastis dan kita tidak lagi menemukan kegembiraan dalam hidup.

Hidup menjadi perjuangan dan stres adalah penyebab utama di baliknya. Kita menghabiskan hari-hari dengan terbebani oleh kelelahan stres, mencari kesenangan sekecil apa pun dalam hal-hal materialistis, seperti mendapatkan promosi pekerjaan, membeli rumah yang lebih besar, dan sebagainya. Tapi, kegembiraan yang kita rasakan atas pencapaian itu menyedihkan, berumur pendek dan pencarian kita akan kegembiraan dan kebahagiaan sepertinya perjalanan yang tidak pernah berakhir.

Jadi, kita sering bertanya-tanya apakah ada cara yang dapat membawa perjalanan tanpa akhir ini menuju penghentian dan menemukan kebahagiaan sejati dalam hidup. Untungnya, ada satu cara untuk menemukan kegembiraan yang tidak pernah berakhir dalam hidup dan itu adalah manajemen stres yang efektif.

Ya, hanya dengan mengelola tingkat stres secara efektif, kita dapat memperoleh kembali kegembiraan hidup. Ini karena sebenarnya kita tidak perlu mencari kegembiraan di tempat lain. Itu selalu ada di dalam diri kita semua. Tetapi, hanya saja awan gelap stres mencegah cahaya kegembiraan batin kita.

Berikut ini beberapa teknik manajemen stres, yang dapat menguraikan awan gelap stres. Saya berharap teknik ini dapat membantu Anda melepas stres dan berbahagia dalam hidup.

1. Melambat Sedikit

Hidup tergesa-gesa adalah salah satu penyebab utama stres. Keadaan tergesa-gesa terus-menerus menjerat pikiran dalam simpul kecemasan, yang mengakibatkan stres, menghilangkan kedamaian dan kegembiraan batin dari kehidupan.

Jadi, bagi Anda, para pencari kebahagiaan, sangat penting untuk sedikit memperlambat. Perlambat untuk melihat hal-hal di sekitar Anda. Jika Anda melihat bunga yang indah, jangan lewat begitu saja. Sebaliknya, berhenti sejenak untuk melihat kelopaknya, warnanya, dan serap aromanya.

Jeda kecil ini akan memberi pikiran Anda istirahat dari stres yang disebabkan oleh tergesa-gesa terus-menerus, membawa Anda ke kegembiraan dan kedamaian batin. Dengan terciptanya kedamaian mental yang akan Anda sadari dari waktu ke waktu, bahwa kedamaian meningkatkan produktivitas Anda, dan dengan demikian, Anda tidak perlu lagi terburu-buru menjalani hari-hari dalam hidup.

2. Tidak Terlalu Mementingkan Pikiran

Pikiran seperti awan melayang di langit pikiran Anda. Stres meresap saat Anda mulai menganggap pikiran negatif yang melayang-layang tidak semestinya di benak Anda. Jadi, hanya dengan mempelajari seni untuk tidak terlalu mementingkan pikiran Anda, Anda dapat mencegah diri dari stres, dan dengan demikian, menjaga kegembiraan batin Anda dari gangguan.

Untuk mempelajari seni tetap terlepas dari pikiran yang mengganggu, Anda hanya perlu tetap sadar akan pikiran Anda, dan melihatnya dari kejauhan, tanpa benar-benar terlibat dengannya. Seolah-olah Anda sedang menonton film, tanpa terlibat atau mengganggu kontennya. Latihan ini mungkin sedikit sulit untuk dipraktikkan pada awalnya, tetapi seiring waktu, Anda secara bertahap mempelajari seni membiarkan pikiran Anda begitu saja, dan menemukan kembali kegembiraan.

3. Pulang ke ‘Sekarang’

Hiduplah pada waktubsekarang, di saat ini. Kebanyakan dari kita begitu sibuk dengan penyesalan masa lalu dan kekhawatiran masa depan, sehingga kita nyaris tidak hadir di saat ini.

Absennya saat ini, seperti yang disoroti oleh tokoh spiritual seperti Dalai Lama, Eckhart Tolle, dan Deepak Chopra, adalah penyebab stres terbesar, yang menghilangkan kegembiraan hidup kita. Jadi, untuk mendapatkan kembali kegembiraan hidup, Anda harus pulang ke ‘Sekarang’, ini adalah sebuah kebutuhan.

Untuk ini, Anda bisa mulai dengan latihan perhatian. Menjadi perhatian akan melibatkan kesadaran tindakan Anda setiap saat. Misalnya, jika Anda minum air, maka Anda harus meminumnya dengan kesadaran, merasakan suhunya, mengalirnya ke tenggorokan, dan sebagainya. Latihan ini mungkin tampak sedikit sulit dilakukan pada awalnya, tetapi pada akhirnya, Anda akan mengembangkan kebiasaan penuh perhatian tanpa upaya sedikit pun.

4. Menjadi Sedikit Gila

Menjadi sedikit gila sangat efektif untuk menghilangkan stres dan mendapatkan kembali kegembiraan batin. Meski Anda tidak bisa begitu saja menjadi gila di depan orang, tidak ada salahnya menjadi gila untuk diri sendiri.

Faktanya, sangat bermanfaat untuk melepaskan kendali dan membiarkan diri Anda marah, ketika tidak ada orang di sekitar dan saya yakin Anda benar-benar akan senang melakukannya. Jadi, jika Anda sendirian di kamar, biarkan jiwa kekanakan Anda keluar, dan jangan menghindar dari hal-hal gila seperti memainkan musik dan menari mengikuti gerakan gila Anda, atau bernyanyi dengan suara keras saat tidak ada orang di sekitar.

5. Menghubungkan ke Kedamaian Batin dengan Meditasi

Meditasi adalah praktik yang sederhana, namun mendalam untuk meredakan stres dan menemukan sumber kebahagiaan batin. Ini membawa Anda lebih dekat ke diri sendiri dan memberdayakan Anda untuk memotong perangkap pikiran stres yang mengalir. Ini juga memungkinkan Anda untuk mundur ke dalam keheningan batin Anda, di mana Anda bebas dari beban masa lalu dan kecemasan di masa depan. Ini membuka jalan Anda menuju kehidupan bebas stres dan menjadi bahagia.

Bebas stres bukan berarti Anda tidak akan khawatir saat keadaan memburuk, tetapi itu berarti Anda akan menjadi cukup kuat untuk tidak menyerah di bawah tekanan. Sebaliknya, Anda akan ke luar dari kesulitan dengan pikiran yang tenang.

Yang terbaik adalah terhubung ke kedamaian batin Anda dengan meditasi. Untuk bermeditasi, Anda hanya perlu duduk di tempat yang damai dengan mata tertutup. Kemudian, Anda harus mulai menarik napas dalam-dalam yang panjang dan memperhatikan napas Anda secara halus, sambil membiarkan pikiran Anda mengalir tanpa hambatan.

Dengan demikian, kegembiraan yang Anda cari dalam hidup, sudah hadir jauh di dalam diri Anda. Awan stres telah mencegah Anda terhubung dengan cahaya kegembiraan batin Anda. Jadi, untuk terhubung dengan kegembiraan batin Anda, Anda harus mencoba mempraktikkan teknik manajemen stres yang efektif tersebut di atas.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda menangani stres?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (62 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *