1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (65 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 November, 2017 - 8:00 AM

5 Cara Membangkitkan Jiwa PEMIMPIN

Banyak orang berpikir bahwa kata-kata seperti “Kepemimpinan” atau “Kualitas Pemimpin” hanya mengacu pada orang yang luar biasa.

Sesungguhnya, setiap orang berpotensi menjadi pemimpin. Yang perlu dilakukan hanyalah MEMBANGUNKAN KUALITAS tertentu dari dalam.diri.

Jika Anda meragukan kemampuan Anda, maka tips ini akan membantu Anda membangunkan kembali jiwa pemimpin Anda. Di bawah ini Anda akan menemukan tentang masalah paling umum yang mencegah Anda meningkatkan Jiwa Pemimpin Anda, dan lima tips ini akan membantu Anda menyelesaikannya.

Mengapa Kebanyakan Orang Tidak Menunjukkan Kepemimpinan dalam Hidup?

Ada beberapa alasan umum yang menghalangi banyak orang menjadi pemimpin.

  • Keengganan untuk Menonjol dari Kerumunan – Kebanyakan orang suka “hidup seperti orang lain” dan mengikuti arus. Dan kebanyakan ini adalah hasil dari pengalaman masa kecilnya. Setelah menunjukkan inisiatif sejak dini, mereka mendapat penolakan atau kritik. Oleh karena itu, mayoritas berusaha untuk tidak menonjol di masyarakat, dan dengan tenang melakukan apa yang diminta atau diperintahkan untuk mereka lakukan.
  • Ketakutan Internal – Banyak orang tidak dapat mengungkapkan jiwa Pemimpinnya, karena adanya ketakutan dan harga diri yang rendah. Ketakutan yang paling umum adalah ketakutan akan kegagalan. Semua ini tidak hanya mengganggu perwujudan kualitas kepemimpinan, tetapi juga cara hidup yang mereka inginkan. Sangat sulit bagi banyak orang untuk mengatasi ketakutan ini sendiri, dan bahkan lebih sulit memutuskan untuk memperbaiki masalah ini dengan bantuan psikolog. Oleh karena itu, hanya sedikit yang menjadi sukses dan dapat menunjukkan potensi kepemimpinannya.
  • Kesalahpahaman Tentang Jiwa Pemimpin – Beberapa orang berpikir bahwa mereka akan dapat menunjukkan bakat kepemimpinan mereka saat dibutuhkan. Namun dalam praktiknya, mereka tidak pernah mengungkapkan potensinya. Terlebih lagi, orang-orang seperti itu dengan sengaja kehilangan banyak kesempatan, dan berpikir bahwa mereka akan membuktikan diri di lain waktu.
  • Ketidakpercayaan pada Kualitas Kepemimpinan Diri Sendiri – Banyak orang berpikir bahwa pemimpin dilahirkan, bukan dibuat atau dilatih. Ini menghentikan mereka dari membangkitkan Jiwa Pemimpin mereka, dan bagaimana mengekspresikan individualitas mereka. Orang-orang seperti itu mengagumi rekan-rekan mereka yang sukses, tetapi bahkan tidak tahu bahwa mereka pun dapat melakukan hal yang sama.

Jika setidaknya salah satu alasan tersebut, tampaknya itu tentang Anda, inilah saatnya untuk memperbaiki diri Anda dan membangunkan Jiwa Pemimpin Anda. Penting untuk diingat, bahwa Anda harus mengikuti jalan menuju sukses hari demi hari, karena Anda tidak dapat tiba di tujuan akhir Anda secara instan. Karena itu, tips berikut akan membantu Anda mengubah jalan hidup Anda.

“Jangan mengikuti kemana jalan itu menuju. Pergi saja ke tempat yang tidak ada jalan setapak, dan tinggalkan jejak.” – Ralph Waldo Emerson

Berikut ini Lima Cara Sederhana tapi Efektif, untuk Membangkitkan Jiwa Pemimpin:

1. Lihat ke Dalam Diri Anda

Untuk menjadi seorang pemimpin, Anda perlu mulai melatih kepribadian Anda. Untuk memimpin orang lain dan membuat mereka mendengarkan Anda, Anda perlu belajar memimpin diri sendiri, dan mampu mendengarkan diri Anda sendiri terlebih dahulu. Memang banyak pekerjaan, tapi itu kunci sukses. Kemampuan memimpin diri sendiri akan memungkinkan Anda menjadi pemimpin bagi orang lain.

Pertimbangkan 3 pertanyaan berikut:

  • Mengapa saya ingin menjadi pemimpin?
  • Apa yang akan dihasilkan dari pengembangan potensi kepemimpinan?
  • Bagaimana saya perlu bertindak dan berpikir?

Ketika Anda mulai memahami diri sendiri, belajar mendengarkan diri sendiri, dan meletakkan segala sesuatu di tempat semestinya di dalam diri, maka Anda dapat mulai bertindak. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mulai memahami apa arti kepemimpinan bagi Anda.

Cobalah kembali ke pertanyaan-pertanyaan di atas sesering mungkin. Karena, begitu Anda mulai bekerja keras untuk memperbaiki diri, jawaban Anda akan berubah. Tanggapan ini akan memandu Anda untuk membangkitkan jiwa pemimpin Anda.

2. Temukan dan Terima Keunikan Anda

Sangat penting bagi Anda untuk menonjolkan keunikan Anda. Kebanyakan orang berpikir bahwa mereka tidak terlalu berbeda dari orang lain, tetapi kenyataannya tidaklah demikian.

Buat daftar kekuatan dan kemampuan unik Anda. Setiap pemimpin mengetahui kekuatannya, dan setiap orang memilikinya. Kebanyakan orang berpikir bahwa perlu mengatasi kelemahan, yang justru meremehkan kekuatan Anda.

Penting dipahami di sini, bahwa untuk Membangkitkan Kualitas Kepemimpinan, Anda Harus Mulai dengan Melatih Kekuatannya. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak memperhatikan kelemahan sama sekali, Anda pun harus bekerja untuk memperbaiki yang lemah dan kritis juga. Namun, menjaga fokus pada kekuatan Anda, akan membantu Anda meningkatkan harga diri dan membangkitkan potensi jiwa kepemimpinan Anda.

3. Manfaatkan Keterampilan Berbicara Di Depan Umum

Banyak orang takut terlibat dalam diskusi, dan ini mungkin akibat dari pengalaman negatif di masa lalu. Anda perlu mempelajari cara memperbaikinya. Mungkin orang tidak mendengarkan Anda karena Anda berbicara tidak jelas, atau berputar-putar tak terstruktur. Oleh karena itu, banyak membaca literatur terkait, dan merekam video pidato Anda untuk Anda pelajari dan perbaiki, akan menjadi hal terpenting dalam menyelesaikan masalah ini.

Pilih topik dan mulailah membicarakannya di video. Setelah itu, lihat apa yang telah Anda lakukan, dan kesalahan Anda dalam pidato Anda akan segera terlihat oleh Anda. Pastikan untuk menuliskan setiap masalah, dan lain kali Anda melakukan latihan ini, cobalah untuk memperbaikinya. Latihan ini tidak hanya akan membantu meningkatkan kemampuan bicara Anda, tetapi juga membantu mengatasi hambatan untuk memulai percakapan.

“Biasanya saya butuh waktu lebih dari tiga minggu untuk menyiapkan pidato yang bagus.” – Mark Twain

4. Belajar Mengontrol Emosi

Kemungkinan besar, Anda memperhatikan fakta bahwa Anda lebih terlibat saat mendengarkan orang-orang yang secara emosional seimbang. Seringkali orang seperti itu memancarkan emosi positif, tetapi mereka tidak pernah berlebihan. Jadi tantangan berikutnya adalah belajar mengendalikan emosi, menanggapi kritik dengan tenang, dan selalu mengendalikan keadaan emosi.

Pemimpin Sejati, sangat sulit untuk dibuat gila. Latihan yang disebutkan sebelumnya dengan perekaman video, dapat membantu Anda juga. Misalnya, Anda dapat memulai blog video pribadi, dan membuat video pendek setiap hari, untuk menganalisis situasi yang terjadi, emosi Anda, dan cara Anda menanggapinya.

5. Jadilah Diri Sendiri

Tetap setia pada diri sendiri dan prinsip Anda adalah keterampilan penting setiap pemimpin. Kemungkinan besar, pada tahap awal pengerjaan peningkatan jiwa pemimpin Anda, Anda mulai mengikuti contoh dari beberapa pemimpin terkenal dan meniru sikap mereka.

Karenanya, hal terbaik adalah mengungkapkan sisi kuat Anda dan bersikap otentik. Tentu saja, Anda dapat dan harus mengambil contoh dari para pemimpin yang hebat, tetapi Anda tidak perlu meniru pribadi mereka. Jadilah unik dan jujur pada diri sendiri.

Sekarang Anda tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadi pemimpin bagi diri Anda sendiri dan orang lain. Hal utama yang harus diingat tentang KEPEMIMPINAN adalah apa yang Anda lakukan. Ketika Anda belajar mengendalikan diri, memahami tindakan Anda, meningkatkan keterampilan berbicara Anda, maka Anda mulai berkembang sebagai Pemimpin.

Nah Sahabat. Terapkan lima tips tersebut di atas, dan dapatkan peluang kuat untuk sukses. Menurut Anda, apa karakteristik paling menentukan dari seorang pemimpin yang hebat?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (65 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *