1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (112 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 28 December, 2018 - 7:50 AM

Mengubah Satu HAL, dari BAIK menjadi HEBAT

Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman, fokus Anda goyah? Anda berjuang untuk mendapatkan motivasi. Anda bahkan bertanya-tanya mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan. Anda tidak menemukan gairah, dan kegembiraan di mana pun.

Jika ini tidak diatasi, Anda bisa melupakan tujuan dan aspirasi Anda. Jalan menuju sukses itu panjang. Ibarat mengendarai mobil, terkadang kita terjebak di gigi dua; Anda tahu itu bukan cara terbaik untuk bergerak secara laju.

Ini terjadi ketika kita terlalu nyaman dalam bekerja. Ingat hari pertama bekerja? Kita sangat ingin membuktikan diri, lapar akan peluang, dan menyerap semua yang bisa kita pelajari. Tak lama kemudian, kita beradaptasi dengan baik, biasanya dengan beberapa kemenangan kecil di perjalanan.

Dan kita mulai berpikir, “Saya mengerti. Ini tidak terlalu sulit.” Akhirnya kita rileks dan rasa puas diri muncul. Ini sangat ironis, karena ini seperti mengatur diri sendiri untuk gagal. Ada banyak rintangan di jalan Anda. Jangan biarkan diri Anda menjadi salah satu dari mereka.

Menyalakan Api Semangat Anda

Banyak orang tanpa sadar menyabotase kesuksesan mereka. Penundaan, keraguan diri, dan kesenangan adalah beberapa penyebab utama. Berbeda halnya, jika Anda dengan sengaja menempatkan diri pada posisi dengan kemungkinan besar akan gagal, justru itu dapat berdampak positif pada fokus dan motivasi Anda.

Ini seperti menyalakan api semangat Anda, dan bukan untuk menjadi lemah hati, atau pikiran. Kemungkinan kegagalan yang lebih tinggi, memberi tekanan positif pada kinerja kita untuk terus bergerak maju.

Sebuah studi pada 1908, psikolog Robert Yerkes dan John Dodson mengembangkan model berbentuk U terbalik. Ini menunjukkan bahwa ketika tekanan meningkat pada tahap awal, kinerja individu tidak turun, tetapi justru meningkat. Tekanan itu perlu jika Anda ingin sukses. Jadi mendorong diri Anda secara ekstrem, akan menciptakan banyak tekanan dan banyak kegembiraan.

Meningkatkan di atas segalanya

Tekanan dari kemungkinan kegagalan dapat meningkatkan kinerja. Misalnya, banyak pekerja kreatif profesional mengakui bahwa mereka melakukan pekerjaan terbaik, ketika mereka hampir mendekati tenggat waktu. Ketika kemungkinan melewatkan tenggat waktu menjadi sangat nyata, mereka dapat meningkatkan motivasi dan fokus mereka. Produktivitas yang meningkat, menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana jika saya tidak bisa mengatasi tekanan? Psikolog telah menunjukkan bahwa pendekatan mental kita terhadap tekananlah, yang menentukan seberapa baik kita mengatasinya.

Saat kita mengambil pendekatan mental positif, kita melihat tekanan sebagai tantangan sukses. Pikiran dan tubuh kita merespons dengan cara meningkatkan kinerja kita; tetap mengendalikan pikiran dan emosi kita, mempertajam fokus kita, dan membuat keputusan yang lebih baik.

Namun jika kita mempersepsikan tekanan secara negatif, itu menjadi ancaman yang dapat melumpuhkan pikiran dan kemampuan kita. Keyakinan kita menurun, berakibat kinerja pun menurun. Bagaimana kita memilih untuk merasakan tekanan, dapat menentukan apakah kita naik di atasnya, atau hancur di bawahnya. Kesulitan sering kali mempersiapkan orang biasa, untuk menjemput takdir yang luar biasa.

Jika Anda siap menghadapi tantangan untuk mendorong diri Anda lebih dekat menuju kehebatan pribadi, berikut ini cara untuk dapat meningkatkan segalanya:

  • Akui jika Anda tidak buruk atau hebat dalam apa pun yang Anda lakukan.
  • Buat atau hadapi tantangan sulit, yang akan meningkatkan tekanan untuk bertindak produktif.
  • Gunakan pola pikir positif untuk menghadapi tantangan.
  • Waspadai tekanannya, dan fokuslah pada solusi tantangannya.
  • Perhatikan apa yang Anda pelajari dari pengalaman menghadapi tantangan sulit tersebut.

Menggunakan potensi kegagalan sebagai alat motivasi ini memang bukan untuk semua orang. Bagi beberapa orang, ini bisa untuk menyentak diri mereka sendiri dari kelembaman dan kepasifan. Keyakinan yang diperoleh dari keberhasilan atau pun kegagalan melawan tantangan, dapat membawa lebih banyak kesuksesan di masa depan.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda menanggapi tekanan tantangan sulit Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (112 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *