1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (207 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 February, 2019 - 6:30 AM

11 Cara untuk Mencapai Kesuksesan

Ketika masih kanak-kanak bertumbuh hingga dewasa ini, kita sering mendengarkan kisah-kisah tentang orang-orang hebat, dan bermimpi menjadi seperti mereka suatu hari nanti. Namun, mimpi itu mulai memudar ketika kita dihadapkan dengan kesulitan hidup yang sebenarnya. Intinya adalah, tidak ada jalan mudah menuju sukses.

Banyak alasan mengapa hanya beberapa dari jutaan orang yang mengetahui apa itu kesuksesan. Tampak bahwa kualitas orang-orang sukses memiliki ciri-ciri yang sama, seperti bekerja keras, fokus, kompeten, bertekad dan berusaha untuk mencapai tujuannya. Masih ada lebih banyak kualitas yang mereka miliki, dan mungkin kombinasi dari kualitas-kualitas ini yang membedakan mereka dari yang lain.

Meskipun tidak ada aturan atau pola perilaku yang pasti untuk mencapai kesuksesan, ada beberapa praktik sederhana yang dapat membantu Anda untuk meraih mimpi Anda.

Inilah 11 cara untuk mencapai kesuksesan:

1. Bangunlah keberanian di dalam diri

Anda bisa menjadi orang yang sangat kompeten, tetapi apa gunanya jika Anda tidak menyadarinya sendiri? Anda perlu keberanian untuk mengambil tindakan, dan hanya tindakan yang dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Penting untuk menguji batasan Anda, untuk melihat apa yang Anda mampu. Kecuali Anda mengumpulkan keberanian untuk mengambil langkah pertama, Anda tidak akan bergerak maju.

2. Kembangkan keterampilan sosial

Sekarang ini, Anda perlu memiliki kecerdasan dan keterampilan sosial agar dapat berkembang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial dan kemampuan kognitif, tidak memiliki korelasi dengan kesuksesan pada tahun 1980, tetapi itu berbeda di era sekarang; Anda harus pintar bergaul, memilih teman, agar sukses menyambut Anda di abad ke-21 ini.

3. Selalu berpikir positif

Orang-orang sukses tidak pernah meragukan niat atau kemampuan mereka. Latih diri Anda untuk berpikir positif, dan selalu mengharapkan hasil yang positif. Berpikir positif mendorong tindakan, dan hanya tindakan ke arah yang benar, yang dapat membuat Anda mendekati kesuksesan.

4. Belajar dari kegagalan

Orang-orang sukses belajar dari kegagalan, baik itu dari orang lain atau mereka sendiri. Kegagalan bukanlah akhir, tetapi hanya bagian dari perjalanan Anda menuju kesuksesan. Anda dapat belajar memperbaiki diri hanya melalui kegagalan. Kegagalan adalah pelajaran dan bukan kekecewaan, dan telah terlihat bahwa orang-orang sukses melihat kegagalan sebagai peluang untuk pertumbuhan.

“Setiap kesulitan, setiap kegagalan, setiap sakit hati disertai dengan benih manfaat yang lebih besar atau sama.” – Napoleon Hill

5. Rampingkan pikiran Anda

Anda mungkin menginginkan banyak hal pada saat yang bersamaan, tetapi Anda harus mencari tahu, apa yang paling Anda inginkan. Mencapai hal itu berarti kesuksesan, Anda harus menemukan prioritas Anda. Adalah penting untuk pertama-tama memutuskan apa tujuan Anda, kemudian mengusahakannya agar Anda tidak merasa kehilangan setelah Anda menginvestasikan banyak hal di dalamnya.

6. Pertahankan hubungan Anda

Anda membutuhkan orang-orang untuk mendukung kesuksesan Anda, berada di sana untuk Anda ketika Anda membutuhkan, dan juga untuk bersukacita ketika Anda akhirnya sampai di sana. Jadi hargai bantuan yang Anda dapatkan dari orang-orang di sekitar Anda, dan pertahankan hubungan Anda dengan mereka. Memiliki orang lain di sekitar Anda akan membuat Anda bahagia, karena akan sulit untuk mencapai kesuksesan jika Anda tidak bahagia.

7. Carilah pengetahuan sebanyak mungkin

Pengetahuan dan kebijaksanaan adalah kunci kesuksesan. Karena itu, kumpulkan pengetahuan dari mana puun, dan dapatkan hikmah melalui pengalaman. Anda juga dapat memperoleh pengetahuan dari percakapan dengan orang lain. Mereka mungkin tahu hal-hal yang tidak Anda ketahui. Anda juga bisa mendapat manfaat dari pengalaman mereka. Karena itu, buatlah diri Anda tetap berpikiran terbuka dan belajar sebanyak mungkin.

8. Cobalah untuk menyalurkan emosi Anda

Bukannya orang yang sukses tidak punya emosi. Tapi, mereka tahu bagaimana cara menyalurkannya. Akan ada banyak pasang surut dalam hidup, tetapi Anda tidak bisa membiarkan emosi memengaruhi tujuan Anda. Belajarlah untuk menyalurkan emosi negatif dan tetap fokus, sehingga Anda dapat melanjutkan tujuan Anda, apa pun yang terjadi di kehidupan ini.

9. Perpanjanglah batas Anda

Untuk tumbuh, Anda harus terus meningkatkan diri Anda, karena tidak mungkin dapat bertumbuh,  jika memiliki batasan tetap untuk apa yang Anda lakukan, jika Anda memiliki tujuan besar di dalam pikiran. Cobalah perpanjang batas Anda, dan Anda akan terkejut dengan apa yang sebenarnya bisa Anda lakukan. Selalu dorong diri Anda untuk melampaui batasan Anda yang ada saat ini.

10. Lakukan sendiri

Meskipun benar bahwa Anda akan membutuhkan dukungan dan kerja sama orang lain untuk berhasil, namun cobalah untuk tidak terlalu bergantung pada mereka, untuk hal-hal yang dapat Anda lakukan sendiri. Jika ada sesuatu yang perlu dilakukan dan itu dalam kapasitas Anda untuk melakukannya, jangan menunggu bantuan dari orang lain.

11. Memiliki rencana tetapi fleksibel

Jika Anda tahu apa tujuan hidup Anda, lebih mudah menemukan cara untuk sampai ke sana. Tetapi Anda perlu membuat rencana yang solid sebelum memulai perjalanan. Jika Anda belum menyiapkan rencana yang matang sebelumnya, ada kemungkinan stagnasi setelah berada di titik tertentu. Namun, tidak bijaksana untuk terlalu kaku dengan rencana Anda. Jika Anda menemukan ide yang lebih baik di tengah jalan, mengubah program Anda, akan menjadi hal yang tepat untuk dilakukan.

Hanya Anda yang dapat memutuskan apakah Anda benar-benar sukses atau tidak. Sukses dapat berarti sesuatu untuk Anda, dan sesuatu yang lain untuk orang di sebelah Anda. Sukses pada akhirnya berlanjut untuk membuktikan, apakah Anda bahagia dengan diri sendiri atau tidak. Jika hidup yang sederhana dan damai membuat Anda bahagia, maka Anda tidak perlu membangun kerajaan untuk menjadi sukses. Jadi, untuk menjadi sukses, cari tahu dulu apa arti sebenarnya kesuksesan bagi Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (207 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *