Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

KARAKTERISTIK SUKSES Wirausaha

KARAKTERISTIK SUKSES Wirausaha

Sukses dalam berwirausaha bukan hanya tentang ide atau uang. Banyak orang memiliki ide-ide menarik atau banyak uang untuk dibagikan, namun mereka tidak pernah berhasil menemukan keberhasilan dalam usaha mereka.

Jika Anda ingin menjadi wirausaha sukses, cobalah evaluasi apakah Anda memiliki karakteristik berikut atau tidak. Jika tidak memiliki sifat-sifat ini sekarang, Anda dapat mengembangkannya untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Inilah beberapa Karakteristik Wirausaha Sukses:

1. Motivasi Diri

Satu ciri terpenting dari wirausaha adalah motivasi diri. Ketika Anda ingin sukses, Anda harus bisa mendorong diri sendiri. Anda tidak bertanggung jawab kepada siapa pun sebagai wirausaha, dan itu kadang-kadang berarti sulit untuk bergerak tanpa ada orang yang membuat Anda bergerak. Anda harus punya dedikasi untuk rencana Anda dan terus bergerak maju, bahkan jika Anda tidak menerima gaji langsung.

Mendiang pendiri Apple Steve Jobs berkata, “Saya yakin bahwa sekitar setengah dari apa yang memisahkan pengusaha sukses dari yang tidak sukses adalah ketekunan murni.”

2. Memahami Apa yang Anda Tawarkan

Sebagai seorang pengusaha, Anda perlu tahu apa yang Anda tawarkan, dan bagaimana itu sesuai dengan pasar. Baik itu produk atau layanan, Anda perlu tahu di mana Anda cocok. Itu artinya Anda perlu tahu kapan saatnya untuk sedikit mengubah keadaan. Ini juga termasuk mengetahui, apakah Anda di posisi high-end, tengah jalan atau tawar-menawar. Mampu memposisikan diri Anda dan kemudian menyesuaikan dengan kebutuhan adalah bagian penting dari kewirausahaan.

3. Ambil Risiko

Pengusaha sukses tahu bahwa kadang-kadang penting untuk mengambil risiko. Bermain aman hampir tidak pernah membawa kesuksesan sebagai pemilik bisnis. Namun, ini bukan tentang mengambil risiko apa pun. Memahami risiko yang sudah diperhitungkan, dan lebih mungkin untuk dilaksanakan adalah bagian penting dari seorang pengusaha. Anda harus mau mengambil risiko untuk berhasil.

4. Ketahui Cara Membentuk Jaringan

Mengetahui cara berjejaring adalah bagian penting dari kewirausahaan. Terkadang siapa yang Anda kenal adalah bagian penting dari kesuksesan. Mampu terhubung dengan orang lain dan mengenali peluang kemitraan, dapat membawa Anda sebagai pemilik bisnis sukses. Cari tahu ke mana harus mencari peluang jaringan dan jadikan titik untuk belajar bagaimana menjadi efektif.

5. Miliki Keterampilan dan Pengetahuan Manajemen Uang

Wirausaha sukses dianggap sebagai “gambaran besar” orang-orang yang tidak terlalu khawatir tentang pengelolaan kehidupan sehari-hari. Dan memang benar, bahwa Anda mungkin memiliki seorang akuntan atau anggota tim lain untuk membantu Anda mengelola bisnis. Namun, jika Anda ingin sukses, Anda harus tetap memiliki keterampilan dan pengetahuan manajemen uang. Pahami bagaimana uang bekerja sehingga Anda tahu di mana Anda berdiri, dan agar Anda menjalankan bisnis Anda dengan prinsip-prinsip yang sehat.

6. Fleksibilitas

Untuk tingkat tertentu, Anda harus fleksibel sebagai pengusaha. Bersedia untuk berubah sesuai kebutuhan. Tetap di atas industri Anda dan siap untuk mengadopsi perubahan dalam proses dan produk sesuai kebutuhan. Terkadang, Anda juga membutuhkan fleksibilitas dalam pemikiran Anda. Ini adalah bagian penting dari pemecahan masalah. Anda ingin dapat menemukan solusi unik dan efektif untuk masalah apa pun.

7. Optimis

Apakah Anda melihat gelas setengah kosong atau setengah penuh?  Untuk pengusaha, itu selalu setengah penuh.  Pengusaha selalu melihat sisi baiknya dan selalu menjadi pemimpi.  Mereka melihat bagaimana mereka dapat melakukan hal-hal yang lebih baik dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik.  Mereka tidak pernah memikirkan masa lalu atau negatif. Sebaliknya, mereka fokus pada bergerak maju dan naik.

Ketika mereka dihadapkan dengan tantangan, pengusaha tidak melihat mereka sebagai masalah;  mereka melihatnya sebagai peluang.  Menantang pengusaha bahan bakar dan membuat mereka meraih lebih tinggi dan melakukan lebih banyak.

8. Berorientasi pada masa depan

Karena wirausaha fokus untuk bergerak maju, mereka selalu melihat ke masa depan.  Pengusaha sangat berorientasi pada tujuan dan tahu persis apa yang mereka inginkan.  Mereka menetapkan tujuan mereka dan semua yang mereka lakukan bertujuan untuk mencapai tujuan tersebut.

Memiliki visi yang kuat membantu mendorong Anda menuju pencapaian.  Pertimbangkan untuk menetapkan tujuan bagi diri Anda sendiri - bintang utara yang dapat memandu Anda menuju kesuksesan.

9. Persuasif

Untuk menjadi sukses dalam bisnis, Anda harus tahu bisnis.  Jika Anda orang yang ramah dan tahu bagaimana membuat orang lain mendengarkan Anda, Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Terutama ketika pertama kali memulai, pengusaha perlu mendapatkan dukungan dari orang-orang di sekitar mereka pada ide besar mereka.  Jika itu adalah ide out-of-the-box, yang biasanya, banyak orang akan skeptis sebelum memberikan dukungan mereka atau menginvestasikan uang.  Itu sebabnya wirausahawan perlu menggunakan daya persuasi mereka untuk menjual diri dan ide-ide mereka.

10. Petualang

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg mengatakan, “Di dunia yang berubah begitu cepat, risiko terbesar yang dapat Anda ambil adalah tidak mengambil risiko apa pun.”

Pengusaha tahu bahwa untuk menjadi sukses, mereka harus mau mengambil risiko.  Meskipun mereka tidak keberatan berjalan di sisi liar, mereka tidak mengambil risiko dengan enteng.  Mereka tahu bagaimana merencanakan hal yang tidak diketahui dan membuat keputusan yang diperhitungkan yang terbaik untuk mereka dan bisnis mereka.

11. Tegas

Tidak ada ruang untuk menunda-nunda dalam bisnis.  Pengusaha tahu apa yang perlu dilakukan dan jangan ragu untuk membuat keputusan yang akan membawa mereka menuju kesuksesan.  Mereka tidak membiarkan peluang lewat begitu saja;  sebaliknya, mereka memanfaatkan hari itu dan menyelesaikan pekerjaan.

12. Gairah

Pada akhirnya, pengusaha sukses adalah orang yang sangat bersemangat, penuh gairah dalam menjalankan bisnisnya. Mereka sangat merasakan produk atau layanan atau misi mereka. Gairah adalah apa yang akan membantu Anda menemukan motivasi, ketika Anda berkecil hati, dan itu akan mendorong Anda maju. Gairah adalah bahan bakar untuk kewirausahaan yang sukses. Jika Anda mendapati diri Anda kehilangan gairah, itu mungkin merupakan petunjuk bahwa sudah waktunya untuk beralih ke hal lain, yang dapat menyulut gairah Anda. Ada banyak pengusaha yang menciptakan bisnis sukses, menjualnya, dan kemudian menciptakan yang lain lagi.

Ketika Anda mempertimbangkan karakteristik Anda, pikirkan bagaimana mengembangkannya lebih baik, untuk membantu Anda menjadi pengusaha yang lebih baik lagi. Dan selalulah berorientasi masa depan nan gemilang, sukses dan berkah bagi diri sendiri maupun orang lain.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Comments

Comments are disallowed for this post.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video