1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (187 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 October, 2019 - 9:00 AM

7 Alasan Mengapa Orang Cerdas, Pekerja Keras Tidak Sukses

Untuk waktu yang lama, saya percaya bahwa jika orang pintar bekerja keras dengan etos kerja yang hebat, dan tumbuh dalam lingkungan yang baik, kesuksesan pada akhirnya akan datang. Saya memandang orang lain dan berpikir, “Wow, orang itu akan terus melakukan hal-hal hebat.”

Tetapi seiring bertambahnya usia, saya menyadari bahwa itu belum tentu demikian. Saya kemudian menyadari bahwa ada banyak faktor dalam mencapai kesuksesan, apakah itu berarti memiliki karier yang memuaskan, memiliki hubungan yang hebat, atau tetap sehat. Ya, kecerdasan adalah bagian darinya, dan begitu pula etos kerjanya. Tetapi ada lebih banyak yang berperan selain hanya dua faktor ini.

Berikut adalah 7 alasan mengapa tidak mendapatkan kesuksesan, meskipun cerdas dan pekerja keras:

1. Tidak menjangkau orang baru

Hanya tahu orang yang sudah lama Anda kenal. Anda tahu sejarah masing-masing dan bisa menertawakan lelucon bersama. Masalahnya dengan teman lama, adalah ide yang sama didaur ulang berkali-kali, dan Anda tidak bisa mempelajari perspektif baru di luar lingkaran Anda.

Mungkin sulit untuk menjangkau orang-orang baru pada awalnya, tetapi Anda bisa memulai dari yang lingkungan kecil lebih dahulu, untuk pada awalnya memperkenalkan diri kepada satu orang seminggu, dan makin lama makin banyak orang baru yang Anda kenal.

“Kamu harus berjuang untuk mencapai mimpimu. Kamu harus berkorban dan bekerja keras untuk itu.” – Lionel Messi

2. Enggan berubah

Berada di lingkungan yang sama dalam waktu lama membuat sulit untuk beradaptasi dengan sesuatu yang baru. Berita baiknya adalah ada perubahan pasti akan menghadirkan peluang untuk kreativitas dan inovasi.

Alih-alih menolak perubahan, lihat bagaimana Anda bisa melakukan yang terbaik dari perubahan itu Mungkin Anda dapat memenuhi kebutuhan bisnis yang sedang tumbuh, atau melihat dengan perspektif berbeda. Terbuka untuk konsep baru, dan ingin tahu tentang dunia di sekitar Anda.

3. Tidak mau mengambil risiko

Orang pintar sering memilih rute yang aman. Mereka mungkin mengikuti jalur yang sama dengan rekan-rekan mereka, atau memilih karier yang dianggap dapat diterima oleh rekan-rekan mereka.

Meskipun ini menjamin tingkat keamanan, namun ini hanyalah hal biasa. Saya sering mendengar dari orang-orang pintar bahwa pekerjaan mereka tidak terpenuhi, dan mereka ingin melakukan sesuatu yang lain, tetapi takut untuk melakukannya.

Jika Anda berpikir untuk berubah, pertimbangkan seperti apa hidup Anda beberapa dekade dari sekarang, jika Anda memilih untuk tidak mengejar sesuatu. Apakah Anda akan menyesalinya, atau apakah Anda akan senang dengan keputusan Anda?

4. Yakin pantas mendapatkan kesuksesan berdasarkan kredensial

Orang-orang yang saat masih sekolah terbiasa berada di puncak, mengatakan berapa banyak potensi yang mereka tunjukkan. Ini tampaknya baik pada awalnya, tetapi ada beberapa efek samping negatif.

Saya pernah mendengar orang mengklaim dirinya pantas mendapatkan sesuatu karena kecerdasan mereka, atau di mana dulu mereka bersekolah. Mereka mengharapkan segala sesuatunya berjalan secara otomatis karena kredensial mereka. Sayangnya, hidup tidak berjalan seperti itu.

Di dunia nyata, Anda tidak mendapatkan hasil hanya berdasarkan pekerjaan yang sudah Anda lakukan. Anda mendapatkan hasil berdasarkan kombinasi dari kerja keras, pemikiran strategis, dan sedikit keberuntungan yang terlibat. Anda dapat meningkatkan faktor terakhir dengan mengerjakan dua yang pertama.

5. Terus mencari apa pun yang menarik saat ini

Satu hal yang sering saya dengar dari orang-orang yang berprestasi adalah mereka benci membuang-buang waktu. Orang pintar terlalu menyadari nilai waktu mereka, karena waktu dan usaha yang dihabiskan untuk satu hal berarti mereka berpotensi kehilangan sesuatu yang lain.

Walaupun ini adalah atribut baik, itu juga berarti mengejar hal besar berikutnya, namun tidak menindaklanjutinya secara tuntas. Memulai dalam bidang atau usaha apa pun itu sulit, dan melewati rintangan awal membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan pemikiran strategis.

Upaya memfokuskan pada satu tujuan, menghasilkan hasil yang jauh lebih baik dalam jangka panjang daripada senang mengejar satu hal yang menarik, lalu bosan, dan kemudian mengejar sesuatu yang baru.

6. Tidak dapat berkomitmen untuk mengambil keputusan

Menjadi cerdas dan bekerja keras dapat membuka banyak pintu. Sayangnya, memiliki terlalu banyak pilihan, dapat membatasi diri. Banyaknya pilihan membuat sulit untuk memutuskan apa yang harus dilakukan. Akibatnya, tergoda untuk melompat-lompat, dan “melihat apa yang cocok untuk Anda”. Saya kenal seseorang yang menghadiri berbagai promosi di banyak program pascasarjana, satu demi satu. Lebih dari sepuluh tahun kemudian, dia masih tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Daripada berkecimpung dalam banyak upaya, saya sarankan menguji hal-hal terlebih dahulu. Berbicaralah dengan orang lain dan lakukan penelitian sebelum membuat keputusan besar, sehingga Anda tahu apakah suatu pilihan cocok dengan kepribadian dan gaya hidup Anda.

7. Tidak percaya diri

Anehnya, orang pintar bisa meremehkan kemampuan mereka sendiri. Mereka adalah pengkritik terburuk diri sendiri, membuat mereka percaya bahwa dirinya tidak dapat mencapai sebanyak yang mereka bisa.

Orang pintar memiliki standar tinggi dalam pekerjaan mereka. Setiap kali mereka mengerjakan suatu proyek, mereka cenderung meneliti dan menebak produk akhir.

Ini sepertinya hal yang baik di permukaan, tetapi seringkali lebih melemahkan daripada membantu. Perfeksionisme dapat menghalangi orang untuk maju dalam tujuan mereka, atau menghambat untuk memulai apa pun sejak awal.

“Sulit untuk percaya pada diri sendiri karena gagasan tentang diri sendiri adalah konstruksi buatan. Anda sebenarnya adalah bagian dari kesatuan agung alam semesta. Semua yang indah di dunia ada di dalam dirimu.” – Russell Brand

Jadi, alih-alih membiarkan ketakutan “bagaimana jika” atau “Saya tidak cukup baik” membuat Anda mundur dari sesuatu yang baru, lebuh baik pikirkan bagaimana ingin hidup Anda terlihat, bertahun-tahun dari sekarang. Mulailah misi masa depan Anda dengan percaya diri, dan tunggulah sesuatu terjadi dalam hidup Anda.

Nah Sahabat. Apa yang akan Anda lakukan hari ini untuk lebih dekat dengan kesuksesan Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (187 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *