Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

Membuat Daftar Prestasi untuk Membangun Motivasi dan Keyakinan

Membuat Daftar Prestasi untuk Membangun Motivasi dan Keyakinan

Di sepanjang tahun 2019 ini, Anda mungkin menyimpan daftar tugas, daftar hal-hal yang ingin Anda capai. Anda juga dapat meluangkan waktu untuk menuliskan tujuan Anda untuk hari yang akan datang. Ada sesuatu yang harus Anda lakukan atau mungkin juga tidak: Cobalah di setiap malam menuliskan hal-hal terbaik yang sudah Anda lakukan hari itu.

Saya tidak pernah berpikir untuk melakukan hal seperti ini sampai saya menemukan artikel tentang menerima pujian, terutama dari diri Anda sendiri. Itu tidak terdengar seperti latihan dan hanya perlu beberapa menit sehingga mungkin terlihat aneh, melihat mengapa tindakan sederhana seperti menuliskan beberapa tugas kecil, memeluk anak saya, membantu menyelesaikan masalah seseorang di tempat kerja, makan malam bersama keluarga, itu bisa menjadi alat peningkatan diri yang kuat. Namun, hal itu benar adanya.

Jika Anda seorang bos yang baik, Anda sudah tahu bahwa memuji orang-orang tentang upaya dan prestasi mereka adalah salah satu cara paling kuat untuk memotivasi mereka ke kinerja yang lebih luar biasa prima. Ternyata prinsip yang sama juga berlaku untuk pujian yang Anda berikan kepada diri sendiri. Ini kontra-intuitif bagi banyak orang, termasuk saya. Anda cenderung lebih terbiasa memotivasi diri sendiri dengan berteriak pada diri sendiri: “Bangunlah dari sofa, matikan TV dan berusahalah keluar! Apa yang salah denganmu? Jika kamu tidak bergerak, kamu tidak akan pernah berarti apa-apa!”

Sebagian besar dari kita berbicara dengan diri kita sendiri dengan cara ini sepanjang waktu. Mungkin terasa sangat tidak wajar untuk mengatakan pada diri sendiri sesuatu seperti, “Kamu bekerja sangat keras, dan kamu melakukan pekerjaan yang sangat baik hari ini. Aku bangga padamu.” Namun, seperti halnya karyawan Anda, itulah yang perlu Anda dengar dari diri Anda sendiri untuk tetap termotivasi.

Bahkan, seorang profesor Harvard Business School, pernah mengatakan kepada Times bahwa pujian yang kita berikan kepada diri kita sendiri mungkin merupakan pujian paling kuat. Dan itu bukan perayaan besar yang kami selenggarakan ketika kami menyelesaikan proyek penting atau memecahkan rekor yang penting. Orang-orang memperoleh manfaat terbesar dari membuat prestasi kecil dan kemudian berhenti sejenak untuk merenungkannya.

Apa yang saya lakukan hari ini?

Banyak pakar psikologi menyarankan untuk mencatat skor pencapaian kecil Anda dengan cara apa pun yang paling cocok untuk Anda, baik mencatat hal-hal yang telah Anda lakukan sepanjang hari atau mengisi spreadsheet atau meluangkan beberapa menit untuk menuliskan semuanya pada akhir hari. Tetapi jika Anda bisa melakukannya, saya sarankan yang terakhir dari opsi ini, karena memusatkan perhatian Anda pada kesuksesan kecil Anda tepat sebelum tidur, akan memiliki efek positif yang kuat pada pikiran bawah sadar Anda. Itu benar jika seperti saya, Anda cenderung memulai setiap hari dengan harapan bisa menyelesaikan lebih banyak daripada umumnya, dan kemudian mengakhiri setiap hari dengan memikirkan semua hal yang Anda rencanakan untuk dicapai.

Jadi, pada akhir malam, ambil jurnal Anda atau selembar kertas atau bahkan ponsel cerdas Anda, dan tanyakan pada diri sendiri pertanyaan ini - tulis di bagian atas halaman jika Anda suka: “Apa yang saya lakukan hari ini?”

Sekarang, jika Anda seperti saya, Anda akan tergoda untuk menulis hal-hal, misalnya seperti ini: “Saya membuat beberapa kemajuan pada proyek itu, meskipun tidak sebanyak yang saya harapkan. Saya berjalan-jalan hari ini, menikmati waktu luang dan minum kopi di warung kopi kesukaan saya.”

Penting untuk tidak membandingkan apa yang sebenarnya Anda lakukan dengan apa yang menurut Anda seharusnya Anda lakukan, atau menyeimbangkan apa yang Anda perbaiki dengan kesalahan Anda. Cari yang positif saja. Prestasi kecil setidaknya sama pentingnya dengan yang besar. Jadi, Anda fokus hanya menuliskan hal-hal yang baik. Kemudian lakukan lagi besok, dan lagi keesokan harinya. Menuliskan apa yang Anda banggakan, dan bahwa Anda bangga akan hal-hal itu, akan memberi Anda hadiah mental. Itu, pada gilirannya, akan membuat Anda lebih bersedia untuk melakukan upaya yang sama atau bahkan mungkin lebih pada esok hari.

Inti dari latihan ini adalah untuk fokus pada pencapaian kecil harian Anda, untuk membangun kepercayaan diri dan motivasi Anda guna membangun kesuksesan Anda. Anda mungkin terkejut, dalam satu atau dua tahun mendatang, ketika Anda kembali meninjau tulisan harian Anda, terlihat seberapa jauh Anda telah maju dan berkembang.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Comments

Comments are disallowed for this post.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video