1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (238 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 19 February, 2020 - 9:00 PM

8 Hal Paling Cerdas untuk Memotivasi Karyawan

Ilmu pengetahuan telah menemukan bahwa emosi positif adalah akar dari motivasi manusia. Bagaimana karyawan dapat merasakan motivasi meresap di dalam diri mereka? Bagaimana cara untuk memulainya?

Satu hal yang tidak pernah berubah adalah sifat manusia, seperti halnya karyawan Anda, seringkali mereka ini tidak dapat diprediksi. Mengetahui cara memotivasi setiap orang yang tergabung dalam sebuah tim bisa sangat menyebalkan, sekaligus menantang.

Tapi itu bisa dilakukan jika Anda memiliki pemahaman dasar tentang perilaku manusia – apa yang membuat orang penuh semangat. Apa yang telah ditemukan sains adalah emosi positif (bagaimana budaya kerja dan budaya perusahaan membuat positif perasaan karyawan) adalah akar dari motivasi manusia.

Oleh karena itu, Anda harus memperoleh pengetahuan tentang apa yang benar-benar mengilhami manusia, yang membuat setia untuk tampil dengan antusiasme tinggi.

Berikut adalah 8 Hal, yang membantu menciptakan suasana tepat untuk memotivasi orang lain.

1. Mulai lebih banyak pertemuan tatap muka.

Anda melakukannya melalui percakapan satu lawan satu, yang selama ini hilang, percakapan tatap muka ini alat motivasi yang hebat. Pemimpin berkembang ketika mereka memperkuat hubungan dengan orang-orang mereka, dengan menghabiskan lebih banyak waktu bersama mereka untuk mendengarkan saran, ide, dan masalah mereka, serta berbicara tentang kinerja dan pekerjaan mereka. Tetapi pertama-tama, Anda perlu tahu bagaimana menyusun pertemuan-pertemuan ini agar bermanfaat bagi Anda.

2. Cari tahu apa yang memotivasi mereka.

Apakah Anda tahu apa yang membuat anggota tim Anda bangun tidur di pagi hari? Apa yang mereka sukai – tujuan, aspirasi, dan minat mereka? Dengan kata lain, apakah Anda benar-benar mengenal anggota tim Anda? Para pemimpin hebat menunjukkan minat pada pekerjaan dan aspirasi karier tim mereka, untuk memotivasi mereka dengan cara yang benar. Setelah itu ditetapkan, mereka melihat ke masa depan untuk menciptakan kesempatan belajar, dan pengembangan bagi orang-orang mereka. Mereka mencari tahu apa yang memotivasi orang-orang terbaik mereka, dengan mengetahui hasrat apa yang akan mendorong setiap anggota tim. Ini tentang keterlibatan emosional.

3. Menyediakan sumber daya yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik.

Ini pertanyaan sederhana, tetapi Anda akan terkejut betapa seringnya tidak ditanyakan: Apa yang Anda butuhkan saat ini untuk melakukan pekerjaan Anda dengan lebih baik? Anda mungkin terkejut dengan jawabannya; bisa jadi mereka membutuhkan akses ke lebih banyak informasi untuk membuat keputusan yang tepat, peralatan yang lebih baik, atau bahkan ruang kerja lain. Bertindak berdasarkan apa yang Anda temukan, akan menjadi pendorong motivasi kerja yang sangat besar.

4. Sering berikan pujian atas prestasi mereka.

“Aku tidak suka diakui,” adalah kata yang mungkin tidak akan terjadi pada manusia. Anda harus membiasakan diri memuji orang-orang di tim Anda, karena kualitas dan pekerjaan mereka yang baik. Perusahaan-perusahaan dengan tingkat keterlibatan karyawan tertinggi, menggunakan pengakuan dan pujian sebagai motivator yang kuat untuk mendapatkan komitmen mereka. Mereka menemukan bahwa karyawan yang menerimanya, secara teratur meningkatkan produktivitas individu mereka, menerima loyalitas dan nilai kepuasan yang lebih tinggi dari pelanggan, dan lebih cenderung bertahan lama dengan perusahaan tempatnya bekerja.

5. Bantu menciptakan pekerjaan yang bertujuan.

Orang menginginkan makna dan tujuan dalam pekerjaan mereka. Dalam buku “Give and Take”, profesor Wharton Adam Grant mengatakan, bahwa ketika orang menemukan tujuan dalam pekerjaan mereka, itu tidak hanya meningkatkan kebahagiaan orang itu, tetapi juga meningkatkan produktivitas. Salah satu cara untuk memberi karyawan tujuan itu, menurut Grant, adalah membuat mereka bertemu dengan orang-orang yang mereka bantu dan layani, walaupun hanya untuk beberapa menit. Manajer Anda memberi orang-orangnya akses ke pelanggan, sehingga mereka dapat melihat secara langsung dampak manusia pada pekerjaan mereka. Ini adalah motivator manusia terbesar, kata Grant.

6. Bantu mereka mengembangkan keterampilan baru.

Meskipun penting, saya tidak begitu banyak berbicara tentang menempatkan karyawan melalui program pelatihan teknis atau lainnya, yang diperlukan dalam pengembangan bisnis perusahaan, yang sebenarnya memberi mereka keterampilan atau pengetahuan baru di bidang lain, yang dapat mereka gunakan untuk meningkatkan kekuatan alami mereka, untuk peran di masa depan, baik dengan perusahaan saat ini atau perusahaan lain. Intinya adalah untuk melayani dan menghargai mereka dengan sangat baik, sehingga mereka tidak punya alasan untuk pergi, tetapi justru menggunakan keterampilan yang baru mereka peroleh untuk proyek-proyek baru di perusahaan Anda.

7. Libatkan mereka secara aktif.

Anda perlu Manajer hebat, yang menyadari bahwa kepemimpinan tidak berjalan satu arah tetapi multi-arah. Meskipun dapat datang dari atas ke bawah pada saat-saat kritis, skenario terbaik adalah membiarkan keputusan, informasi, dan delegasi untuk melakukan perjalanan dari rekan ke rekan atau dari bawah ke atas, di mana kebijaksanaan kolektif dan keterlibatan seluruh tim membantu memecahkan masalah nyata, di waktu nyata di garis depan.

8. Percaya pada mereka.

Manajer terbaik sering mendelegasikan dan memberikan tanggung jawab kepada karyawannya, dengan memberikan pekerjaan yang menantang. Jika ini tidak terjadi di perusahaan Anda, pertimbangkan dua pertanyaan ini:

– Apakah Anda memercayai karyawan Anda untuk melakukan apa yang telah mereka kerjakan?

– Apakah mereka memiliki kompetensi yang tepat, untuk melakukan pekerjaan dengan percaya diri?

Begitu sering para manajer meremehkan potensi dan kemampuan karyawan mereka, untuk menggunakan otak mereka! Jika Anda menjawab YA, untuk pertanyaan di atas, maka mindset Anda pasti selalu dapat menerima bahwa mereka sanggup melakukan pekerjaannya dengan lebih baik.

Beri karyawan Anda, ruang untuk melakukan pekerjaan terbaik mereka, dan dukung mereka dengan apa pun yang mereka butuhkan, untuk menjadikan mereka lebih baik. Inilah motivasi bagi mereka untuk mendukung perusahaan Anda dengan sepenuh hati, yang berdampak sangat positif bagi bisnis Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (238 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *