1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (225 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 November, 2009 - 5:00 AM

INTEGRITAS dalam Bisnis

Integritas merupakan Prinsip yang bersifat mendasar. Semua dibangun di atasnya. Dan, jika Anda tidak memiliki prinsip yang tepat, Anda tidak dapat bergerak ke prinsip lainnya. Bukan apa yang Anda lakukan, melainkan cara Anda melakukannya. Apa pun yang Anda lakukan, jangan melacurkan diri Anda sendiri, dan melakukan sesuatu semata karena uang. Itu harus ada dalam hati dan jiwa Anda. Dan, ini adalah sesuatu yang semestinya membuat Anda tidak dapat hidup tanpanya. Kejujuran dan Integritas!

Dalam bisnis, terdapat banyak hal yang dapat diperbaiki dan diselesaikan dengan baik, KECUALI tiga hal ini: Berbohong, Curang, dan Mencuri. Karena jika Anda melakukan tiga hal itu, tidak ada seorang pun yang akan mempercayai Anda lagi. Jangan berbohong. Jangan Curang. Jangan Mencuri. Semestinya, dalam bisnis, hal itu sudah menjadi suatu budaya di mana hak, moral, dan etika adalah penting.

Integritas terus berperan besar dalam prinsip nilai dan inti perusahaan. Saya melihat bahwa kejujuran dan integritas adalah salah satu prinsip Pendiri Perusahaan. Dan, secara keseluruhan menyebar di perusahaan hingga ke hal terkecil … dan menjadi sebuah budaya perusahaan yang harus dijunjung tinggi oleh semua orang yang terlibat di dalamnya, sehingga akan membentuk sebuah sistem yang akan menyelamatkan perusahaan dari orang-orang yang tidak memiliki integritas.

Perusahaan yang memiliki budaya integritas hingga menjadi bagian sistem dari perusahaan itu sendiri … jika ada segelintir orang yang bertindak curang, akan cepat didorong ke luar dari sistem. Beberapa orang mungkin benar-benar tidak jujur, dan tidak memiliki integritas, sehingga mereka ini akan merasa tidak cocok. Mereka juga tidak akan pernah pas dengan sistem yang sudah ada di perusahaan; karena mereka itu BUKAN merupakan bagian sebenarnya dari keseluruhan sistem … tidak pernah merasa nyaman, dan akhirnya mereka pergi, bahkan tanpa perlu dipecat!

Anda dapat memacu Integritas sehingga menjadi sistem budaya di perusahaan Anda. Untuk itu, bukan hanya Anda yang harus melaksanakannya, tetapi juga setiap orang yang bekerja sama dengan Anda, apakah itu pegawai perusahaan Anda, kolega, pemasok, maupun mitra bisnis Anda.

Meskipun orang jujur cenderung menarik orang-orang serupa, namun ingatlah, bahwa Anda terkadang menghadapi orang yang tidak punya prinsip! Putuskan segera hubungan dengan orang semacam itu. Individu tersebut … serta yang lainnya di organisasi Anda, akan mendapat pesan kuat dan jelas, bahwa Anda tidak akan mentoleransi ketidakjujuran dalam organisasi Anda, di perusahaan Anda.

Sebagai pengusaha dan pemilik perusahaan, Anda dapat memperoleh kepercayaan besar dalam organisasi Anda. Oleh karena itu, Anda harus mewujudkan apa yang Anda katakan. Jadikan integritas pribadi Anda sebagai panutan. Anda juga perlu memahami orang-orang Anda tentang kebutuhan dan kekhawatiran mereka. Dengarkanlah pegawai Anda secara efektif dan tulus.

Anda pun harus menindaklanjuti komitmen dan yang menjadi kewajiban Anda. Serta, Anda selalu siap membela bawahan Anda, jika mereka diperlakukan tidak adil. Hal-hal yang Anda lakukan itulah yang akan menguatkan sistem budaya kejujuran dan integritas yang ada dalam perusahaan Anda, dan melindungi organisasi Anda dari perusakan oleh orang-orang yang tidak punya prinsip dan tidak bertanggung jawab.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (225 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *