1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (185 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 15 March, 2011 - 8:00 PM

Antara SUKSES dan Kepuasan BATIN

Saat pertama kali saya menjelajahi ATURAN UNTUK SUKSES, saya merasa harus mendefinisikan apa yang saya maksud dengan SUKSES. Saya berpikir panjang lebar tentang kata SUKSES. Saya mewancarai orang yang saya kenal, dan mendekati banyak orang yang belum saya kenal, demi memperoleh pandangan tentang apa arti sukses bagi mereka. Saya juga membaca biografi tokoh-tokoh terkenal, yang sudah menjalani kehidupan yang tampaknya sukses. Dan ternyata, SUKSES mempunyai makna berbeda-beda bagi masing-masing orang.

Lebih dalam lagi, saya menemukan bahwa di dalam impian, visi, dan sasaran sukses masing-masing orang, terdapat satu inti penting, yaitu: suatu keinginan untuk pemenuhan hasrat. Walaupun beberapa orang bermimpi tentang harta kekayaan, tentang kemasyhuran, dan yang lainnya lagi ingin menciptakan perbedaan besar … semuanya setuju bahwa KEPUASAN BATIN adalah ukuran tertinggi SUKSES mereka.

Terlintas di pikiran saya sebuah pertanyaan yang menurut saya pantas diajukan, yaitu: “Apa perbedaan antara sukses dan kepuasan batin?” Akhirnya saya menemukan jawabannya, bahwa SUKSES terutama diukur dengan standar di luar diri kita; sementara itu KEPUASAN BATIN dinilai secara internal oleh diri kita. Tidak ada orang yang bisa menilai apakah keinginan Anda sudah terpenuhi atau belum, kecuali oleh Anda sendiri. Bagaimana pun, dunia dengan kriterianya yang obyektif, memang bisa menilai Anda sukses jika Anda memenuhi standarnya.

Jika dunia menilai Anda SUKSES, itu berarti Anda sudah berhasil mewujudkan cita-cita dan harapan Anda, atau Anda sudah melampaui standar normal rata-rata, yang dipegang mayoritas orang. Pencapaian adalah barometer utama yang digunakan dunia untuk mengukur sukses, seperti: memecahkan rekor, mengumpulkan harta kekayaan, menjadi orang pertama yang melakukan sesuatu, atau mengubah cara berpikir umum; semua hal itu masuk hitungan dunia. Menjadi yang terbaik dalam melakukan sesuatu, mengalahkan, menyembuhkan, mendobrak rintangan; semuanya itu menjadikan seseorang layak dianggap sukses oleh dunia.

Namun, KEPUASAN BATIN adalah sesuatu yang sama sekali berbeda. KEPUASAN BATIN adalah perasaan yang muncul dari dalam jiwa Anda, yang memancar menembus diri Anda. Perasaan kepuasan mendalam dan kebahagiaan yang Anda alami di penghujung hari ketika Anda berbaring di tempat tidur, sebelum tertidur; ketika dalam hati Anda tahu bahwa Anda sudah memenuhi atau bahkan melampaui harapan Anda tentang diri Anda sendiri. Mengalami KEPUASAN BATIN berarti dipenuhi perasaan sejahtera.

Saat perasaan Anda  tentang kesejahteraan dan simbol eksternal tentang pencapaian sudah menyatu, maka Anda mencapai SUKSES. Yang satu TANPA yang lainnya, adalah seperti lilin tanpa korek api. Masing-masing memang bisa berdiri sendiri, namun jika digunakan bersamaan, nyala yang terjadi menciptakan sinar yang menakjubkan.

Bagi saya, jika membawa pengaruh mendalam pada hidup satu orang, itu bermakna bahwa hidup saya tidak saya lalui dengan sia-sia. Setiap kali saya memimpin suatu lokakarya, dan melihat semangat peserta yang menyala-nyala, saya sudah merasa berhasil. Menyaksikan orang-orang mengubah perilaku mereka, memenuhi imppian mereka, menyudahi suatu siklus penyabotan diri sendiri, sehingga mulai dengan sungguh-sungguh mencintai diri mereka sendiri; semua itu memberi saya kepuasan batin yang mendalam.

Aturan-aturan untuk hidup yang memberi kepuasan batin adalah kebenaran universal yang mendasari semua upaya sukses. Jika Anda mendambakan sukses, maka Anda harus melangkah di jalan yang sudah dilalui mereka, yang meninggalkan jejak sukses. Dengan mengikuti jejak mereka, Anda akan menemukan kebenaran universal Anda sendiri, sehingga Anda bisa meninggalkan jejak kaki Anda sendiri, yang menegaskan pengalaman pribadi Anda tentang SUKSES.

Untuk mengetahui intisari sukses, Anda harus menjelajahi kebenaran universal tadi. Bahkan, meski saya tidak memaparkannya kepada Anda, sangat mungkin Anda akan menjumpai mereka di jalan Anda. Semoga Anda menemukan definisi pribadi Anda tentang SUKSES, dan berhasil melewati jalan itu menuju realisasinya. Saya berharap Anda akan menemukan kebenaran-kebenaran sejati dalam diri Anda, keyakinan untuk mempercayai diri sendiri, sarana untuk menemukan jalan Anda, dan keberanian untuk bangkit ketika dunia menyangka Anda akan jatuh.

Semoga Anda menyerap pelajaran yang disuguhkan kehidupan kepada Anda, dan mencapai semua yang bisa memberi Anda KEPUASAN BATIN dan KEBAHAGIAAN yang mendalam, dan sejati bagi diri Anda. Selamat menikmati perjalanan sukses Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (185 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

1 thought on “Antara SUKSES dan Kepuasan BATIN”

  1. Ros Komalawati / Pertama2 mengucapkan sykuur Alhamdullilah kepada Allah, lalu menyisisikan untuk di sedekahkan kepada yang berhak, lalu memberikan untuk orang tua juga keluarga terdekat.Dan jika sudah dikeluarkan untuk yg berhak, baru sisanya digunakan untuk di tabung atau untuk modal usaha.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *