1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (220 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: October 1, 2011 - 7:11 AM

NILAI Anda Memengaruhi KESUKSESAN Anda

Tahukah Anda apa nilai inti Anda? Ada yang Anda katakan dan ada yang Anda lakukan. Anda dapat memperjelas nilai-nilai inti Anda dengan mengamati tindakan Anda. Apakah tindakan sudah sesuai dengan yang Anda katakan tentang nilai-nilai Anda? Jika tidak, mengapa?

Berikut ini, saya uraikan, mengapa nilai diri berpengaruh terhadap pencapaian kita:

1. Nilai mendikte perilaku

Tindakan didahului oleh pikiran, baik itu pikiran itu sadar atau tidak sadar. Pikiran Anda disaring oleh kumpulan nilai dan keyakinan individual Anda, yang diproses melalui jalur saraf Anda untuk membantu Anda sampai pada keputusan, yang Anda buat untuk tindakan Anda.

Menurut ilmu sosial, nilai bersifat pribadi tetapi juga memiliki elemen budaya untuk membantu Anda memahami apa yang benar dan salah; baik dan buruk; penting dan tidak penting. Nilai, sering kali mengikat orang bersama dan menciptakan sistem norma sosial suatu budaya.

Penting untuk mengetahui nilai mana yang Anda pegang, sehingga Anda dapat mengambil tindakan. Studi menyatakan bahwa nilai-nilai bertindak sebagai pedoman perilaku dan menjadi inti identitas Anda. Saat nilai menjadi pusat identitas Anda, saat itulah nilai menjadi indikator kuat dari perilaku Anda.

Artinya, jika Anda ingin menjadi sukses seperti yang Anda definisikan, Anda harus memiliki nilai-nilai yang dimiliki versi sukses Anda, dan menjadikannya bagian penting dari identitas Anda. Misalnya, jika versi sukses Anda menghargai organisasi, tetapi Anda hidup dalam kekacauan yang berantakan, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengatur diri dan menjadikannya prioritas.

Tindakan dapat membentuk nilai-nilai Anda, dan saat Anda meningkatkan standar perilaku Anda, tindakan tersebut menentukan cara Anda memandang diri sendiri. Untuk memulai proses ini, tuliskan semua nilai yang Anda yakini dimiliki oleh versi sukses diri Anda. Buatlah Daftar Nilai Versi Sukses Diri Anda. Nilai-nilai itu seperti magnet, mereka menarik orang-orang yang sesuai dengannya.

2. Perilaku menentukan kesuksesan

Perilaku Anda akan menunjukkan kepada Anda, di mana identitas dan nilai-nilai inti Anda saat ini. Jika Anda tidak yakin mana yang penting bagi Anda, lihat perilaku Anda. Jika Anda menghargai kenyamanan daripada usaha, Anda akan melihat banyak kekacauan atau kecerobohan dalam hidup Anda.

Jika Anda menghargai pertumbuhan daripada kenyamanan, Anda akan terus menantang diri sendiri dan terlibat dalam aktivitas yang membuat pola pikir Anda berkembang. Perilaku Anda akan menunjukkan kepada Anda nilai-nilai apa yang telah menjadi bagian dari identitas Anda.

Setelah Anda mengenali tindakan mana yang Anda lakukan secara teratur, Anda dapat mengidentifikasi nilai dan keyakinan yang dijalankan oleh perilaku tersebut. Buat Daftar Nilai dan Keyakinan Anda, yang muncul saat ini. Kemudian, Anda dapat membandingkannya dengan daftar nilai yang Anda buat untuk versi sukses diri Anda.

Apa kesamaan dari daftar tersebut? Perbedaan apa yang ada di antara kedua daftar tersebut? Mengasah kesamaan dan perbedaan memberi Anda indikasi yang jelas tentang di mana Anda perlu berusaha untuk menumbuhkan nilai baru atau yang lebih kuat, yang menjadi bagian dari identitas Anda.

3. Fokus dan dukungan

Nilai-nilai Anda adalah indikator yang konsisten dari apa yang menjadi pusat fokus Anda, yang memungkinkan Anda membuat keputusan lebih sadar, yang dapat mengarah pada kesuksesan. Saat Anda menghadapi keputusan atau tindakan, cara baik untuk menarik perhatian Anda kembali ke kesuksesan Anda sendiri adalah dengan bertanya pada diri sendiri, “Apakah pilihan ini sejalan dengan kesuksesan yang saya inginkan, dan nilai saya atau tidak?” Jawaban itu akan membantu Anda membuat keputusan lebih kuat yang membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Selain itu, nilai-nilai juga membantu Anda terikat dengan orang lain. Anda akan sering bekerja dengan orang yang memiliki nilai serupa. Jika salah satu keyakinan dan nilai inti Anda adalah meninggikan orang lain, kemungkinan besar Anda akan bekerja dengan orang yang akan mengangkat Anda.

Memiliki sistem pendukung yang memahami dan menghormati nilai-nilai Anda, akan membantu Anda tetap di jalur menuju kesuksesan. Ketika nilai-nilai Anda jelas bagi Anda, maka membuat keputusan menjadi lebih mudah.

4. Membangun nilai-nilai baru

Membuat sistem baru membutuhkan disiplin. Anda harus memberi ruang agar perilaku dan pola pikir baru terjadi, menggantikan perilaku dan pola pikir lama.

Untuk melakukan itu, Anda harus sadar akan apa yang ingin Anda ubah, dan secara aktif memilih tindakan baru untuk mengganti kebiasaan sebelumnya yang mungkin sudah otomatis. Semakin sering Anda menerapkan perubahan ini, semakin alami perubahan itu bagi Anda. Begitulah cara nilai-nilai baru menjadi bagian dari identitas Anda, yang mengarah pada kesuksesan ketika perubahan tersebut sejalan dengan tujuan Anda.

Nah Sahabat. Menurut Anda, nilai apa yang paling penting untuk diwujudkan dalam perjalanan Anda menuju sukses?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (220 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *