1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (160 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 October, 2011 - 8:00 AM

KESEJAHTERAAN adalah Keterampilan Terpenting untuk KESUKSESAN

Sejak awal perjalanan wirausaha saya, saya selalu memiliki hasrat yang kuat untuk memahami bagaimana saya bisa menjadi yang terbaik. Sebagai seorang wirausaha dengan sumber daya terbatas, saya segera menyadari bahwa bugar secara mental dan emosional sangat penting untuk maju dengan tujuan.

Keinginan tak terpuaskan untuk memahami apa yang membuat orang tergerak dan berkembang, membawa saya pada perjalanan panjang, dan beruntung saya bisa belajar, berbicara, dan bekerja dengan beberapa ahli terkemuka di bidang psikologi perilaku, pembinaan, dan ilmu saraf.

Pada awal perjalanan “pertumbuhan pribadi”, saya sering berpikir bahwa menjadi sangat produktif dan memotivasi diri adalah apa yang saya butuhkan untuk berhasil, baik secara pribadi maupun profesional. Namun, seiring waktu dan berkat studi saya, saya menemukan bahwa agar seseorang dapat berkembang dalam jangka panjang, diperlukan sesuatu yang berbeda. Kuncinya adalah KESEJAHTERAAN!

Awalnya saya merasa bahwa kesejahteraan adalah sesuatu yang penting hanya untuk orang tua, tetapi ketika saya meluangkan waktu untuk menggali lebih dalam tentang apa sebenarnya artinya itu, saya menyadari bahwa pada akhirnya itulah jawaban yang saya cari. Pikirkanlah, jika kita merasa tidak enak badan, dan emosi sedang buruk, bagaimana mungkin kita bisa melakukan hal baik untuk diri kita sendiri dan orang lain?

Jadi, saya beralih ke ilmu saraf untuk mendapatkan pemahaman lebih baik tentang apa itu KESEJAHTERAAN dan bagaimana dapat mengalaminya lebih banyak dalam kehidupan sehari-hari.

Yang mengejutkan, hal pertama yang saya temukan adalah bahwa kesejahteraan sebenarnya adalah keterampilan yang dapat kita kembangkan, yang sangat membesarkan hati. Tidak diragukan lagi, sebagai manusia, kita cukup kompleks: lingkungan, latar belakang, dan sifat pribadi pasti memengaruhi cara kita menjalani hidup. Namun, mengetahui bahwa kita semua dapat dengan sengaja mempraktikkan kesejahteraan adalah hal yang memberdayakan.

Berikut ada 4 pilar yang membentuk Kesejahteraan:

  • Kesadaran Diri
  • Pandangan
  • Ketahanan
  • Kemurahan hati

Saya coba jabarkan keempat pilar tersebut dan temukan cara sederhana untuk mempraktikkannya:

1. Kesadaran Diri

Kesadaran diri mengacu pada pengetahuan tentang diri kita sendiri: motif batin kita, keadaan, emosi, dan perasaan. Mengembangkan kesadaran diri dengan lebih baik, dapat membantu kita mengatasi stres dan ketidakpastian dengan lebih baik, dan memberi kita wawasan tentang apa yang benar-benar penting bagi kesuksesan pribadi dan profesional kita. Kesadaran diri sebagai dasar untuk bertindak dengan lebih jelas dan fokus dalam hidup kita.

Apa cara sederhana untuk mengembangkan kesadaran diri kita sehari-hari? Tindakan observasi diri; meluangkan waktu sepanjang hari untuk memeriksa diri sendiri, mengamati emosi apa yang ada, pikiran apa yang ada di pikiran, dan memperhatikan keadaan fisik kita saat merespons atau lebih sering bereaksi terhadap peristiwa kehidupan. Tindakan ini sederhana, namun dapat membawa wawasan yang tak ternilai dalam cara kita mengelola dan mengalami hidup kita. Ini memungkinkan kita untuk perlahan-lahan beralih dari BEREAKSI menjadi BERINTERAKSI dengan kehidupan. Kesadaran diri adalah menyadari pola diri sendiri.

2. Pandangan

Pandangan mengacu pada cara kita memandang diri sendiri dan dunia di sekitar kita. Ini pada dasarnya adalah kisah yang kita ceritakan pada diri sendiri dan ini dapat membuat perbedaan besar. Saya berikan contoh berikut.

Bayangkan saya baru saja kehilangan pekerjaan…

Skenario 1: Dunia ini menyebalkan dan hidup saya berakhir. Saya menyia-nyiakan 2 tahun dalam pekerjaan itu, tidak ada peluang di luar sana untuk saya sekarang dan saya tidak memiliki apa yang diperlukan untuk menemukan pekerjaan impian saya. Sungguh saya lelah!

Skenario 2: Sangat disayangkan, tetapi saya telah belajar darinya dan sekarang ini adalah kesempatan besar untuk maju ke sesuatu yang lebih baik. Saya senang melihat apa yang akan terjadi di masa depan, dan saya akan mulai meneliti industri mana yang sedang merekrut saat ini, di mana saya dapat mengembangkan diri dan menambahkan nilai sebenarnya.

Perspektif mana menurut Anda lebih berguna? Ini peristiwa yang sama, hanya dilihat dari sudut pandang berbeda. Ketika memiliki pandangan hidup yang bagus, kita menjadi lebih positif, bersemangat, dan pada akhirnya, mengembangkan pola pikir berkembang, yang berarti melihat setiap peristiwa positif atau pun negatif sebagai peluang untuk berkembang.

Apa cara sederhana untuk mempraktikkannya? Ambillah peristiwa baru-baru ini yang tidak sesuai dengan keinginan Anda, dan tanyakan pada diri Anda, apa yang diajarkan peristiwa ini? Bagaimana itu bisa membuat lebih baik? Sebuah kata inspirasi dari Nelson Mandela, “Saya tidak kalah, saya menang atau belajar.” Hidup bekerja dengan cara yang misterius, tetapi Anda dapat yakin bahwa segala sesuatu memiliki tujuan hebat.

3. Ketahanan

Memiliki KETAHANAN, menjadi masalah yang menantang. Mampu untuk terus maju, bertahan, dan membangun kekuatan batin, sehingga pantang menyerah, itulah yang membuat Anda menjadi sangat tangguh. Tentu saja, mendorong sesuatu yang kita rasa tidak berharga, mungkin belum tentu menjadi contoh ketahanan yang baik, tetapi di sinilah memiliki kesadaran diri sangat penting!

Di saat-saat sulit atau tidak pasti, KETAHANAN adalah kuncinya. Semakin kita mengajar diri sendiri untuk menjadi tangguh, semakin kuat otak kita. Ingin menjadi lebih tangguh? Sains menunjukkan bahwa bermeditasi, mempraktikkan welas asih, dan menghadapi ketakutan kita adalah cara ampuh untuk membangun ketahanan. Seperti kata Nelson Mandela, “Jangan menilai saya dari kesuksesan saya, nilai saya dari berapa kali saya jatuh dan bangkit kembali.”

4. Kemurahan hati

Menjadi lebih murah hati, bisa menjadi salah satu dari 4 pilar untuk kesejahteraan optimal kita. Ketika saya menemukan ini, sebagian besar dari diri saya merasa rendah hati: “Saya dapat meningkatkan kesejahteraan saya sendiri sambil membantu orang lain. Betapa indahnya! Ini adalah cara keseimbangan alam untuk menjaga dunia terus berputar.”

Sains memberi tahu bahwa ada bagian otak kita yang dirancang untuk memberikan kontribusi. Faktanya, setiap kali kita memberi, otak kita melepaskan apa yang disebut “kebahagiaan trifecta”, aliran serotonin, oksitosin, dan dopamin yang meningkatkan energi dan suasana hati kita, itu bisa menurunkan tingkat stres kita! Dari perspektif ini, hidup sangat murah hati, itu menawarkan kemungkinan terbaik dan tak terbatas bagi kita. Buka hati Anda untuk orang lain dan biarkan yang terbaik dari Anda bersinar.

Tidak ada satu resep untuk sukses atau kebahagiaan. Tetapi dengan sedikit usaha dan fokus pada arah yang benar, kita dapat mengambil langkah-langkah kecil dalam kehidupan sehari-hari, yang jika digabungkan dari waktu ke waktu dapat membawa hasil besar dan berguna.

Nah Sahabat. Manakah menurut Anda, pilar paling penting untuk menjalani hidup Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (160 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *