1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (195 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 January, 2012 - 9:00 AM

Membangun BRAND Bisnis Anda

Banyak pemilik bisnis, terutama mereka yang baru saja memulai, tidak memiliki pemahaman yang baik, mengenai apa itu merek (Brand), dan bagaimana cara menciptakannya di bisnis mereka. Seandainya mereka tahu apa itu Brand, mereka mungkin tidak tahu bagaimana cara memanfaatkan sebuah Brand untuk keuntungan bisnisnya. Menurut Wikipedia, Brand, didefinisikan sebagai berikut:  “Merek (Brand) adalah penjelmaan simbolis dari semua informasi yang berkaitan dengan suatu perusahaan, produk, atau jasa. Suatu Brand bertindak untuk menciptakan asosiasi dan ekspektasi antar produk yang dibuat oleh produsen tertentu. Sebuah Brand kerap mencakup logo eksplisit, jenis huruf, skema warna, simbol, dan suara, yang seluruhnya dapat dikembangkan untuk merepresentasikan nilai, ide, dan bahkan kepribadian secara implisit.”

Untuk menggunakan Brand secara efektif, Anda harus menciptakan Brand yang mencerminkan diri Anda dan Perusahaan Anda dengan cara sebaik mungkin. Anda juga harus konsisten dalam penggunaannya di seluruh bentuk pemasaran bisnis Anda, baik itu pemasaran visual, pemasaran langsung, membuat pesan, mempekerjakan orang untuk mendukung Brand Anda, dan penampilan serta penggunaan Brand Anda.

Anda akan lebih mengerti bahwa sebuah Brand mewujudkan semua hal yang diwakili oleh Anda dan Perusahaan Anda. Sebuah Brand harus dipikirkan baik-baik, dan didesain untuk mencerminkan bisnis Anda melalui cara yang tidak menyisakan kebingungan. Pada tingkat yang lebih pribadi, Anda adalah Brand Anda. Hal ini berupa cara Anda berpakaian, cara Anda bertindak, dan bagaimana Anda memperlakukan orang lain, serta banyak hal lainnya yang berkaitan dengan pribadi Anda.

Semua orang pernah mendengar pepatah, “Orang berbisnis dengan orang yang mereka kenal, sukai, dan percayai.” Brand Anda mengatakan kepada audiensi Anda, apa yang penting bagi Anda, dan mengapa hal itu penting bagi mereka. Brand Anda harus memberitahu audiensi Anda, mengapa mereka harus mengenal, menyukai, dan memercayai Anda.

Sebagian besar pemilik bisnis skala UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) tidak terlalu memberi perhatian pada Brand mereka. Ini merupakan kesalahan! Brand Anda tidak harus mahal, tetapi benar-benar harus dipikirkan baik-baik. Brand itu harus mencerminkan citra Anda di pasar, bagaimana Anda ingin orang lain menyadari Anda dan bisnis Anda. Anda tidak harus menghabiskan uang jutaan untuk menciptakan sebuah Merek (Brand), tetapi Anda benar-benar harus konsisten dalam menggunakan Brand Anda, sehingga Anda tidak membuat audiensi Anda bingung. Sama seperti bisnis Anda, Brand Anda harus berkembang seiring dengan perjalanan waktu.

Penting dipahami di sini adalah sangat sulit untuk mengubah Brand Anda. Bahkan seandainya Anda tidak aktif mempromosikan Brand Anda, orang lain mungkin sudah menilai Anda sebagai Brand di dalam pikiran mereka. Hal ini dapat terjadi karena Anda belum menyampaikan kepada mereka, bagaimana harus berpikir tentang Anda dan bisnis Anda. Anda harus membuat Brand ini, seperti yang Anda inginkan, BUKAN seperti yang diasumsikan orang lain. Anda harus mempekerjakan orang lain yang mewujudkan apa yang diwakili oleh Brand Anda.

Membangun bisnis memerlukan waktu, demikian pula membangun suatu Merek (Brand). Jika dilakukan dengan benar, Anda dapat menggunakan branding untuk menarik orang lain (konsumen dan pegawai Anda), yang melihat nilai tersendiri di dalam produk dan jasa Anda. Agar dapat melakukan hal ini, rencana pemasaran Anda harus memiliki bagian tentang BRANDING PERUSAHAAN. Anda sebaiknya memperbarui rencana pemasaran Anda, dengan menambahkan bagian tentang BRANDING.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (195 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *