1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (208 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 02 July, 2012 - 9:00 AM

Cara Mengubah Pemimpi Jadi Orang Berprestasi

Kita semua memiliki sesuatu yang ingin kita capai dalam hidup kita, tetapi mengapa banyak dari kita tidak pernah mencapai cita-cita kita? Mengapa kita berbicara selama bertahun-tahun tentang apa yang ingin kita hasilkan dan kemudian tidak pernah mengambil tindakan?

Jawaban atas dua pertanyaan itu adalah kita terjebak dalam pola bermimpi. Bermimpi terasa menyenangkan dan tidak mengharuskan kita melakukan pekerjaan apa pun. Kita bisa terlena dan biasa memikirkan semua perasaan menyenangkan yang dibawa oleh impian kita.

Saya ingin perasaan menyenangkan dan nyata, yang didapatkan dari menjalani tujuan hidup dan berhasil mencapai tujuan, bukan hanya dalam mimpi. Saya ingin semua orang membaca ini untuk beralih dari pemimpi menjadi orang berprestasi.

Pertama, Anda perlu tahu apa yang dilakukan pemimpi, kemudian Anda perlu tahu tentang apa yang dilakukan oleh orang yang berprestasi tinggi.

Inilah yang dilakukan oleh pemimpi:

Pemimpi banyak bicara

Banyak bicara dan tidak banyak tindakan. Ada banyak “Aku harus melakukan ini” atau “Aku akan melakukannya.” Para pencapai impian, pasti segera mengambil tindakan.

Pemimpi banyak rencana

Pernah bertemu dengan orang-orang yang memiliki tiga gelar jenjang S1 – S2 – S3, masih berusia muda, dan masih belajar terus secara pendidikan formal? Sebenarnya, mereka ini tersesat dalam tahap perencanaan dan pengetahuan, dan belum pindah ke “Saatnya untuk mengambil tindakan nyata, dan melanjutkan ke tahap pekerjaan mewujudkan impian”.

Perencanaan dapat menenggelamkan Anda dalam ketakutan, tentang bagaimana sesuatu dapat berjalan tidak sesuai dengan harapan. Yang benar adalah tidak ada yang benar-benar tahu pasti, apakah rencana Anda akan terungkap seperti yang Anda inginkan. Itu tidak berarti Anda tidak harus memilikinya; itu hanya berarti Anda tidak perlu membuang waktu bertahun-tahun untuk mencari tahu, apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana hasilnya.

Anda akan memikirkan hal-hal itu di sepanjang jalan dan rencana Anda perlu berubah untuk beradaptasi dengan pembelajaran Anda secara konsisten.

Ketika Anda tahu apa yang Anda inginkan dan tujuan yang ingin Anda capai, Anda menjadi sangat mahir dalam berkomunikasi dengan cara langsung, ringkas, dan jelas. Langsung ke intinya.

Pemimpi cepat dan selalu berubah ide

Itu tidak berarti Anda tidak dapat melakukan perubahan, tetapi pemimpi tampaknya selalu memiliki ide atau tujuan baru setiap minggu. Mereka cepat memutus dan mengganti idenya, sebelum meraihnya. Anda harus jelas dan berkomitmen untuk fokus pada pencapaian tujuan. Ketika Anda fokus, itu mengarahkan Anda pada penguasaan tujuan

Pemimpi suka berbicara tetapi tidak mendengarkan

Kunci-kunci impian itu ada dalam mendengarkan, tetapi mereka bersikukuh dengan cara mereka sendiri. Ketika Anda mendengar apa yang orang katakan, Anda banyak belajar. Tidak seorang pun dari kita yang tahu segalanya, yang berarti kita perlu mendengarkan mereka yang memiliki pengetahuan sesuai dengan yang kita cari.

Mendengarkan adalah keterampilan dan itu adalah sesuatu yang bermanfaat sangat baik. Ini juga tentang mendengarkan dan kemudian menyaring apa yang tidak relevan dengan tujuan spesifik Anda. Mendengarkan dan menerapkan semua yang Anda katakan secara membuta, akan membuat Anda menjauh dari visi Anda, dan menuju sesuatu yang tidak Anda inginkan.

Inilah yang dilakukan oleh orang-orang berprestasi:

Orang-orang berprestasi, mengikuti gairah mereka

Tidak seperti pemimpi, orang-orang berprestasi mendasarkan seluruh hidup mereka pada gairah. Mereka tidak berkecimpung dalam hal-hal yang tidak mereka sukai untuk mencoba dan mengesankan orang lain, atau menciptakan kekayaan. Orang-orang berprestasi tahu, bahwa gairah mereka adalah satu-satunya hal yang akan mendorong mereka maju, ketika mereka mengalami hambatan dan kemunduran.

Orang-orang berprestasi tahu, bahwa sangat mudah kehilangan permainan, saat Anda tidak memiliki gairah untuk membuat Anda terus maju. Gairah adalah apa yang Anda mulai dan itulah yang akan membuat Anda terus maju. Tanpa gairah, tujuan Anda untuk mewujudkan impian, tidak akan terpenuhi.

Orang-orang berprestasi juga tahu bahwa gairah itu membutuhkan waktu untuk menemukannya. Mereka mencoba banyak kegiatan berbeda, sampai mereka menemukan sesuatu yang membuatnya bergairah.

Orang-orang berprestasi, mengambil tindakan sebelum mereka kehilangan akal

Orang-orang berprestasi tahu bahwa mereka harus mengambil tindakan sebelum kehilangan akal. Mungkin ide mereka langsung mengirimkan email ke diri mereka sendiri, untuk motivasi cepat bertindak.

Mungkin menelepon seseorang, setelah mendengar sesuatu yang sejalan dengan visinya. Mungkin mendaftar untuk suatu program karena memiliki konten yang telah sesuai visi mereka yang terlewatkan.

Intinya adalah segera mengambil tindakan pada saat ini, daripada mengatakan akan melakukannya itu besok. Sikap ini merupakan hal terbesar, yang membedakan pemimpi, dari mereka yang berprestasi.

Orang berprestasi, meminta bantuan

Tidak ada pencapaian layak yang bisa dilakukan sendiri. Anda harus memiliki orang lain dalam perjalanan Anda. Ini menuntut Anda untuk menjadi kuat dan tidak takut untuk meminta bantuan. Meminta bantuan tidak membuat Anda lemah; itu membuat Anda berprestasi.

Berpegang teguh pada apa yang Anda tahu, itu paling baik, namun jangan mencoba dan menjadi pakar dari segalanya.

Orang-orang berprestasi tahu kekuatan mereka, dan mengeksploitasinya

Orang-orang berprestasi lebih suka memfokuskan energi mereka pada hal-hal yang mereka kuasai, sehingga mereka dapat mencapai tingkat penguasaan teratas di bidang mereka.

Orang-orang berprestasi, mengejar kebahagiaan dan kepuasan di atas segalanya

Kebahagiaan dan kepuasan inilah bagian dari sebab mengapa Anda ingin mencapai tujuan Anda. Pemimpi tidak tahu mengapa mereka ingin mencapai tujuan, atau mungkin mereka sekedar menyalin definisi kesuksesan orang lain.

Orang-orang berprestasi telah mengusahakan pencapaian tujuan, dan itu selalu terkait dengan perasaan puas yang menghasilkan kebahagiaan. Perasaan untuk mengejar kepuasan, mendorong jauh lebih kuat daripada mengejar tujuan. Tujuan itu memang memberi Anda strategi dan rencana untuk mencapai kesuksesan, tetapi itu bukan yang dipikirkan oleh orang berprestasi tinggi sebagai hasil akhirnya, melainkan kepuasan.

Orang-orang berprestasi, tahu kekuatan pikiran mereka

Ini karena mereka adalah penguasa pikiran mereka sendiri. Pada titik tertentu, mereka menjadi ingin tahu tentang bagaimana pikiran mereka bekerja dan mendukung pencapaian tujuannya. Sebelum mengatakan apa yang ada di pikiran mereka, mereka berpikir terlebih dahulu.

Sebelum ada keputusan besar, mereka menimbang positif dan negatif. Mereka kemudian menggunakan intuisi dan pengalaman mereka, untuk mengeksekusi dengan tingkat kepercayaan yang tinggi.

Anda bisa mengatakan bahwa orang berprestasi terobsesi untuk menjaga pola pikir mereka selaras. Mereka menghargai diri sendiri dengan menjaga pikiran mereka tetap terkendali. Pola pikir positif adalah apa yang memungkinkan mereka berubah dari pemimpi menjadi pencapai berprestasi tinggi.

Orang-orang berprestasi, tidak suka menyalahkan

Itu karena mereka tahu bahwa mereka mengendalikan setiap hal kecil yang terjadi. Mimpi mereka menang atau kalah karena mereka, bukan hal lain. Bagi orang-orang berprestasi, pelajaran yang didapatkan dari kegagalan ini memungkinkan untuk bangkit kembali dengan kekuatan sepuluh kali lebih keras, jadi itu hanya sebuah berkah, bukan alasan untuk menyerah.

Orang berprestasi, bangun lebih awal

Mereka ini selalu bangun lebih awal. Sementara semua orang menghabiskan hidup mereka dengan tidur karena mereka cepat kelelahan akibat mengumbar terlalu banyak hal yang tidak terkendali, dan orang-orang berprestasi bekerja ketika dunia tidur.

Pada saat semua orang bangun, orang-orang berprestasi telah mencapai lebih daripada yang bisa dilakukan kebanyakan orang dalam sehari. Ada sesuatu yang sangat indah tentang bangun ketika dunia tidur. Itu adalah jenis kedamaian yang membantu Anda melihat impian Anda.

Orang berprestasi, tak mau dan tak pernah menyerah

Orang berprestasi tinggi, dalam upaya mewujudkan impiannya pun mengharapkan penghalang jalan. Mereka mengharapkan hal terburuk yang bisa dibayangkan, dan memikirkan apa yang berpotensi terjadi pada mereka. Karena itu mereka siap, dan kemunduran pun tidak akan mengganggu mereka.

Mengharapkan hal-hal tak terduga akan menjadikan Anda pantang menyerah ketika masa-masa menjadi sulit. Mengetahui bahwa kemunduran itu tidak khusus diperuntukkan bagi Anda, membantu Anda tetap optimis. Anda akan berhenti menceritakan kisah-kisah keberuntungan, karena Anda tahu bahwa keberuntungan tidak ada hubungannya dengan itu.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (208 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *