1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (189 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 September, 2012 - 7:55 AM

10 Cara Menjadi Wirausaha Kreatif

Menempa jalan Anda sendiri di industri kreatif bisa menjadi prospek yang menakutkan, tetapi kerja keras dan pikiran terbuka akan membawa Anda lebih jauh. Kerja keras dan pikiran terbuka bisa sangat bermanfaat untuk menjadi bos bagi diri Anda sendiri dan menikmati kemewahan bekerja dari rumah.

Berikut 10 Cara Menjadi Wirausaha Kreatif:

1. Memiliki passion atau hasrat

Perbedaan antara wirausaha biasa dan wirausaha kreatif adalah dari sisi proses berpikir dan bertindak. Kreatif dalam pengertian di sini adalah Anda berbisnis di bidamg seni yang bisa mengarah oada seni apa pun, baik karya nyata secara OFFLINE seperti merangkai bunga, membuat hantaran untuk pernikahan, dll; atau pun ONLINE, sepeti mendesain situs web, atau mengedit video, dll. Pastikan Anda memiliki semangat dan dorongan untuk melakukan hal-hal ini setiap hari.

2. Bersikaplah agresif dan proaktif

Memiliki hasrat untuk pekerjaan kreatif adalah satu hal, tetapi memiliki tekad dan pemikiran yang kasar untuk mengejarnya dengan segala cara (jika Anda belum melakukannya) adalah sesuatu yang sama sekali berbeda.

3. Memiliki visi

Inti dari menjadi wirausaha kreatif adalah bertanggung jawab atas takdir Anda sendiri. Pastikan Anda memiliki setidaknya gambaran kasar ke mana arah takdir itu, dan arahkan upaya Anda ke sana.

4. Kolaborasi

Kolaborasi berarti memahami dan meminta keterampilan pelengkap. Jangkau materi bisnis atau iklan lain dengan ide-ide Anda, dan Anda akan segera diminta untuk ikut serta dalam proyek mereka juga.

5. Rangkullah pekerjaan Anda

Kewirausahaan bukan untuk semua orang, dan tentu saja bukan untuk mereka yang lebih memilih kerja kantoran. Rangkullah pekerjaan yang Anda lakukan, nikmatilah, karena akan ada banyak pekerjaan.

6. Teruslah belajar

Ada ratusan sumber pembelajaran kreatif yang tersedia, dan setiap jam yang Anda dedikasikan untuk mempelajari keterampilan baru, diperhitungkan dalam bisnis dan kesuksesan kreatif Anda.

7.  Jaringan

Ini bukan hanya tentang memenangkan klien baru; ini lebih tentang mempromosikan dan memperkuat reputasi Anda sebagai entitas kreatif. Itu akan mebuat Anda bertemu dengan orang-orang keren.

8. Mempromosikan diri sendiri

Pastikan nama Anda dikenal secara Offline, dan Online, melalui email, lewat media sosial, dll. Anda tahu, di kehidupan nyata juga penting. Mengedepankan nama dan merek kreativitas unik Anda bukanlah hal yang memalukan.

9. Teruskan

Terkadang Anda merasa seolah-olah sedang berperang melawan diri sendiri. Ingatlah alternatifnya: ketika Anda jadi karyawan, itu bekerja keras untuk keuntungan orang lain pada proyek yang tidak akan pernah Anda miliki atau nikmati.

10. Lakukan apa yang Anda inginkan

Inilah yang membedakan wirausaha kreatif dengan wirausaha waralaba. Jika sebuah proyek muncul di meja Anda, yang terasa ‘tidak tepat’, jangan lakukan itu, dan habiskan waktu untuk sesuatu yang Anda sukai.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (189 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

1 thought on “10 Cara Menjadi Wirausaha Kreatif”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *