Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

Karakteristik Kepemimpinan Wirausaha

Karakteristik Kepemimpinan Wirausaha

Kepemimpinan wirausaha melibatkan pengorganisasian dan memotivasi sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama melalui inovasi, optimalisasi risiko, mengambil keuntungan dari peluang, dan mengelola lingkungan organisasi yang dinamis.

Pola pikir perusahaan tradisional memiliki fokus pada sistem dan proses, sedangkan gaya kewirausahaan lebih berorientasi pada risiko.

Beberapa karakteristik kepemimpinan wirausaha yang umum sebagai berikut.

1. Keterampilan berkomunikasi

Pemimpin dapat dengan jelas mengartikulasikan ide-ide mereka, dan rencana untuk mencapai tujuan bersama. Mereka mendorong komunikasi antar departemen dan lintas level. Mereka menghindari ambiguitas dan generalisasi, dan mampu menghindari konflik dan kesalahpahaman karena komunikasi yang buruk.

2. Visi

Seorang pemimpin wirausaha yang sukses memiliki visi yang jelas. Dia tahu persis ke mana dia ingin pergi dan bagaimana menuju ke sana. Mereka mengomunikasikan visi mereka kepada tim dan bekerja bersama mereka untuk membuat visi menjadi kenyataan.

3. Mendukung

Seorang pemimpin wirausaha menyadari pentingnya inisiatif dan reaktivitas, dan mereka berusaha keras untuk memberikan semua dukungan yang dibutuhkan oleh tim untuk mencapai tujuan mereka. Pemimpin biasanya tidak menghukum karyawan ketika mereka mengambil risiko yang diperhitungkan yang salah. Sebaliknya, mereka duduk bersama karyawan untuk menganalisis apa yang salah dan bekerja bersama mereka untuk memperbaiki kesalahan.

4. Keyakinan diri

Pemimpin memiliki keyakinan yang luar biasa pada diri mereka sendiri dan memiliki kepercayaan diri yang diperoleh dari percobaan bertahun-tahun, kadang gagal, dan pembelajaran. Mereka sadar akan kekuatan dan kelemahan mereka, dan menunjukkan keterampilan mereka tanpa keangkuhan. Pemimpin wirausaha sangat percaya diri.

5. Berbagi kesuksesan

Ketika tim atau organisasi berhasil dalam sesuatu, pemimpin tidak menjadi pusat perhatian atau menerima semua pujian. Mereka mengakui kontribusi orang lain dan berbagi penghargaan dengan mereka.

6. Terlibat

Anda tidak akan menemukan pemimpin kewirausahaan terkurung di kantor. Para pemimpin suka menghabiskan waktu di antara karyawan, berjalan di sekitar pabrik atau departemen, berinteraksi dengan semua orang, dan melihat mereka melakukan pekerjaan mereka. Pemimpin ini biasanya akan meluangkan waktu untuk mengobrol secara informal dengan karyawan, dan memahami pekerjaan serta tantangan pribadi mereka.

7. Ciptakan suasana kondusif untuk pertumbuhan

Dengan pemahaman mendalam tentang pentingnya kontribusi orang lain untuk keberhasilan organisasi, pemimpin kewirausahaan menciptakan suasana yang mendorong semua orang untuk berbagi ide, tumbuh, dan berkembang. Mereka secara aktif mencari pendapat orang lain, dan mendorong mereka untuk mencari solusi untuk masalah yang mereka hadapi. Pemimpin wirausaha juga memberikan umpan balik positif ketika karyawan mengajukan pendapat.

8. Kejujuran

Kejujuran adalah kualitas terpenting dari seorang pemimpin yang luar biasa. Pemimpin kewirausahaan yang jujur mampu dengan cepat memenangkan kepercayaan karyawan mereka. Orang-orang menghormati para pemimpin untuk dianggap jujur, dan lebih mungkin menerima umpan balik positif atau negatif dan juga bekerja lebih keras.

9. Ketekunan

Ketika keadaan menjadi sulit, pemimpin wirausaha bertahan. Pengusaha sejati tidak berhenti, mereka terus berjalan sampai mereka menemukan apa yang mereka cari.

10. Belajar

Pemimpin tidak hanya berinvestasi secara signifikan dalam mempelajari dan memperbarui pengetahuan mereka, tetapi mereka juga menciptakan lingkungan belajar di organisasi yang mendorong orang lain untuk meningkatkan pengetahuan mereka, memperluas pengalaman mereka, dan mengatasi berbagai tantangan. Mereka mendorong karyawan untuk berpikir di luar kotak dan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

Comments

Comments are disallowed for this post.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video