1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (174 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 January, 2013 - 8:00 PM

Cara Identifikasi Karyawan Bintang

Untuk mempersiapkan mereka yang berkinerja terbaik dalam peran kepemimpinan mendatang, beberapa perusahaan skala nasional dan multinasional, sekarang telah membuat program High Potential (HIPO), yang meneliti karyawan berpotensi tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa manajer sering kesulitan mengidentifikasi calon pemimpin sejati.

Dalam penelitian terhadap hampir 2.000 karyawan berpotensi besar di tiga organisasi, menemukan bahwa 12% dari peserta HIPO ini sebenarnya berada di kuadran bawah organisasi untuk kepemimpinan yang efektif. Secara keseluruhan, 42% dari peserta HIPO mendapat skor di bawah rata-rata.

Tidak selalu mudah untuk menentukan apakah seseorang memiliki mindset berkembang atau motivasi yang kuat selama wawancara. Dan kadang-kadang karyawan meluangkan waktu untuk menunjukkan potensi mereka yang sebenarnya, atau mereka direkrut untuk peran yang salah.

Ada beberapa proses yang membantu untuk melihat bintang yang sedang naik daun.

Pertama, program Magang akan membantu menemukan orang-orang berkualitas tinggi. Ini adalah kesempatan untuk melihat karyawan potensial beraksi sebelum berkomitmen pada peran penuh waktu. Magang juga sering menunjukkan pekerjaan mereka, yang membantu menyoroti calon yang kuat. Banyak anggota tim terbaik berasal dari program Magang ini.

Selanjutnya, merekrut karyawan junior untuk dukungan produk dan peran pemeliharaan. Mereka bisa belajar tentang perusahaan dan mengamati bagaimana kerja tim mereka. Ketika karyawan ini berkembang, maka kita bisa memindahkan mereka ke posisi yang lebih tinggi.

Akhirnya, kita bisa melihat momentum. Karyawan berpotensi tinggi selalu terlihat meningkat daya kinerjanya. Mereka menerima umpan balik dengan bagus, menerapkannya dengan penuh pertimbangan, dan berusaha untuk maju. Pertumbuhan yang konsisten adalah pertanda bagus.

Memelihara dan mempertahankan karyawan bintang membutuhkan pendekatan serupa. Itu karena staf berpotensi besar memiliki kebutuhan yang tak terpuaskan untuk tumbuh. Jadi, jika Anda memberdayakan mereka untuk mencapai tujuan mereka, mereka tentu ingin tetap bertahan.

Berikan pekerjaan yang menantang

Bintang berkembang pesat saat mereka ditantang. Dalam pengalaman saya, ini berlaku di seluruh strata kerja – terlepas dari jenis kepribadian, peran, bakat, atau usia. Jadi, bahkan jika seorang karyawan tidak memiliki keterampilan untuk mengimbangi tantangan, kemungkinan mereka bisa terpacu ke sana.

Jangan gunakan manajemen mikro

Tidak ada yang mematahkan semangat karyawan berpotensi besar seperti manajemen mikro. Seperti yang telah kita bahas, bintang biasanya memiliki motivasi diri, sehingga mereka membutuhkan kebebasan untuk mengembangkan solusi kreatif. Pada saat yang sama, mereka perlu tahu bahwa seseorang peduli dengan pekerjaan itu. Saya mencoba memberikan umpan balik dan dorongan, tetapi saya juga mencoba melangkah keluar dari jalan ketika seorang karyawan puncak sedang menjalankan misi.

Kelompokkan bintang bersama-sama

Karyawan hebat senang bekerja dengan orang-orang hebat lainnya. Efektivitas mereka berlipat ganda pada tim yang kuat, dan kemudian semua orang mendapat manfaat. Bagaimana pun, tidak ada yang luar biasa yang pernah dicapai oleh satu orang.

Investasikan pelatihan, kursus, dan konferensi

Ketika anggaran terbatas, mungkin tergoda untuk memotong pendidikan dari lembar pengeluaran. Tetapi, melatih para pemain terbaik, benar-benar merupakan investasi di perusahaan – dan masa depan yang lebih kuat untuk semua orang.

Seorang kolega pernah menasehati saya untuk membuat karyawan menandatangani surat pernyataan, yang menyatakan bahwa jika mereka meninggalkan perusahaan, mereka harus membayar kembali biaya pelatihan mereka. Saya pikir itu tidak adil. Itu bertentangan dengan semangat perusahaan. Dan seperti yang dikatakan oleh Henry Ford, “Satu-satunya hal yang lebih buruk daripada melatih karyawan Anda dan membiarkan mereka pergi adalah tidak melatih mereka dan membiarkan mereka tetap tinggal.”

Terima sukarelawan yang bersemangat

Saya suka ketika seseorang menjadi sukarelawan untuk tugas atau peran, karena biasanya itu berarti mereka akan melakukan pekerjaan yang luar biasa. Kembali ke pola pikir pertumbuhan yang sangat penting, relawan biasanya melihat apa yang perlu dilakukan, dan mereka ingin mengalami tantangan itu, atau memperoleh keterampilan baru. Kapan pun memungkinkan, biarkan mereka menjalankannya.

Pertimbangkan Satu Hari Istimewa

Satu Hari Istimewa adalah di mana tim kami mengesampingkan tugas sehari-hari untuk fokus pada satu masalah atau tantangan. Periode yang mendalam ini telah mengarah pada beberapa inovasi terbesar kami – dan memungkinkan karyawan untuk kreatif dan solutif. Satu Hari Istimewa ini juga merupakan kawah candradimuka untuk anggota tim bintang.

Temukan yang tepat

Terkadang kita melihat janji besar pada anggota staf, tetapi mereka tidak memenuhi harapan yang tinggi itu. Alih-alih menyerah (baik pada orang atau potensi mereka), sering ada baiknya memindahkan mereka ke peran baru. Cobalah untuk menemukan area di mana mereka akan berhasil.

Apa yang ditawarkan oleh Karyawan Bintamg

Sebagian besar pemimpin ingin memastikan bahwa seluruh basis staf mereka berkembang – dan itu adalah tujuan yang berharga. Saya tidak pernah ingin merusak kontribusi siapa pun atau meremehkan potensi mereka. Pada saat sama, karyawan papan atas membawa lebih dari sekadar bakat. Mereka juga:

Menarik lebih banyak orang hebat ke perusahaan Anda. Pemain bintang ingin berkolaborasi dan saling menantang. Ketika basis bakat tinggi, itu menunjukkan bahwa hal-hal baik sedang terjadi di organisasi.

Berikan kesempatan untuk semua orang. Ketika seseorang mencapai prestasi yang mengesankan, itu memperluas ambisi seluruh tim. Semangat dan kepercayaan diri tumbuh, dan orang-orang mulai percaya bahwa mereka dapat memecahkan masalah sulit.

Jadikan tim lebih baik. Karyawan yang menonjol adalah pengganda kekuatan yang membuat grup secara eksponensial lebih efektif. Seperti yang dikatakan mantan penjaga gawang NHL, Ken Dryden, tentang #99 yang legendaris, “Gretzky membuat lawan-lawannya bersaing dengan lima pemain, bukan satu, dan dia membuat rekan satu timnya menjadi mitra penuh untuk pertandingan ini.”

Dalam tenggat waktu harian dan proyek yang sedang berjalan, mungkin merasa tidak perlu (dan mungkin bahkan tidak adil) untuk berpikir tentang membina karyawan bintang. Namun, saya selalu mencoba mengingat pepatah lama, “ombak pasang mengangkat semua perahu.”

Mendorong keunggulan akan memberi hasil bagi semua orang. Dan bahkan jika seorang karyawan mulai di bawah standar, namun terus tumbuh dan berkembang, mereka pada akhirnya dapat mencapai ketinggian yang mengesankan.

Perhatikan, buatlah mereka tetap tertantang, dan suatu hari, bahkan kandidat “kuda hitam” itu mungkin mengejutkan Anda – dan diri mereka sendiri.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (174 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *