1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (174 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 March, 2013 - 11:00 AM

Menghidupkan TENAGA Kerja

Menurut saya, memang penting sebuah struktur organisasi yang jelas di dalam perusahaan, namun lebih penting lagi adalah SEMANGAT yang menghidupkan orang-orang dalam struktur tersebut. Apakah dibutuhkan sikap keras pada orang-orang dengan memerintah secara keras, agar perusahaan dapat sukses? Saya pikir tidak, malah sebenarnya perusahaan akan kurang sukses. Secara kejiwaan, orang lebih senang dipimpin, BUKAN diperintah!

Para pimpinan perusahaan akan mendapat lebih banyak bantuan dari orang-orangnya ketika mereka memimpin, dan bukan memerintah dengan cara mengintimidasi bawahannya, karena hal berikut ini:

  • Sebagai pemimpin, mereka akan memperlakukan orang dengan adil dan penuh pertimbangan.
  • Sebagai pemimpin, mereka akan membangun harga diri, kepercayaan diri, dan semangat orang-orangya.
  • Sebagai pemimpin, mereka akan memusatkan perhatian orang-orang sebagai individu-individu yang penting, yang merupakan kunci bagi kinerja perusahaan, dan keberhasilan di masa depan.

Saya yakin, jika perusahaan itu dikendalikan oleh orang-orang yang memiliki jiwa kepemimpinan, dan dengan cara memimpin, bukan memerintah, maka perusahaan itu akan lebih efektif karena orang-orangnya sungguh-sungguh dipertimbangkan, dimotivasi sedemikian rupa, sehingga bersama-sama orang lain, mereka akan melakukan segala sesuatu yang mungkin untuk meningkatkan kinerja perusahaan, dan mereka akan mendapatkan kepuasan pribadi dengan melakukannya.

Kebanyakan perusahaan memang bersistem memerintah mengarahkan kebijakan, pelaksanaan, dan sikap manajemen ke arah “membuat” orang bekerja. Meskipun banyak pimpinan perusahaan yang berhati-hati untuk tidak terlalu banyak menggunakan otoritas, tapi banyak juga yang tidak menghargai atau mengenali, bagaimana merosotnya semangat para bawahan mereka, di bawah tekanan otoritasnya.

Ketika sikap memimpin menggantikan sikap memerintah, saya yakin banyak orang akan menyukai pekerjaan mereka, dan antusiasme kerja mereka akan meningkatkan kinerja ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (174 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *